Menyorot Pergerakan Harga Rumah Tapak di Bogor yang Kian Kesohor

Wahyu ArdiyantoDesember 13, 2017

tren pergerakan median harga rumah di bogor

RumahCom – Selain Tangerang, Bekasi, dan Depok, Kota Hujan Bogor yang termasuk salah satu kawasan penyangga Jakarta dinilai kian potensial sebagai lokasi hunian bagi para pekerja komuter alias orang yang bekerja di Jakarta namun tinggal di luar kota, khususnya perbatasan Jakarta.

Lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota, bebas banjir, lingkungan yang nyaman dan sejuk, harga terjangkau, memiliki prospek investasi yang bagus, serta pemandangan yang cantik juga merupakan beberapa kriteria yang membuat Bogor berada di urutan kelima sebagai lokasi pencarian favorit di Indonesia.

Dan sesungguhnya ada banyak faktor terkait pergerakan harga yang bikin potensi pasar rumah tapak di Bogor kian kesohor. Misalnya juga disokong oleh sektor transportasi yang baik, seperti KRL Jabotabek jurusan Bogor-Jakarta Kota guna mengangkut warga Bogor yang bekerja di Ibukota.

Hal ini senada berdasarkan demografinya, kelompok usia yang menjadi pemukim baru di Bogor rata-rata merupakan kaum produktif. Dan alasan utama mereka membeli rumah di Bogor sebagai tempat tinggal tentu saja berdasarkan harganya yang masih masuk akal.

(Baca juga: Harga Rumah di Bogor Masih Sejukkan Hati)

Bahkan kawasan ini juga menyimpan potensi besar lewat gencarnya pembangunan infrastruktur dengan rencana jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Dari rencana tiga seksi tahapan pembangunan BORR, dua di antaranya kini telah rampung. Begitupula dengan pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang digadang-gadang bakal bikin properti di kawasan Bogor meroket.

Faktor-faktor di atas tadi pada akhirnya membuat pasar hunian residensial di Bogor makin dilirik banyak orang. Namun berdasarkan Property Index dari Rumah.com, untuk rumah dengan harga di bawah 1 miliar di Bogor pada Q2 2016 hingga Q2 2017 hanya naik tipis.

Tercatat dari Q2 2016 median harga perumahan di bawah Rp1 miliar di Bogor Rp4,87 juta/meter persegi naik hanya sedikit menjadi Rp5 juta/meter persegi di Q2 2017. Dan untuk pilihan rumah tapak di Bogor dengan harga di bawah Rp500 jutaan cek pilihannya di sini.

Namun meski median harga perumahan di bawah Rp1 miliar di Bogor ini hanya bergerak tipis, ke depannya hunian residensial di Bogor diprediksi akan mengalami peningkatan median harga mengingat beberapa proyek infrastruktur seperti Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi II malah selesai lebih cepat. Yang tadinya ditargetkan Juni 2018 bisa selesai pada Februari 2018.

Selain itu pintu keluar dan masuk tolnya juga akan dilebarkan. Kemudahan akses ini tentunya juga bisa menambah daya tarik Bogor selain keunggulan yang telah ada seperti jalur commuter line dan proyek pembangunan LRT atau Light Rail Transit yang tengah berjalan.

Jadi mau punya rumah di Bogor yang makin hari kian kesohor? Dan untuk pilihan rumah di Bogor dengan harga di bawah Rp1 miliar, simak aneka pilihannya di sini!

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perumahan di Timur Bogor Terus Jadi Bidikan

RumahCom – Kawasan Transyogi kini terus tumbuh menjadi lokasi incaran untuk hunian dan investasi properti bagi warga komuter Jakarta.Hal ini seiring dengan kebijakan pengembangan infrastruktur jal

Lanjutkan membacaOktober 16, 2017

Orang Makin Suka Tinggal di Bogor

RumahCom – Kondisi pasar perumahan kelas menengah di Bogor, Jawa Barat, terpantau relatif stabil sejak awal tahun 2016. Rata-rata median harga berada di kisaran Rp4,2 juta per meter persegi, meski s

Lanjutkan membacaOktober 19, 2017

Tren Harga Rumah Menengah di Bogor: Naik 25%/Tahun

RumahCom – Pasar yang lesu di sepanjang tahun lalu menyebabkan median harga rumah rentang Rp300 juta – Rp800 juta di Kota Hujan, Bogor, mengalami nasib menyedihkan. Bagaimana tidak, berdasarkan ca

Lanjutkan membacaOktober 31, 2017

Keluarga Muda Incar Bogor Sebagai Rumah Pertama

RumahCom – Selain Tangerang, Bekasi, dan Depok, Kota Hujan Bogor yang termasuk salah satu kawasan penyangga Jakarta dinilai masih ideal sebagai lokasi hunian pekerja komuter. Alias mereka yang beker

Lanjutkan membacaNovember 20, 2017

Masukan