Cerdas Menganalisa Lokasi Investasi Properti

Fathia AzkiaNovember 27, 2017

RumahCom – Lokasi, lokasi, dan lokasi. Adalah poin utama yang sangat dipertimbangkan orang saat mencari properti. Baik itu untuk ditinggali maupun sebagai ruang investasi.

Dan faktanya hal tersebut senada dengan hasil survei yang menunjukkan 9 dari 10 orang bilang lokasi lebih penting daripada harga saat mencari rumah. Setujukah Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Selain itu para pencari properti di Indonesia menganggap keamanan lingkungan juga sebagai salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan pembelian rumah baru maupun apartemen baru. Termasuk pula perkembangan harganya yang semuanya bisa disimak melalui Review Properti.

Bagi investor, pemilihan lokasi yang tepat tentu akan berpengaruh terhadap keuntungan alias gain yang akan diraih. Lazimnya, properti di lokasi terbaik mampu memberi imbal hasil mencapai 20% dalam satu tahun.

Menurut pendapat para pakar di bidang properti, lokasi yang bagus sebaiknya memenuhi syarat dalam kaitannya dengan penawaran dan permintaan. Berikut tiga kriterianya;

  1. Lokasi properti yang mudah terlihat dari dalam kendaraan yang melintas.
    Semakin banyak kendaraan yang melewati lokasi tempat properti berada, maka nilai properti semakin tinggi karena memiliki kemudahan akses.
  1. Lokasi properti yang jarang ditemukan.
    Contohnya, lokasi properti dengan pemandangan danau, pantai, matahari terbenam, matahari terbit, puncak bukit, gunung, atau yang menampilkan citra pemandangan alam.
  1. Lokasi properti yang dekat dengan pusat bisnis
    Di sinilah tempat dimana permintaan terus meningkat, namun tak berimbang dengan penawaran. Dalam ilmu ekonomi, dikenal dengan ‘demand jauh lebih tinggi daripada supply.

Ikuti Tren Pencarian

Lokasi properti tidak bisa diubah, karena tidak akan pernah ada dua buah properti di lokasi yang sama. Hal ini sangat masuk akal dan sesuai fakta. Meski demikian, menemukan lokasi properti terbaik ternyata sangatlah mudah.

Pertama, cari kawasan yang diminati banyak orang untuk tinggal di sana. Sebagai contoh di Jakarta Selatan ada rumah di Jagakarsa, Jakarta Utara ada Kelapa Gading, dan di Tangerang Selatan ada rumah dan apartemen di Bintaro.

Selain itu cermati juga jarak antara lokasi properti dengan sekolah, pasar, pusat perbelanjaan, serta sarana transportasi yang mudah dicapai dan memadai. Untuk mengetahui kondisi ini, sebenarnya  pebisnis tak perlu repot-repot berkunjung langsung.

Dengan membaca Review Properti yang ada di Rumah.com, para investor akan mengetahui secara lengkap dan detail tentang kawasan incaran yang laris dalam hal penjualan properti.

Jika masih ragu, ada baiknya berkonsultasi langsung dengan agen properti yang menguasai area incaran. Cara menemukannya, kunjungi halaman Cari Agen di Rumah.com. Anda bahkan dapat mencari agen spesialis berdasarkan area atau khusus yang berbahasa Inggris maupun Mandarin.

Sedangkan untuk menjaring agen yang tepat dan punya kemauan tinggi, Anda dapat menyeleksinya dengan melontarkan beberapa pertanyaan di Tanya Agen. Tunggu jawabannya, dan cari tahu siapa yang punya keseriusan untuk menanggapi pertanyaan Anda.

Setelah mengetahui lokasi yang ideal, strategi cerdas lainnya adalah menampilkan proyek properti di portal properti terdepan seperti Rumah.com. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan harga di bawah Rp1 miliar!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Apa Saja Syarat Jadi Investor Properti Andal?

RumahCom - Setiap investasi harus didasari oleh pengetahuan atau ilmu, bukan sekadar mengandalkan keberuntungan semata. Dengan mengetahui ilmu ekonomi/bisnis properti,  berinvestasi di sektor riil in

Lanjutkan membacaApril 28, 2014

Anda Termasuk Investor atau Spekulan Properti? Ini Perbedaannya!

RumahCom – Definisi investasi adalah pengorbanan yang bersifat pasti pada hari ini untuk mengharapkan keuntungan yang tidak pasti di masa depan (certain present sacrifice for uncertain future benefi

Lanjutkan membacaNovember 4, 2015

Investor Wajib Kenali Empat Siklus Properti

RumahCom – Dari sekian banyak jenis investasi di Indonesia, properti masih dinilai sebagai instrumen yang paling menjanjikan. Bagaimana tidak, suatu saat harga emas bisa saja naik dan tu

Lanjutkan membacaDesember 23, 2016

Investasi Properti Memang Bikin ‘Ketagihan’

RumahCom – Meski dalam kondisi terpuruk sekalipun, nilai jual sebuah properti rasanya sulit untuk turun drastis, khususnya di Indonesia. Pada saat krisis ekonomi melanda Indonesia dan beberapa ne

Lanjutkan membacaJuni 13, 2017

Tertarik Investasi Rumah di Bali? Simak Tren Harganya!

RumahCom – Pulau Dewata Bali tak hanya memiliki keindahan alam yang memukau, namun juga prospek menggiurkan di sektor properti. Sebagai salah satu provinsi dengan aktivitas bisnis yang sibuk, kebutu

Lanjutkan membacaNovember 24, 2017

Masukan