Agar Anak Rajin Belajar, Tata Area Belajarnya dengan Benar

Wahyu Ardiyanto26 Nov 2017

anak butuh banyak ruang untuk berkreasi.

RumahCom – Anda mungkin sering kesulitan membujuk anak untuk belajar. Ada banyak faktor yang membuat anak jadi malas belajar. Salah satu alasan yang sering ditemui yaitu akibat tempat yang tidak nyaman untuk belajar.

(Baca juga: Warna-Warna Dapur Ini Bikin Semangat Belajar Masak)

Orangtua perlu menyadari bahwa anak juga butuh konsentrasi, sama halnya dengan saat kita bekerja. Karena itu, mereka juga membutuhkan tempat yang nyaman dan kondusif untuk aktivitas belajarnya. Bedanya, mereka masih membutuhkan banyak ruang untuk mendukungnya berkreasi.

Itu sebabnya tempat belajar mereka pun harus dibuat berbeda, bukan sekadar rapi dan terorganisir. Simak panduannya berikut ini.

1. Dipisahkan dari kamar

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menata area belajar ialah memisahkan area belajar dari kamar tidur anak. Area belajar yang diletakkan menyatu dengan kamar cenderung membuat anak malas belajar.

Kasur yang nyaman bisa menjadi godaan terbesar bagi anak Anda. Anda bisa menggantinya dengan menempatkan ruang belajar anak di dekat ruang keluarga atau memanfaatkan area kosong di rumah.

2. Desain berbeda

Buat area belajar anak dengan desain yang unik dan berbeda agar anak tidak mudah jenuh saat belajar. Misalnya memanfaakan sudut bawah tangga untuk area belajar agar mendapatkan layout yang unik. Bisa juga bermain warna, menambahkan rak, atau ornamen hias sesuai dengan kesenangannya.

3. Furnitur nyaman

Siapkan perabot pendukung yang nyaman untuk mendukung aktivitas belajar anak. Pilih meja yang memiliki laci dan ruang penyimpanan agar mereka dapat menyimpan alat tulis dan buku-bukunya.

Sediakan juga kursi yang nyaman karena mereka akan duduk dalam waktu yang cukup lama. Usahakan kursi memiliki bantalan empuk dan tingginya disesuaikan dengan meja yang ada.

9 dari 10 orang bilang lokasi lebih penting daripada harga saat mencari rumah. Setujukah Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

4. Memenuhi semua kebutuhan belajar

Pastikan bahwa semua kebutuhan yang diperlukan dalam aktivitas belajar anak tersedia di area belajar. Misalnya alat hitung, pensil warna, buku gambar dan sebagainya.

Hal ini untuk menghindari anak beranjak dari area belajarnya. Jika kebutuhan belajarnya terpenuhi, ia akan menganggap area belajar merupakan tempat yang sangat ia butuhkan.

5. Apresiasi hasil karya

Berikan apresiasi kepada anak dengan memajang beberapa hasil karyanya, misalnya gambarnya, fotonya. Anda bisa memanfaatkan space kosong untuk itu. Biarkan anak berkreasi sesuka hati.

6. Bermain warna

Warna merupakan hal penting dalam kasus ini. Salah memilih warna dapat memengaruhi mood anak saat belajar. Pilihan warna pastel dan warna cerah dapat digunakan. Warna cerah secara tak langsung dapat membangkitkan semangat belajar anak.

Agar semangat belajarnya tetap terjaga, upayakan agar lokasi sekolah mereka tidak terlalu jauh dari rumah. Cek di sini untuk pilihan perumahan dekat sarana pendidikan mulai harga Rp300 jutaan!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Belajar dari Kasus Pulomas, Waspadai Teror Kejahatan di Rumah

RumahCom – Sejak Selasa (27/12) pagi, masyarakat khususnya warga Jakarta Timur dihebohkan dengan kasus perampokan sadis yang menimpa keluarga Dodi Triono, di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A RT12/16 Kay

Lanjutkan membaca29 Des 2016

5 Tips Bikin Ruang Belajar Efektif untuk Anak

RumahCom - Setiap anak butuh area belajar yang nyaman. Mengerjakan tugas di ruang belajar tentu akan lebih nyaman dibanding mengerjakan di meja ruang keluarga. Jangan sepelekan kebutuhan ruang untuk b

Lanjutkan membaca18 Apr 2017

Dengan Trik Ini, Anak Dijamin Makin Semangat Belajar

RumahCom - Anda tentu ingin si kecil semangat untuk belajar sendiri tanpa perlu Anda ingatkan kembali. Pasalnya Anda tak bisa terus-menerus memerhatikannya setiap detik. Banyak kegiatan lain yang haru

Lanjutkan membaca23 Jun 2017

Belajar dari Kasus Kebakaran yang Melanda Nana Mirdad

RumahCom – Pasangan suami-istri Nana Mirdad dan Andrew White baru saja mengalami musibah kebakaran. Beruntung, rumah yang terbakar tersebut bukan merupakan hunian yang ditempatinya, melainkan rumah

Lanjutkan membaca7 Sep 2017

Masukan