Mau Banget Punya Rumah? Baca Ini, Anda Dijamin Punya Rumah

Wahyu ArdiyantoDesember 18, 2017

jangan cuma cita-cita, barengi dengan usaha.

RumahCom – Mau banget punya rumah? Sudah punya tabungan untuk DP atau uang mukanya? Ini penting, loh! Bagaimana mungkin Anda bisa membayar DP rumah jika tabungan saja tidak punya. Belum lagi nanti bayar cicilan kredit rumah setiap bulannya.

(Baca juga: Semua Bisa Punya Rumah, Tapi Jangan Modal Nekat)

Nah, agar mimpi Anda untuk punya rumah sendiri segera terwujud, jangan cuma sekadar bercita-cita, barengi juga dengan usaha. Dan mulai sekarang stop berkeluh kesah. Baca artikel ini, dan kemudian praktikkan, maka Anda dijamin akan segera punya rumah.

  1. Jangan menuruti hawa nafsu

Belanjakan uang Anda berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Selain itu hindari juga kebiasaan berbelanja barang-barang yang nilainya habis begitu digunakan seperti pakaian, atau yang nilainya terus merosot seperti barang elektronik.

Jika Anda sudah mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan, maka pengeluaran semestinya karena kebutuhan, bukan sekedar lapar mata saja. Dan agar makin semangat menabung, mulai lirik-lirik rumah idaman Anda di perumahan baru.

  1. Jangan remehkan recehan

Seringkali Anda tidak merasa keluar uang banyak untuk beli rokok, beli cemilan, atau sekedar ngopi-ngopi di cafe. Wajar saja jika Anda lupa karena jumlahnya kecil saja dan mungkin juga sudah jadi kebiasaan. Bahayanya adalah, karena sudah menjadi kebiasaan maka Anda jadi terlena.

Padahal meski jumlahnya kecil tapi jika dikalkulasi dalam setahun maka jumlahnya akan besar juga. Coba bayangkan jika uangnya ditabung atau diinvestasikan? Lumayan untuk menambah saldo tabungan untuk membeli rumah, loh!

  1. Kendalikan segala bentuk cicilan utang

Kebanyakan orang menggunakan hampir 90% dari penghasilannya perbulan untuk membiayai kebutuhan belanja rumahtangga. Lalu Apa yang terjadi jika Anda punya cicilan utang mobil atau kartu kredit yang mencapai 50% dari penghasilan per bulannya?

Bisa-bisa Anda mencari pinjaman sana-sini untuk menutupi kebutuhan yang lainnya. Jadi usahakan agar cicilan utang per bulan tidak lebih dari 30% dari penghasilan Anda, sehingga sisanya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan tabungan untuk DP rumah.

Upayakan agar sebelum pengajuan KPR segala bentuk cicilan utang tersebut sudah lunas dan tidak ada tunggakan karena akan memengaruhi proses BI checking. Dan tentunya juga sangat riskan apabila Anda masih punya cicilan utang juga harus membayar cicilan KPR per bulannya.

Gunakan kalkulator keterjangkauan untuk mengetahui hitung-hitungan cicilan KPR Anda perbulannya.

  1. Kartu kredit bukan uang dari langit

Kartu kredit seringkali membuat Anda merasa lebih kaya daripada yang sebenarnya. Ingat, limit kartu kredit yang diberikan tidak gratis. Begitu Anda pakai maka harus dikembalikan, plus bunganya.

Simpan kartu kredit untuk keadaan darurat saja, sebagai sumber dana cepat kala keadaan gawat di saat uang tunai benar-benar tidak tersedia.

Terapkan poin-poin di atas secara konsisten maka Anda dijamin pasti punya rumah. Tak perlu yang muluk-muluk, sesuaikan pilihan rumahnya dengan kemampuan Anda. Cek di sini untuk pilihan rumah berdesain minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Stop Pengeluaran Ini Jika Serius Ingin Punya Rumah

RumahCom - Jika ditanya, semua orang yang belum punya rumah pasti ingin punya agar tak perlu sewa atau umpang di rumah mertua. Sementara yang sudah punya pasti juga ingin punya lagi, setidaknya sebaga

Lanjutkan membacaNovember 29, 2017

Mau Punya Rumah Keren? Manfaatkan Jasa Agen

RumahCom - Cari rumah memang bukan perkara yang enteng. Selalu ada saja yang jadi ganjalan. Katakan saja lokasinya bernilai investasi tinggi tapi lingkungan sekitarnya kurang mengena di hati, desain r

Lanjutkan membacaDesember 10, 2017

Strategi Punya Rumah dalam Waktu 8 Bulan

RumahCom –  Memiliki apartemen baru atau rumah baru merupakan target yang mesti dicapai sebuah pasangan yang sudah berkeluarga. Dengan strategi tepat yang dijalankan berdua, hal itu bisa diwujudka

Lanjutkan membacaDesember 8, 2017

Milenial Bisa Punya Rumah Asal Mampu Mengatasi Faktor Penghambatnya

RumahCom - Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan.Apalagi dari hari ke hari harga rumah semakin mahal. Hingga akhirnya membeli rumah dianggap mimpi yang ta

Lanjutkan membacaDesember 11, 2017

Masukan