Jika Ingin Beli Rumah 6 Bulan Lagi, Lakukan Hal Ini!

Fathia AzkiaNovember 29, 2017

RumahCom – Tak selamanya mengontrak rumah itu menyenangkan. Setelah menempati ‘rumah orang’ selama setahun atau dua tahun lebih, Anda dan pasangan pasti akan merasakan keinginan untuk mandiri dan tinggal di rumah sendiri.

Kenikmatan punya rumah sendiri adalah Anda bebas mendekorasi ruangan sesuai keinginan, melakukan renovasi, sekaligus menjadi bekal investasi untuk anak cucu kelak.

Bagi keluarga muda, saat ini ada cukup banyak rumah baru seharga Rp500 juta – Rp750 juta yang mampu mengakomodir kebutuhan termasuk bujet. Pilihannya seperti The Villas Town House, Puri Adhara Cibinong, Neo Oasis, Cinere Grove, Namara Residence, dan Pesona Permata Insani.

Rata-rata perumahan di atas menawakan segelintir fasilitas yang selaras dengan kebutuhan keluarga muda seperti taman bermain anak, ruang olahraga, bahkan kolam renang.

Ketika sudah menentukan di mana Anda ingin tinggal, tapi di satu sisi masih ragu akan lokasi idealnya, Anda disarankan berkonsultasi dengan agen properti. Daftar agen yang tepat dan profesional bisa ditemukan lewat Cari Agen.

Sekedar saran, gunakan jasa agen yang memiliki sikap mampu beradaptasi dengan kebutuhan klien. Agen yang baik juga dapat menyesuaikan dirinya terhadap gaya komunikasi yang diinginkan klien, sehingga dapat memberi rasa nyaman ketika berkomunikasi bagi kedua pihak.

8 dari 10 orang bilang proses pengajuan KPR itu ribet. Bagaimana menurut Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Dan setelah menemukan rumah idaman yang pas bagi keluarga, ada baiknya Anda mulai melakukan beberapa persiapan seperti di bawah ini.

Menentukan Tingkat Kesanggupan

Hanya Anda yang tahu seberapa besar kesanggupan Anda dalam membeli properti. Anda harus memperkirakan bahwa rumah yang akan dibeli bisa membuat tujuan keuangan dan gaya hidup tercapai. Untuk mengukur tingkat kemampuan, Anda bisa memanfaatkan fitur Kalkulator KPR yang ada di Rumah.com.

Kalkulator ini memperkirakan besar maksimum pinjaman rumah Anda, berdasarkan pendapatan tahunan dan kemampuan Anda mencicil. Sebagai pedoman, di Indonesia Anda bisa meminjam sampai 35% dari pendapatan kotor Anda. Namun, bank bisa menjadi lebih fleksibel untuk kasus-kasus tertentu.

Simak juga: Rumah KPR Cicilan Rp4 Juta, Pengantin Baru Wajib Lihat!

Membuat Janji

Hubungi pemilik properti (atau dalam hal ini pengembang) untuk melihat keadaan rumahnya dan mencari informasi langsung dari sumber utamanya. Sebelumnya, Anda harus mengatur waktu agar punya momen leluasa dalam menanyakan banyak hal.

Melakukan Pemeriksaan

Walaupun Anda sangat tertarik dengan rumah tersebut, sangat disarankan agar Anda melakukan pemeriksaan, dan lebih baik dibantu oleh penilai properti berkualitas seperti agen properti.

Sebab ia akan membantu memberikan penilaian yang obyektif dan memberitahu Anda jika properti itu terlalu mahal, bahkan menunjukkan hal-hal penting yang mungkin tidak dapat terjawab jika Anda memeriksa sendiri.

Negosiasi Harga

Melakukan negosiasi harga sangat penting, karena Anda pasti tidak ingin membeli rumah dengan harga yang terlalu mahal. Harga properti harus wajar, sehingga menguntungkan jika dijual kembali. Baca juga: Trik Nego KPR dengan Bank

Untuk rumah yang dijual oleh developer, harga sudah pasti ditentukan. Namun siapa sangka, Anda bisa mendapatkan harga lebih rendah dengan meminta diskon, cashback, atau bebas biaya-biaya lain seperti pajak, sertifikat, dan biaya notaris.

Melakukan Transaksi

Jika telah menyepakati harga dengan penjual, maka transaksi jual-beli dapat segera dilakukan di depan notaris dan kedua belah pihak dengan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli. Selamat menempati rumah baru!

Ingin membeli apartemen dengan cara KPA? Cari dulu daftarnya mulai harga Rp500 Juta hanya di sini!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Jitu Pilih Rumah Baru

Tak cuma soal anggaran, memilih rumah baru butuh banyak pertimbangan. Agar tak salah langkah, ikuti tips berikut ini.

Lanjutkan membacaApril 12, 2016

Kiat Cerdik Cicil Rumah Bagi Pengantin Baru

RumahCom - Setiap pasangan baru pasti memimpikan untuk segera membangun rumah tangga di rumah sendiri. Namun, biaya menjadi kendala utama kebanyakan orang. Memiliki rumah harus disegerakan, karena

Lanjutkan membacaFebruari 3, 2017

Usai Resepsi Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Tak Numpang Mertua. Anda?

RumahCom – Pasangan yang dijuluki Song Song Couple ini kemarin (31/10) resmi mengikrarkan janji pernikahan di hadapan keluarga dan para tamu undangan. Keduanya pun sah menjadi suami istri.Tertutup d

Lanjutkan membacaNovember 1, 2017

Taktik Beli Rumah Untuk Investasi

RumahCom – Sektor real estat terbukti banyak mencetak orang sukses. Tak heran jika banyak orang berburu unit properti tidak hanya untuk ditinggali, namun juga sebagai aset investasi.Namun, sama sepe

Lanjutkan membacaJuli 19, 2019

Masih Banyak, Pilihan Rumah Rp300 Juta Bagi Kaum Milenial

RumahCom – Generasi Y atau lebih dikenal dengan sapaan ‘milenial’ adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga pertengahan tahun 1990-an.Menurut data Biro Pusat Statistik, jumlah penduduk y

Lanjutkan membacaNovember 28, 2017

Masukan