Gaul Tetap Jalan, Punya Rumah Sendiri Pun Jadi Kenyataan

Wahyu ArdiyantoNovember 27, 2017

Sulit mengumpulkan DP rumah terbentur gaya hidup

RumahCom – Bagi banyak orang, biaya cicilan bulanan kredit rumah mungkin bukan masalah besar karena bisa jadi ringan bila tenornya dibikin lebih panjang. Namun umumnya yang jadi masalah bagi banyak orang ketika akan membeli rumah adalah kemampuan membayar uang mukanya (DP).

(Baca juga: Tak Ada Kata Terlambat untuk Punya Rumah)

Ya, meski ketentuan DP beli rumah saat ini lebih ringan, berkisar 10% – 30%, tapi faktanya masih banyak orang yang kesulitan untuk membayar DP kepada pengembang. Sulit karena terbentur gaya hidup yang sudah jadi kebutuhan hidup di jaman now. Ngopi-ngopi di cafe hingga update penampilan.

Nah, jika Anda menemui kesulitan seputar tata cara pembelian rumah serta Kredit Pemilikan Rumah, sampaikan apa saja yang Anda ingin ketahui di Tanya Properti. Namun memang agak berat jika incaran Anda punya rumah di pusat kota. Solusinya, cari saja rumah di bawah Rp500 jutaan di kawasan Depok atau Bogor.

Dan sebetulnya ada banyak cara agar Anda tetap bisa memenuhi DP rumah dalam 12 bulan tanpa harus merubah gaya hidup yang kekinian. Simak tipsnya:

1. Olahraga Murah

Coba kalkulasi lagi berapa biaya yang Anda keluarkan untuk membership gym Anda. Apalagi jika sekedar ikut-ikutan biar disebut kekinian, sayang dananya. Stop saja dan alihkan dananya untuk tabungan rumah masa depan.

Untuk olahraga kardio bergabunglah dengan komunitas lari yang umumnya gratis dan sedang happening saat ini. Untuk membentuk otot, latihan angkat beban saja di rumah.

2. Manfaatkan Promo

Jika memang ‘terpaksa’ harus ngafe karena ketemu klien atau sekedar reunian dengan teman-teman lama, manfaatkan promo diskon resto atau kartu kredit. Begitupun urusan update penampilan yang tak kalah pentingnya.

Namun pastikan disesuaikan kebutuhan. Catat setiap transaksinya dan menyisihkan uang untuk tagihannya.

3. Bawa Bekal Makan Siang

Klise, tetapi sangat ampuh untuk menghemat uang bulanan Anda. Cobalah dalam sebulan selalu membawa bekal makan siang dari rumah sehingga tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk jajan di luar. Anda dapat menghemat 40 persen pengeluaran bulanan, loh! 

4. Pisahkan Rekening

Usahakan Anda memiliki dua rekening yang berbeda, satu rekening khusus untuk menabung. Manfaatkan produk perbankan yang menawarkan produk tabungan jangka panjang yang tidak dapat diambil dalam beberapa jangka waktu dan auto debet dari rekening Anda.

Sesuaikan tanggal penarikan dana dengan waktu gajian Anda sehingga menabung selalu lancar.

Syarat uang muka untuk beli rumah masih terlalu tinggi, bikin orang susah punya rumah. Bagaimana pendapat Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

5. Paket Internet

Bila Anda mendapatkan koneksi internet yang bagus di kantor dan di rumah, sebaiknya tak perlu berlangganan paket internet di ponsel yang terlalu mahal. Sebaliknya, jika Anda memang jarang di rumah, tak perlu berlangganan internet di rumah, cukup gunakan WiFi yang mobile.

6. Jangan Ngutang!

Saking ingin punya rumah sendiri tak berarti boleh menghalalkan segala cara. Misalnya demi bayar DP nekat meminjam uang teman, utang ke kantor, gadai BPKB, Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau gestun alias gesek tunai.

Masih ada banyak cara seperti cari pekerjaan sampingan, bisnis online shop, atau main arisan. Nah, jika uangnya sudah terkumpul selanjutnya tinggal cari rumah idamannya. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan harga mulai dari Rp300 jutaan!

Wahyu Ardiyanto

Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Baru Bekerja Sudah Punya Rumah? Bisa Banget!

RumahCom – Berinvestasi tak harus menunggu hingga usia beranjak tua. Anda bisa, kok, mulai berinvestasi properti di usia muda, bahkan meski baru bekerja. Kendala mungkin saja ditemui, mulai dari gaj

Lanjutkan membacaNovember 19, 2017

Generasi Milenial Makin Mudah untuk Punya Rumah

RumahCom - Banyak riset menyebutkan harga rumah yang terus naik bisa tak terkejar oleh banyak anak muda, atau yang akrab disapa generasi milenial. Jangankan beli rumah atau apartemen di pusat kota yan

Lanjutkan membacaNovember 20, 2017

Strategi Beli Rumah Bila Gaji Cuma Rp5 Juta

RumahCom – Rencana membeli rumah sebisa mungkin harus dilakukan saat usia masih muda dan produktif. Mengapa demikian, sebab sebelum berkeluarga justru memudahkan Anda membayar angsuran tanpa dibeb

Lanjutkan membacaNovember 21, 2017

Agar Punya Rumah Tak Sekedar Mimpi...

RumahCom – Memiliki rumah pribadi adalah impian bagi setiap orang dan keluarga. Meski hanya berukuran mungil, tinggal di rumah sendiri jauh lebih tenang daripada mengontrak di rumah orang lain.Sayan

Lanjutkan membacaNovember 27, 2017

Masukan