Pilih Rumah Seken di Jakarta atau Rumah Baru di Depok?

Fathia AzkiaDesember 28, 2017

RumahCom – Bagi beberapa orang, rumah pertama sebaiknya adalah rumah yang dalam kondisi baru. Meski ada juga yang memilih rumah bekas dengan alasan harga lebih terjangkau dan lokasi strategis.

Seperti dihadapkan pada pilihan antara membeli rumah bekas di Jakarta atau lebih baik rumah baru meski berada di pinggir kota. Di Depok, misalnya. Dengan pertimbangan bujet yang dimiliki tidak lebih dari Rp1 miliar.

Berdasarkan kanal www.rumah.com/properti-jual, di area Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, rumah bekas seluas 50m2 dibanderol Rp800 juta. Masih di kecamatan yang sama, rumah di kawasan permukiman Kalibata dijual seharga Rp700 juta dengan spesifikasi LB 70m2 dan LT 90m2.

Baca juga: Pilihan Cara Bayar Beli Rumah yang Pintar

Sedangkan di Pondok Labu, Jakarta Selatan, rumah seken dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi dihargai Rp950 juta. Lain lagi di Srengseng Sawah, Jagakarsa, rumah dengan luas 92m2 dijual seharga Rp9,6 jutaan per meter persegi.

Jika ingin membeli rumah baru di Jakarta, siapkan dana paling sedikit Rp1,5 miliar untuk bisa menghuni salah satu unit rumah di Pomentia Residence, yang mematok rumah dua lantai seharga Rp1,4 miliar.

Pilihan lainnya ada Elysian Residence, yang beralamat di Jalan Joe No.10, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Klaster ini terdiri dari 67 unit rumah, dengan harga mulai Rp1,4 miliar untuk unit tipe 70.

Namun jangan khawatir, di Jakarta Utara masih ada rumah tapak yang dipasarkan Rp900 jutaan seperti Permata Gading Residence. Kompensasinya, rumah tersebut hanya memiliki luas 36 meter persegi dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Di Jakarta bagian timur, rumah baru harga Rp700 jutaan bisa ditemui di Zhafira Town House. Unit terkecilnya itu mempunyai luas bangunan 50m2 dan luas tanah 83m2, dengan konsep hunian modern berpadu sentuhan aura klasik.

Sementara di Depok…

rumah baru di depok

Pesatnya pembangunan infrastruktur di Depok, terutama penyediaan akses yang mudah untuk menjangkau Jakarta tak ayal menjadi nilai tambah kawasan ini.

Jika di Jakarta rumah di bawah Rp1 miliar luas bangunannya tidak lebih dari 50m2, lain halnya dengan rumah baru di Depok.

  • Seperti di Botania Lake Residence, rumah dua lantai seluas 70m2 dijual seharga Rp900 juta. Selain bangunan dan lahan yang luas, keunggulan perumahan ini adalah adanya fasilitas seperti kolam renang, club house, jogging track, dan lingkungan yang sangat nyaman.
  • Di The Ariston Platinum, Cilodong, Depok, pembeli rumah pertama bisa menemukan puluhan hunian dua lantai (LB 80m2) harga mulai Rp788 juta bergaya modern minimalis.
    Tidak hanya lokasinya strategis, perumahan juga mengadopsi jaringan listrik dan saluran air bawah tanah, lengkap dengan fasilitas berupa masjid, kolam renang, dan arena bermain.
  • Beralih ke kawasan Cipayung, Depok, ada sebuah perumahan yang berjarak hanya sekitar 3,2 kilometer dari stasiun kereta Citayam. Cipayung Royal Residence adalah klaster perumahan empat tipe yang dilengkapi fasilitas seperti taman dan keamanan CCTV 24 Jam.
    Dengan banderol harga mulai dari Rp815 juta untuk unit seluas 130m2, rumah dua lantai ini bisa menjadi pilihan strategis untuk bertempat tinggal.
  • Sawangan Residence Ideal yang berada di di Jalan Raya Bojongsari, menawarkan tipe 64/90 seharga Rp895 juta.
    Perumahan ini dilengkapi lingkungan yang sudah hidup berupa deretan ruko berisi minimarket, PAUD, ATM Center, dan tempat kursus yang sesuai dengan kebutuhan keluarga penghuni pada umumnya.
    Fasilitas lainnya adalah masjid dan outdoor playground untuk anak-anak dan keluarga.

Ingin segera memiliki rumah idaman maupun apartemen baru di Kota Depok? Temukan pilihannya mulai harga Rp500 jutaan di sini.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Rp600 Jutaan di Depok Naik Pesat

RumahCom - Harga rumah tapak di Depok mengalami kenaikan cukup signifikan pada kuartal kedua 2017, setelah sebelumnya terkoreksi tajam.Rumah.com Property Index menunjukkan bahwa harga rumah di Depok d

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2017

Potensi Depok Masih Perlu Digali

RumahCom – Sebagai wilayah paling strategis di Provinsi Jawa Barat, Kota Depok memberi pengaruh  kuat terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Hal ini tentu saja lantaran letak dan posisiny

Lanjutkan membacaNovember 15, 2017

Mengapa Depok Cocok Jadi Lokasi Rumah Pertama?

RumahCom – Rumah, sepatutnya dibeli sedini mungkin. Pasalnya, selain harga yang mudah bergerak naik, umur yang bertambah kerap kali jadi batu sandungan ketika hendak membelinya dengan cara dicicil a

Lanjutkan membacaNovember 27, 2017

Dapat Rejeki Nomplok? Tengok-tengok Pilihan Hunian di Depok

RumahCom – Sebagai wilayah penyangga Ibukota, Depok, yang letaknya menjadi jembatan antara selatan Jakarta dengan kota hujan Bogor semakin diramaikan oleh sektor residensial. Tengok saja listing pad

Lanjutkan membacaDesember 6, 2017

Rumah Kedua Harus Lebih Istimewa

RumahCom – Setelah beberapa tahun menempati rumah pertama Anda—apalagi jika cicilan KPR rumahnya nyaris selesai—keinginan untuk membeli rumah kedua pasti selalu ada. Tentunya rumah kedua ini har

Lanjutkan membacaDesember 21, 2017

Masukan