Milenial Bisa Punya Rumah Asal Mampu Mengatasi Faktor Penghambatnya

Wahyu ArdiyantoDesember 11, 2017

banyak cara bagi generasi milenial agar bisa punya rumah

RumahCom – Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan.Apalagi dari hari ke hari harga rumah semakin mahal. Hingga akhirnya membeli rumah dianggap mimpi yang tak terbeli akibat uang yang dimiliki tak pernah mampu mengejar laju harganya.

(Baca juga: Ternyata Begini Rumah Impian Generasi Milenial)

Namun hal tersebut juga tidak sepenuhnya benar, ada banyak cara yang bisa dilakukan generasi milenial agar bisa punya rumah. Salah satunya dengan mengenali hambatannya sehingga mampu mengatasinya.

Gaji yang terbatas

Generasi milenial biasanya adalah fresh graduated yang baru bekerja sehingga kemampuan finansialnya belum terlalu kuat. Secara angsuran mereka mungkin mampu membayar, tapi untuk uang muka, bisa jadi belum sanggup.

Untuk itu miliki keinginan yang kuat untuk punya rumah sendiri sehingga bisa jadi pendongkrak semangat untuk berhemat demi tabungan DP rumah. Jika memang niat waktu 1 tahun juga cukup karena DP rumah pertama kini semakin ringan, hanya 10 persen.

Sebagai gambaran, inilah daftar perumahan dengan uang muka ringan dibawah Rp300 jutaan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Kepercayaan bank

Bukan menakut-nakuti, pengajuan kredit rumah atau KPR memang bukanlah perkara yang mudah. Poin penting yang harus Anda miliki adalah adanya kepercayaan bank terhadap kemampuan finansial Anda.

Bank tentunya juga tidak sembarang menyetujui pengajuan KPR, terutama bagi Anda yang baru saja bekerja. Belum lagi jika Anda punya tunggakan utang seperti kartu kredit. Jadi pastikan bahwa pembayaran cicilan utang yang terkait bank dibayar lancar.

Sikap konsumtif

Poin ini mungkin terkesan sepele, tapi sikap konsumtif acapkali menjadi batu sandungan bagi generasi milenial untuk membeli rumah. Alih-alih menabung untuk uang muka, yang ada uangnya habis untuk foya-foya. 

Dan tidak disarankan jika Anda mengajukan pinjaman untuk uang muka lewat bank juga. Terlalu riskan. Ingat, komposisi total utang tidak boleh lebih dari 30 persen dari total penghasilan Anda. Lagipula bagaimana mungkin Anda sanggup membayar angsuran rumah sambil mencicil utang uang muka? 

Dan untuk memudahkan Anda, gunakan Kalkulator Keterjangkauan untuk mengetahui hitung-hitungan cicilan KPR Anda per bulannnya.

Dan langkah terbaik untuk mendapatkan uang muka sebaiknya dengan menyisihkan penghasilan Anda. Caranya, investasikan sepuluh persen rutin dari gaji Anda ke rekening tabungan yang terpisah dengan rekening yang biasanya Anda gunakan.

Membeli emas atau mendepositokan uang Anda juga bisa jadi opsi untuk mendapatkan uang muka. Ini jelas lebih baik ketimbang menghambur-hamburkan uang Anda untuk membeli setiap ada gadget keluaran terbaru atau sekedar memuaskan gaya hidup.

Ingat, rumah adalah aset yang nilainya terus bertumbuh sehingga tidak ada ruginya jika Anda segera membeli rumah. Jadi, bulatkan tekad Anda demi mewujudkan impian Anda – membeli rumah pertama Anda. Dan berikut adalah pilihan rumah mulai harga Rp300 jutaan dengan akses mudah ke Ibukota.

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Alasan Mengapa Milenial Harus Segera Cicil Rumah

RumahCom – Di antara Anda semua jika ditanya kapan punya rumah, pasti masih banyak yang menjawab: "Nanti saja setelah menikah!" Atau ada pula yang mengajukan alasan baru akan punya rumah jika berhas

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2017

Generasi Milenial Makin Mudah untuk Punya Rumah

RumahCom - Banyak riset menyebutkan harga rumah yang terus naik bisa tak terkejar oleh banyak anak muda, atau yang akrab disapa generasi milenial. Jangankan beli rumah atau apartemen di pusat kota yan

Lanjutkan membacaNovember 20, 2017

Masih Banyak, Pilihan Rumah Rp300 Juta Bagi Kaum Milenial

RumahCom – Generasi Y atau lebih dikenal dengan sapaan ‘milenial’ adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga pertengahan tahun 1990-an.Menurut data Biro Pusat Statistik, jumlah penduduk y

Lanjutkan membacaNovember 28, 2017

Berburu Rumah di Tangerang Bagi Pencari Rumah Pertama

RumahCom – Tangerang masih menjadi kawasan incaran bagi pencari rumah yang bekerja di Jakarta. Setelah sempat turun, pasar hunian di Tangerang mulai pulih, terutama di segmen rumah dengan dua kamar

Lanjutkan membacaDesember 7, 2017

Masukan