Mau Punya Dana Buat Bayar DP Rumah? Begini Caranya

Wahyu ArdiyantoDesember 16, 2017

tips mengumpulkan dana untuk dp rumah yang aman

RumahCom – Mau punya rumah? Jangan cuma rencana saja, tapi diwujudkan. Jangan selalu beralasan susah mengumpulkan dana buat bayar DP rumahnya, tapi diupayakan. Sayangnya kebanyakan orang menganggap menyisihkan uang untuk disimpan sebagai DP rumah bukanlah perkara mudah.

(Baca juga: Cara Berhemat yang Sehat Agar Bisa Menabung DP Rumah dengan Cepat)

Ya, gaya hidup konsumtif dan penyesuaian pola pengaturan keuangan menjadi tantangan tersendiri ketika Anda berencana membeli rumah. Untuk mudahnya temukan dulu rumah idaman Anda pada Perumahan Baru. Anda bisa menemukanya berdasarkan lokasi hingga rentang harganya.

Jika sudah menemukan rumah idaman Anda disertai beberapa alternatif pilihan, manfaatkan kalkulator keterjangkauan untuk menghitung target DP rumah yang harus Anda kumpulkan dan cicilan KPR per bulannya.

Nah, selanjutnya target dana buat bayar DP rumah itu yang harus Anda kejar. Begini caranya….

1. Bebaskan diri secara finansial

Langkah awal ini sangat penting. Untuk amannnya, sebelum membeli rumah, perlahan-lahan bebaskan diri dari utang dan kurangi pengeluaran yang tidak penting. Selain itu, kumpulkan juga dana darurat.

Kebanyakan orang memang ingin cepat-cepat punya rumah, namun sayangnya mereka banyak yang melupakan dua hal penting ini. Akibatnya mereka tidak memiliki dana ketika menghadapi masa-masa sulit. Misalnya harus membayar biaya tak terduga atau tiba-tiba kehilangan pekerjaan.

Bereskan satu per satu. Misalnya dengan melunasi cicilan utang kartu kredit Anda dengan target waktu yangg telah Anda targetkan, dan selanjutnya kumpulkan dana darurat. Untuk amannya, kumpulkan dana darurat sejumlah enam kali dari total pengeluaran rutin bulanan Anda.

2. Mengumpulkan dananya

Setelah mengetahui jumlah yang harus Anda kumpulkan untuk membayar DP rumah, maka langkah selanjutnya mulai menabung uang muka. Pilihan terbaik bagi kebanyakan orang adalah menyimpan sebagian dari gaji mereka secara otomatis.

Selain menabung, berinvestasi juga bisa jadi pilihan. Dan agar dana DP rumah cepat terkumpul Anda juga bisa melakukan berbagai penghematan, mulai dari menggunakan transportasi umum yang jauh lebih hemat dibandingkan membawa kendaraan sendiri, bawa bekal makan siang untuk di kantor, hingga mengurangi nongkrong-nongkrong di cafe.

Kunci sukses ketika Anda dalam masa mengumpulkan dana untuk DP adalah konsisten. Jadi hindari berbagai macam godaan seperti belanja yang tidak perlu akibat sale produk-produk konsumtif, ajakan teman untuk hangout, dan lain sebagainya.

3. Kesabaran adalah kunci

Dengan tekad yang kuat pada akhirnya Anda pasti akan mampu mengumpulkan dana untuk DP rumah impian Anda. Nah, pada momen ini hindari terbawa emosi dan jangan mudah jatuh cinta dengan tipe rumah atau lingkungan perumahan yang sudah Anda targetkan sebelumnya.

Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang segala hal tentang perumahan tersebut. Mulai dari fasilitas yang ditawarkan, promo yang bisa Anda dapatkan, akses ke lokasi, hingga latar belakang developernya. Manfaatkan review properti untuk mendapatkan informasi detil atau manfaatkan jasa agen properti dengan spesialisasi lokasi yang Anda incar.

Atau masih belum menemukan rumah yang sesuai kriteria Anda, baik dari sisi desain atau harga? Cek di sini untuk pilihan rumah berdesain minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

500 Perak pun Bisa Jadi DP Rumah!

RumahCom – Asal ada niat, pasti ada jalan. Kutipan ini layaknya cocok dilayangkan bagi mereka yang hendak menabung uang muka untuk membeli rumah. Memang, dalam perjalanannya pasti batu sandungan dat

Lanjutkan membacaOktober 5, 2017

Begini Cara Mengatur Pengeluaran Harian Biar Bisa DP Rumah

RumahCom – Salah satu penyebab kita belum juga berhasil menabung DP untuk kredit rumah adalah banyaknya pengeluaran harian, atau lebih tepatnya mungkin bisa jadi karena kita yang memang salah mengat

Lanjutkan membacaOktober 16, 2017

Tetap Ngontrak Tapi DP Rumah Terkumpul? Bisa Dong!

RumahCom – Harus diakui tekanan untuk punya rumah pribadi semakin terasa, apalagi ketika harga sewa hunian naik dari tahun ke tahun. Jika porsi uang bulanan banyak terpakai untuk membayar uang kontr

Lanjutkan membacaOktober 17, 2017

Apakah DP Rumah Bisa Dikembalikan?

RumahCom – Uang muka atau yang sering dikenal dengan istilah DP (down payment) adalah salah satu prasyarat yang harus dipenuhi ketika ingin mengajukan pembelian properti. Baik itu pembeliannya sec

Lanjutkan membacaOktober 26, 2017

Masukan