Asyiknya Punya Ruang Kumpul di Pojok Kamar Tidur

Fathia AzkiaNovember 24, 2017

RumahCom – Area kosong yang tersisa di sudut ruangan sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Khusus untuk kamar tidur, seringkali orang hanya meletakkan meja nakas atau sebuah sofa single yang diperuntukkan untuk spot membaca buku.

Padahal, jika sudut kamar tidur punya luas yang agak lega, Anda bisa memanfaatkan menjadi ruang berkumpul yang nyaman. Untuk kamar tidur anak atau remaja, kehadiran ruang kumpul dirasa cukup penting.

Ini karena mereka kerap mengajak teman-temannya untuk bermain atau mengerjakan tugas bersama di ruang tidur. Bingung bagaimana mendesain pojok kamar tidur supaya terlihat unik dan fungsional? Tengok inspirasinya.

Baca juga: Inspirasi Desain Kamar Tidur untuk Tiga Anak

1. Sudut fungsional

Meskipun ranjang tidur tetap menjadi titik utama di ruang tidur, namun tidak ada salahnya menambah area duduk berukuran L di sudut ruangan. Bahkan, sebagian orang mulai mendesain ranjang tidurnya dengan bentuk menyerupai sofa L seperti ini.

Anda bisa mendesain sofa sudut dengan fungsi ganda: bagian atas untuk duduk-duduk dan bagian bawah untuk laci penyimpanan. Tambahkan beberapa bantal empuk dengan ragam bentuk dan motif sarung bantal yang atraktif.

cornerbed6

2. Memanfaatkan dekorasi dinding

Untuk kamar tidur anak, sangat penting memaksimalkan kombinasi warna dan bentuk dalam desain ruangannya. Salah satu contohnya adalah permainan stiker dinding yang terkesan 3 dimensi seperti gambar di bawah ini.

Sebagai objek perhatian di sudut ruangan, beri ambalan gantung untuk menyimpan pernak pernik. Kemudian tambahkan sofa dan kursi kecil di bagian kanan kirinya sebagai pelengkap ruang kumpul yang asyik.

corner bed

3. Rak buku kustom

Sudut ruangan kerap menjadi spot favorit untuk menyimpan koleksi buku. Bingung ingin meletakkan sofa atau rak buku? Anda bisa mengombinasikan keduanya seperti contoh berikut.

Desain rak buku dengan celah di bagian tengah yang bisa diisi oleh sofa ottoman berukuran besar. Anda bisa mengganti sofa ottoman dengan sofa beanbag atau karpet tebal untuk kesan fleksibel dan harga yang lebih murah.

cornerbed

4. Ranjang sudut

Meletakkan ranjang di sudut ruangan adalah ide yang banyak dipilih untuk kamar tidur berukuran kecil. Anda bisa mengisi sudut ruangan lebih kreatif dengan menambahkan rak dan lukisan gantung pelengkap headboard.

Dua gambar di bawah adalah desain untuk kamar remaja yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Kamar pertama menonjolkan kesan natural dengan dominasi warna cokelat dan aksesoris tanaman pot. Sementara satunya lagi memberi ide kamar tidur feminin dengan dominasi warna dan aksesoris merah jambu.

cornerbed4

cornerbed5

Tinggal di apartemen di tengah kota lebih baik daripada rumah di pinggir kota. Anda setuju? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

6 Tips Bikin Kamar yang Instagrammable

RumahCom - Sebagian besar dari Anda tentu memiliki akun Instagram. Di Instagram, Anda bebas memamerkan segala bentu foto. Tak hanya foto aktivitas atau makanan favorit, interior ruang juga tak lepas d

Lanjutkan membacaDesember 27, 2016

Tempat Tidur Cantik Tanpa Ranjang

RumahCom – Anda yang baru saja menempati rumah minimalis baru biasanya memutuskan untuk memiliki kasur dahulu, sementara ranjang atau dipan menyusul kemudian. Akibatnya kasur pun terpaksa harus dil

Lanjutkan membacaSeptember 26, 2017

6 Benda di Kamar Ini Juga Bisa Mendongkrak Gairah, Loh!

RumahCom – Bercinta bersama pasangan di rumah merupakan salah satu momen penting yang harus diperhatikan. Pasalnya 'ritual' ini bukan sekadar untuk melampiaskan nafsu bercinta semata, hubungan seks

Lanjutkan membacaOktober 3, 2017

Menghadirkan Kamar Anak Remaja 'Kekinian'

RumahCom –  Banyak orangtua yang merasa kebingungan ketika mendesain kamar tidur anaknya yang beranjak dewasa. Di banding generasi sebelumnya, anak remaja masa kini punya selera yang lebih unik.War

Lanjutkan membacaNovember 14, 2017

Dekorasi Ruang Berdasarkan Psikologi Warna

RumahCom – Warna merupakan elemen penting dalam mendekorasi interior hunian. Tanpa warna sebuah hunian jelas akan terasa membosankan. Pengaplikasian warna pada interior biasanya juga disesuaikan den

Lanjutkan membacaNovember 18, 2017

Masukan