Mengintip Potensi Investasi Rumah Tapak di Atas Rp1 Miliar di Bali

Wahyu ArdiyantoDesember 6, 2017

mengintip peluang investasi di Bali

RumahCom – Tidak ada yang meragukan keindahan Pulau Dewata. Bahkan, pulau yang sempat menjadi lokasi syuting film nominasi Oscar bertajuk ‘Eat, Pray, Love’ juga kerap menjadi daya tarik sejumlah selebritis Hollywood untuk berlibur di pulau ini.

Ya, keindahan Bali ternyata berpengaruh juga terhadap perkembangan properti di sana. Tidak hanya bagi pasar domestik, bahkan investor asing pun juga banyak yang melirik pasar properti di Bali.

9 dari 10 orang bilang lokasi lebih penting daripada harga saat mencari rumah. Setujukah Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Pada dasarnya sebuah kawasan akan berpeluang menjadi primadona bagi perkembangan bisnis properti jika setidaknya memiliki dua keunggulan. Pertama kondisi alam yang secara geografis memang cukup menguntungkan, dan kedua tentu saja jaringan infrastrukturnya yang cukup memadai. Dan Bali memiliki keduanya, plus potensi pariwisatanya yang sudah terkenal seantero dunia.

Data Rumah.com Property Index mencatat bahwa saat ini harga rumah tapak di atas Rp1 miliar di Bali mencapai Rp14,50 juta per meter persegi. Naik sebanyak 0,59% dibandingkan kuartal sebelumnya. Anda bisa buktikan dengan menyimak langsung ulasan beberapa perumahan di kawasan Denpasar seperti Oasis Residence, Kencana Nila Mansion, dan Karang Sari Mansion.

Namun harus diakui bahwa median harga rumah tapak di Bali di atas Rp1 miliar pada kuartal ini angkanya masih di bawah median harga tahun lalu yang sempat mencapai Rp14,55 juta per meter persegi pada Q3 hingga Q4 2016.

(Baca juga: Cerdas Menganalisa Lokasi Investasi Properti)

Namun memasuki tahun 2017, di Q1, di mana merupakan waktu para investor lebih bersikap wait and see terkait pergerakan pasar dan kebijakan Pemerintah, median harga rumah tapak di atas Rp1 miliar di Bali sempat anjlok menjadi  Rp14,29 juta per meter persegi atau turun sebanyak 1,79% meski kemudian trennya terus naik lagi hingga Q3 2017.

peluang investasi di Bali

Median harga rumah tapak di atas Rp1 miliar di Bali sempat anjlok menjadi Rp14,29 juta per meter persegi atau turun sebanyak 1,79% meski kemudian trennya terus naik lagi hingga Q3 2017.

Mengamati kondisi bisnis properti yang ada di Bali, terutama rumah tapak di atas Rp1 miliar, saat ini memang investor masih tertuju pada kawasan yang strategis seperti Denpasar, Jimbaran, Canggu, dan Seminyak. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Bali, cek kemampuan Anda lewat dulu lewat Kalkulator Keterjangkauan.

Tidak berlebihan memang, ketika bisnis properti sedang mengalami penurunan, maka kondisi tersebut secara langsung dapat berimbas pada lokasi-lokasi favorit tadi. Cek di sini untuk pilihan hunian favorit di Jakarta Selatan mulai harga Rp1 miliar.

Dan saat ini Pemda Bali sendiri tengah memprioritaskan pembangunan ke Wilayah Barat dan Utara. Dan ke depannya hal ini diharapkan akan membuat wilayah Bali Barat dan Utara tumbuh menjadi lokasi favorit bagi pengembangan bisnis properti di Bali.

Bali Barat misalnya, lahannya masih banyak sehingga masih lebih murah jika dibandingkan dengan 7 kabupaten lain yang ada di Bali. Sementara lokasinya yang strategis ke depannya akan menjadi jalur lalu lintas terbaik yang menghubungkan Jawa dan Bali. Sebagai jalur utama dan akses jalan utama.

Tapi untuk amannya, Anda bisa manfaatkan jasa agen properti yang menguasai kawasan sekitar karena setiap agen properti masing-masing memiliki spesialisasi mulai dari kawasan, jenis properti, hingga bahasa. Anda bisa menemukan agen properti di sini.    

Sementara posisi Bali Utara yang berdekatan dengan laut pada akhirnya memang membuat lokasi ini paling tepat untuk mengembangkan bisnis wisata berbasis air atau kelautan. Disamping akan dikembangkan jalan tol lingkar utara dengan rute yang melewati Kuta – Gilimanuk – Singaraja, lokasi ini pun akan dikembangkan sebagai Bandar Udara Internasional ke-2 di Bali.

Tertarik punya hunian di Bali? Cek aneka pilihannya di sini!

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Taktik Beli Rumah Untuk Investasi

RumahCom – Sektor real estat terbukti banyak mencetak orang sukses. Tak heran jika banyak orang berburu unit properti tidak hanya untuk ditinggali, namun juga sebagai aset investasi.Namun, sama sepe

Lanjutkan membacaJuli 19, 2019

Tertarik Investasi Rumah di Bali? Simak Tren Harganya!

RumahCom – Pulau Dewata Bali tak hanya memiliki keindahan alam yang memukau, namun juga prospek menggiurkan di sektor properti. Sebagai salah satu provinsi dengan aktivitas bisnis yang sibuk, kebutu

Lanjutkan membacaNovember 24, 2017

Gain Tinggi, Investasi Properti di Cikarang Meningkat

RumahCom – Sekitar 60% perekonomian nasional Tanah Air saat ini masih berpusat di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Tetapi, 70% dari total nominal tersebut merupakan kontribusi

Lanjutkan membacaNovember 30, 2017

Panduan Investasi Properti di Pulau Dewata

RumahCom – Bali merupakan destinasi wisata impian bagi setiap orang. Tidak hanya di mata turis mancanegara saja, melainkan masyarakat Indonesia sendiri. Dari sektor bisnis properti, Pulau Dewata jug

Lanjutkan membacaDesember 1, 2017

Masukan