Beli Rumah Bagus Gaya Minimalis atau Modern?

Fathia AzkiaDesember 28, 2017

Green-Leaf-Bekasi-

RumahCom – Minimalis dan modern adalah gaya arsitektur hunian yang banyak dicari pembeli rumah. Kedua gaya ini kerap disandingkan, meski kenyataannya punya definisi dan ciri khas yang berbeda.

Berikut Rumah.com jelaskan sejarah kemunculan dan sifat dari kedua gaya arsitektur tersebut agar tidak salah pengertian.

  • Gaya Modern

Dilansir dari situs komunitas arsitek di Indonesia, arsitektur modern muncul karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi yang membuat manusia cenderung memilih sesuatu yang ekonomis, mudah, dan bagus. Hal itu ditandai dengan pertengah abad ke-20.

Karakteristik yang dimiliki arsitektur modern ini pada dasarnya menolak gaya lama (arsitektur tradisional) dan menyederhanakan bangunan sehingga format detail menjadi tidak perlu.

Simak juga: Lima Kali Endorse Syahrini, Bisa Dapat Rumah Modern

Pada bangunan arsitektur modern lebih fokus pada konsep bentuk, ruang, fungsi, dan konstruksi. Konsep bentuk ditunjukkan dengan bentuk-bentuk geometri yang ditandai dengan penggunaan konstruksi beton bertulang, baja dan bahan-bahan bangunan yang ringan.

Konsep ruang pada arsitektur modern identik dengan bersifat kubisme. Selain itu, konsep ruang haruslah bersifat efisien dan fleksibel.

Kombinasi bentuk, ruang, dan konstruksi itulah yang pada akhirnya mewujudkan fungsi rumah untuk manusia masa kini. Dimana fungsi rumah dianalogikan sebagai mesin untuk tempat tinggal yang murah, mudah digunakan dan mudah dalah hal perawatan.

Contoh perumahan modern di Jabodetabek antara lain Pakuan Regency. Melalui perumahan ini, pengembang PT. Mitramandala Semesta Pusaka mengangkat konsep “modern living meets nature”, hunian modern yang menyatu dengan hijaunya alam dan segarnya udara sejuk kota Bogor.

(Baca lebih lanjut tentang Pakuan Regency)

Mengenai harga, pengembang membanderol unit rumahnya kisaran Rp420 juta sampai dengan Rp1,6 miliar. Pakuan Regency berlokasi di Jalan Raya Dramaga KM7, Amparan Jati Blok B 09/10 Bogor Barat.

Perumahan-Pakuan-Regency-Bogor

Pakuan Regency mengusung konsep “modern living meets nature”, hunian modern yang menyatu dengan hijaunya alam dan segarnya udara sejuk kota Bogor.

Aryana Karawaci juga mengusung gaya yang sama. Bedanya gaya modern dikombinasikan dengan sentuhan Bali agar terasa lebih menarik.

Untuk kisaran harga, klaster Green Aryana Karawaci, hunian dengan tipe 36-72 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 600 jutaan sementara klaster Flora Aryana dengan tipe hunian 2 lantai dihargai mulai dari Rp 650 jutaan per unit. Sedangkan untuk ruko tipe Rutisi 62/45 dan tipe 64/67 dengan harga mulai dari Rp 700 jutaan.

Satu lagi perumahan bergaya modern adalah Green Leaf. Harga rumah di klaster modern ini dipatok mulai Rp1 miliaran. Jarak perumahan dengan pintu tol Jakasampurna terpaut sekitar tiga kilometer.

Simak juga ulasan lengkap perumahan Green Leaf di sini.

Jika tertarik memiliki salah satu unit rumah dari tiga klaster modern di atas, bisa menggunakan jasa agen properti yang daftarnya bisa dilihat langsung di halaman Cari Agen.

  • Gaya Minimalis

Gaya arsitektur minimalis mulai dikenal pada 1920 silam. Pada awalnya, gaya ini muncul sebagai salah satu bentuk protes terhadap beberapa aliran arsitektur terdahulu yang dianggap boros dari sisi biaya, penggunaan material, waktu pengerjaan, penggunaan ruang, maupun perawatan.

Untuk itu, konsep minimalis mengutamakan fungsi penggunaan bahan bangunan dan aksesori secara lebih maksimal, serta menghindari pemakaian ornamen secara berlebihan—dikenal dengan istilah “ornament is a crime”.

Bentuk ruang yang dianggap paling fungsional dan efisien untuk aktivitas adalah kotak atau persegi panjang yang menghasilkan ekspresi fasad bangunan berbentuk kubisme (box).

