Panduan Berburu Rumah Impian

Wahyu ArdiyantoDesember 4, 2017

untuk menemukan rumah idaman ada banyak cara

RumahCom – Masih bingung menemukan rumah idaman? Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika Anda tengah berburu rumah impian. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih, mulai dari mengunjungi pameran properti atau secara online.

9 dari 10 orang bilang lokasi lebih penting daripada harga saat mencari rumah. Setujukah Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Setiap pilihan tentu saja butuh kecermatan supaya Anda tak mengalami kekecewaan. Untuk itu simak panduan berburu rumah impian berikut ini.

BERBURU RUMAH PADA PAMERAN

Ada beberapa hal yang perlu dicermati saat berburu rumah di ajang pameran:

1. Ketahui Spesifikasi Rumah
Jika tertarik pada sebuah lokasi perumahan, pastikan Anda mengetahui spesifikasi rumah yang Anda incar, mulai luas tanah dan bangunan, fasilitas, hingga kondisi lingkungan di sekitar rumah.

2. Banyak Bertanya
Jangan malu atau ragu ntuk bertanya pada pihak developer. Tanyakan apa saja mulai kondisi rumah, harga, fasilitas KPR yang ditawarkan, dan lain-lain. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa. Bila belum yakin, sebaiknya bandingkan kelebihan dan kekurangan setiap produk lewat brosur yang diberikan.

Baca juga: Trik Memilih Bank KPR yang Tepat  

3. Surat Pesanan Rumah
Jika sudah menemukan rumah impian Anda, jangan terburu-buru membayar uang muka. Minta pengembang untuk mencantumkan secara tertulis janji-janji dan penawaran menarik.Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan.

Isi surat pesanan terdapat klausul yang menetapkan bila konsumen tidak menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sesuai jadwal, maka pesanan akan dianggap hangus. Ironisnya, seringkali agen pengembang tidak memperlihatkan draft PPJB tersebut saat pameran.

4. Cermati Isi PPJB
Isi PPJB mencakup:

  • harga jual dan biaya-biaya lain yang harus ditanggung konsumen
  • tanggal serah terima yang tidak boleh lebih dari satu tahun sejak pembayaran
  • spesifikasi bangunan dan lokasi
  • denda keterlambatan bila pengembang telat melakukan serah terima
  • hak konsumen untuk membatalkan perjanjian ketika pengembang lalai
  • kepastian penandatanganan akta jual beli dan dendanya
  • masa pemeliharaan 100 hari sejak serah terima.

Cermati setiap poin-poinnya agar tidak menyesal setelah tanda tangan.

BERBURU RUMAH ONLINE

Pencarian rumah via online dengan menelusuri beberapa situs properti seperti Rumah.com pun telah jadi tren tersendiri. Cara ini jauh lebih praktis, efektif, dan efisien.

1. Cari di Perumahan Baru

Awali pencarian dengan membuka www.rumah.com/perumahan-baru baik melalui browser di ponsel maupun PC. Pilih lokasi di mana Anda ingin tinggal, lalu sortir rentang harga yang disanggupi dan klik tombol “cari”.

Puluhan perumahan baru dengan berbagai konsep menarik siap Anda kulik satu per satu. Mulai dari Pilihan Rumah Rp400 Jutaan Bagi Peserta BPJS-TK, Pilihan Rumah Baru Dekat Tol Becakayu, hingga Rumah Minimalis Mulai Harga Rp500 Jutaan.

2. Baca Review Properti

Demi memudahkan Anda saat hendak berkunjung ke lokasi perumahan incaran, baca terlebih dulu ulasan lengkapnya di Review Properti. Ulasan ini menyajikan mulai dari rute menuju perumahan, kedekatannya dengan fasilitas sekitar, potensi lokasi, sampai detail perumahannya.

3. Lihat Rumah.com Property Index 

Untuk menemukan properti yang tepat dan harga yang akurat, mulai dari lokasi properti favorit hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia, Dapatkan infonya lewat Rumah.com Property Index (RPI) yang dihadirkan secara komprehensif.

4. Manfaatkan Tanya Agen

Bila tidak ingin direpotkan dengan urusan pembelian rumah gunakan saja jasa agen properti pada halaman Cari Agen. Anda bahkan dapat menjumpai agen spesialis apartemen, bangunan komersial, berdasarkan area atau khusus yang berbahasa Inggris maupun Mandarin.

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Membangun Rumah Impian Anda

RumahCom – Tak semua orang puas membeli rumah dari pengembang. Alasannya beragam: tidak suka dengan bentuk arsitektur atau tata ruangnya, ada pula yang tak puas dengan kualitas bangunan dan spesifik

Lanjutkan membacaApril 15, 2015

Ternyata Begini Rumah Impian Generasi Milenial

RumahCom - Memiliki tempat tinggal merupakan kebutuhan primer bagi banyak orang, termasuk generasi milenial. Ya, generasi yang lahir pada kisaran tahun 1980-an akhir hingga tahun 2000 ini dianggap seb

Lanjutkan membacaJuli 11, 2018

Mau Nyicil Rumah Kedua? Beda Strateginya!

RumahCom - Setelah Anda berhasil membeli rumah pertama—apalagi jika KPR rumah pertama nyaris selesai—keinginan untuk membeli rumah kedua selalu ada. Terutama jika Anda menginginkan rumah yang lebi

Lanjutkan membacaDesember 1, 2017

Semua Bisa Punya Rumah, Tapi Jangan Modal Nekat

RumahCom – Siapa sih yang tak mau punya rumah sendiri? Meski hanya berukuran mungil, tinggal di rumah sendiri jauh lebih tenang dan tentu saja menyenangkan daripada tingggal di rumah kontrakan. Apal

Lanjutkan membacaDesember 4, 2017

Masukan