Memilih Rumah untuk Investasi

Desember 26, 2017

RumahCom – Investasi properti masih terus dipercaya sebagai sektor paling strategis untuk para investor menjaga asetnya agar terus berkembang. Dengan permintaan yang tinggi dan persediaan yang terbatas, harga jual bisa terus melonjak dalam waktu yang relatif singkat.

Tak heran banyak orang yang berencana untuk menjual rumahnya dalam jangka waktu panjang. Tak cukup sampai disitu, bisnis sewa properti juga menjadi bidikan oleh para investor.

Sayangnya, banyak pemilik rumah sewa yang kurang memahami cara untuk mendapatkan return-of-investment atau balik modal dalam waktu cepat. Cermati tujuh tips dari Rumah.com sebelum Anda siap membeli properti untuk disewakan.

Baca juga: Memahami Definisi Capital Gain dan ROI

  1. Pilih Lokasi yang Prospektif

Istilah prospektif bukan tak harus selalu identik dengan kisaran harga sangat mahal ataupun sangat murah. Biasanya hal ini lebih identik dengan daerah dimana banyak orang yang tertarik untuk bertempat tinggal di sana dengan berbagai macam alasan.

Carilah lokasi yang memiliki daya tarik yang spesial, ataupun dekat dengan transportasi umum seperti commuter line, sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Anda harus mencocokkan bujet yang dimiliki dengan daerah yang sedang dicari banyak orang untuk bertempat tinggal.

Beberapa perumahan yang menawarkan jarak singkat dengan stasiun KRL diantaranya Kebun Raya ResidenceSerpong Suradita Residence, dan Cipayung Royal Residence.

  1. Pertimbangkan Lokasi di Luar Area Tempat Tinggal

Kebanyakan investor mencari properti yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal. Sayangnya, tidak semua lokasi yang dekat tempat tinggal adalah tempat yang prospektif.

Coba lirik area yang lebih luas dari tempat tinggal Anda, cara ini juga akan memberi nilai yang lebih aman untuk aset investasi.

  1. Lakukan Riset Pasar

Jika Anda berencana membeli properti untuk disewakan, pahami dulu tren pasar yang sedang berlangsung. Buka mata Anda lebih lebar, pahami potensi keuntungan dan kerugian dengan banyak berkonsultasi dengan para ahli maupun menyimak Rumah.com Property Index.

Semakin banyak riset yang dilakukan maka kesempatan bisnis Anda berhasil akan semakin besar. Misalnya di tahun 2015 kondisi perekonomian disusul properti sedang mengalami kelesuan, maka ini saat yang tepat untuk Anda memanfaatkan potongan harga dan promo sebanyak-banyaknya.

Biasanya di tengah kondisi pasar yang sepi pembeli, pengembang akan berupaya menarik minat konsumen.

  1. Jangan Terlalu Ambisius

Berdasarkan pengalaman para milioner properti, Anda harus memahami bahwa bisnis ini tetap membutuhkan waktu agar mencapai pendapatan tinggi setiap bulannya. Begitu pula ketika Anda hendak menentukan tarif sewa yang sesuai.

Umumnya, cara paling tepat untuk memberikan banderol harga adalah dengan berpatokan pada rental yield alias adalah pemasukan per tahun yang didapat berbanding dengan harga jual.

Contohnya rumah baru di Ciputat, rental yield rata-rata adalah 5%. Maka dengan harga jual Rp500 juta, harga sewa yang pantas adalah Rp25 juta pertahun. Meski begitu, Anda bisa menambah harga sewa tersebut sedikit lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumahnya.

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya cicilan dan perawatan rumah yang harus digabungkan dalam harga final harga sewa.

  1. Lakukan Penawaran Harga

Sebagai investor yang membeli properti untuk disewakan, Anda harus melakukan negosiasi harga seperti halnya menjadi pembeli properti pertama kali. Lakukan penawaran harga yang rendah dan jangan dengan mudah meninggikan penawaran.

Ada banyak cara untuk memahami pasar sebelum melakukan negosiasi. Perkaya pengetahuan Anda seputar prospek dan kenaikan harga di kawasan tersebut. Atau baca Kiat Jitu Menawar Harga Properti untuk mengetahui caranya lebih dalam.

  1. Pilih Menggunakan Jasa Agen Atau Tidak

Membeli sebuah properti hanyalah langkah awal. Selanjutnya Anda harus memasarkan unit rumah tersebut untuk kemudian disewakan dalam jangka waktu bulanan atau tahunan. Untuk urusan ini sebaiknya serahkan kepada agen properti.

Di halaman Cari Agen di Rumah.com, Anda dapat menjumpai agen spesialis apartemen, bangunan komersial, berdasarkan area atau khusus yang berbahasa Inggris maupun Mandarin.

Sementara untuk menjaring agen yang tepat dan punya kemauan tinggi, Anda dapat menyeleksinya dengan melontarkan beberapa pertanyaan di Tanya Agen. Tunggu jawabannya, dan cari tahu siapa yang punya keseriusan untuk menanggapi pertanyaan Anda.

Bagaimana, enam cara di atas sangat mudah untuk dipraktekkan dalam waktu satu bulan saja, bukan? Jangan ragu untuk membeli, segera temukan rumah impian keluarga harga mulai Rp300 juta di Perumahan Baru!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Tomy Tamyiz
Mar 06, 2018
Terimakasih atas sharing ilmunya.. sukses dan bahagia ya..
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Banyak Rumah Itu Keren!

RumahCom – Untuk sukses memiliki banyak properti memang harus punya cara pandang yang out of the box. Pola pikir dan mental pun tidak boleh seperti sebagian orang yang kebanyakan merasa memiliki sat

Lanjutkan membacaJanuari 24, 2017

Investasi Hunian di Jalur Tol Trans Jawa

RumahCom – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan pembebasan lahan pembangunan jalan tol Trans Jawa sepanjang 661 km telah mencapai 91 persen.Melihat progr

Lanjutkan membacaJuli 4, 2017

Taktik Beli Rumah Untuk Investasi

RumahCom – Sektor real estat terbukti banyak mencetak orang sukses. Tak heran jika banyak orang berburu unit properti tidak hanya untuk ditinggali, namun juga sebagai aset investasi.Namun, sama sepe

Lanjutkan membacaJuli 19, 2019

Potensi Investasi Rumah di Depok Sayang Dilewatkan

RumahCom - Apa yang paling menyenangkan di akhir tahun? Selain liburan bisa jadi bonus tahunan yang sebentar lagi dikucurkan! Sukur-sukur jika jumlahnya besar. Nah, rejeki akhir tahun ini harus dima

Lanjutkan membacaDesember 20, 2017

Peluang Mendulang Untung dari Rumah Mewah di Bandung

RumahCom - Musim liburan sebentar lagi tiba. Dan bagi mereka yang belum punya rencana liburan, Bandung biasanya selalu jadi pelarian. Selain kemudahan akses, ada banyak hal yang menyenangkan dari kota

Lanjutkan membacaDesember 21, 2017

Masukan