Simak juga: Pilihan Rumah Minimalis dengan Harga Ekonomis di Lokasi Strategis

Bangunan juga ditampilkan dengan sederhana sesuai fungsi dan penggunaan material diekspos apa adanya. Para penganut gaya minimalis percaya bahwa keindahan sebuah bangunan akan lahir sendiri dari kesederhanaannya atau “less is more”.

Berikut ciri gaya minimalis pada interior rumah:

  1. Seluruh ruang di dalam rumah lebih terbuka dan minim penyekat atau pembatas.
  2. Menonjolkan kesan simpel dan apa adanya namun tetap menarik.
  3. Pola ruangan hanya berbentuk kotak atau persegi.
  4. Pada ceiling, konsepnya hanya dibiarkan polos tanpa ada drop ceiling.
  5. Penggunaan ruang lebih optimal tanpa adanya sekat
  6. Ornamen interior seperti cornice (frame jendela) dan ukiran tidak diterapkan.
  7. Untuk dekorasi, penempatan furnitur terlihat lebih tegas, polos, dan tidak ada ukiran/ pahatan.

Tertarik tinggal di rumah bergaya minimalis? Salah satu pilihan yang bisa dilirik ialah Curug Garden. Dengan harga mulai dari Rp350 juta untuk unit 45m2, huniannya mengadopsi konsep minimalis bernuansa sejuk dan asri.

Perumahan besutan PT Nusantara Bumi Sentosa yang berlokasi di Jalan raya Sentul Kelurahan Curug Kulon, Kecamatan Curug, Tangerang ini juga didukung fasilitas yang cukup komplit, seperti taman yang dilengkapi arena bermain untuk anak, outdoor gym, dan juga lapangan bulutangkis.

Curug-Garden-Tangerang

Dengan harga mulai dari Rp350 juta untuk unit 45m2, unit di Curug Garden mengadopsi konsep minimalis bernuansa sejuk dan asri.

Hanya 3,5 km dari Surya Balaraja, Anda dapat menjumpai Surya Grand Cisoka (SGC), hunian yang terintegrasi dengan kawasan niaga. Perumahan dengan desain rumah minimalis ini ditawarkan seharga mulai Rp368 juta.

Untuk mendukung konsep multi purpose home, pengembang memasang jaringan telekomunikasi modern berkecepatan tinggi. Demikian pula dengan instalasi jaringan listrik di dalam, sehingga kawasan ini tertata rapi dan indah.

Bila ingin mencicil rumah ini dengan cara KPR, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui besaran angsuran dan kemampuan Anda dalam mengajukan kredit melalui Kalkulator Keterjangkauan.

Dengan penataan ruang yang tepat, rumah bergaya minimalis maupun modern pun bisa terasa lapang. Tertarik memiliki rumah baru bergaya minimalis atau gaya modern? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Minimalis Cermin Gaya Hidup Anda

RumahCom - Anda tentu sudah familiar dengan istilah 'rumah minimalis' pada saat melihat rumah dengan unsur kotak-kotak dan nyaris tanpa ornamen dari tampak fasadnya. Tetapi, apakah benar, rumah berben

Lanjutkan membacaApril 22, 2016

Contek Dekorasi Rumah Minimalis Tipe 36 Ala Instagramers

RumahCom – Siapapun bisa mengubah rumahnya nampak ‘homey and loveable’ hanya dengan kreatifitas tangan sendiri. Begitu yang terjadi dengan Kanyaka Wara Apsari, ibu muda satu anak yang kini menek

Lanjutkan membacaAgustus 30, 2016

Pilihan Rumah Rp400 Jutaan Bagi Peserta BPJS-TK

RumahCom – Sejak dirilis kembali tiga bulan lalu, kehadiran fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan sudah menarik begitu banyak perhatian masyarakat.

Lanjutkan membacaJuni 12, 2017

Masih Banyak, Pilihan Rumah Rp300 Juta Bagi Kaum Milenial

RumahCom – Generasi Y atau lebih dikenal dengan sapaan ‘milenial’ adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga pertengahan tahun 1990-an.Menurut data Biro Pusat Statistik, jumlah penduduk y

Lanjutkan membacaNovember 28, 2017

Contoh Desain Rumah Minimalis Tipe 36

RumahCom – Siapa tak suka gaya rumah minimalis? Lantaran simpel dan mudah diaplikasikan pada rumah tipe kecil seperti luas bangunan 36 meter persegi, desain arsitektur ini jadi favorit hampir semua

Lanjutkan membacaDesember 19, 2017

Masukan