Formula Sukses Jadi Investor Properti

Wahyu ArdiyantoDesember 27, 2017

Pemanis Tambahan Pendorong Pulihnya Minat Beli Investor

RumahCom – Emas, saham atau reksadana, dan juga properti, adalah bentuk investasi favorit di Indonesia. Namun di antara ketiganya, properti dianggap lebih menjanjikan. Potensi keuntungannya pun cukup besar dengan risiko yang relatif lebih kecil, entah dengan menyewakan atau jual beli properti. Lalu, bagaimana memulainya?

(Baca juga: Apartemen Kini Jadi Hunian Incaran dan Investasi yang Menjanjikan)

Untuk menjadi investor properti yang sukses, yang mampu meminimalisir risiko dan melipatgandakan keuntungan dari investasi yang dilakukan, sebenarnya tidak sulit. Ada 4 formula dari Rumah.com yang bisa membantu Anda untuk sukses jadi investor properti yang sukses, seperti:

  • Untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli, Anda bisa cari tahu lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, yang diolah melalui data survei yang dilakukan terhadap 1.000 lebih responden dari berbagai wilayah di Indonesia.
  • Dan untuk menggali informasi properti secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia, Anda bisa telusuri Rumah.com Property Index,  yang merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti yang diakses 3,4 Juta pengunjung setiap bulan. Jadi Anda bisa tahu timing buyer, kenapa harga turun atau naik, hingga penyebab yang mendasarinya.
  • Kunjungi juga review properti yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.
  • Manfaatkan juga jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda. Ada banyak pilihan mulai dari agen properti dengan spesialisasi kawasan yang memahami perkembangan hingga pergerakan harga pada area spesialisasinya, agen properti dengan spesialisasi apartemen, dan lain sebagainya.

Tapi 4 formula sukses di atas akan percuma jika diri Anda juga tidak didukung 5 sikap positif yang banyak dimiliki para investor properti sukses, seperti berikut ini.

  • Keyakinan
    Yakinlah pada diri sendiri. Ini memang klise, tetapi teramat penting. Kebanyakan dari kita tumbuh dewasa dengan menyakini bahwa kita tidak ditakdirkan untuk menjadi miliarder. Tetapi faktanya, setiap orang yang tidak rela menerima kegagalan dan bersedia belajar dari kesalahan dan pengalaman orang lain di sektor properti akan sukses jadi miliarder.
  • Kesadaran
    Berpikir jernih membutuhkan motivasi dan kemampuan mengatasi stres. Untuk tetap fokus, dibutuhkan kesadaran yang sehat. Perhatikan menu makanan Anda dan berolahragalah secara teratur. Pelajari teknik-teknik pengurangan stres dan manajemen waktu, serta pertahankan sikap positif.
  • Komitmen
    Sediakan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Tentukan skala prioritas, dan kesampingkan dulu hal yang di luar target Anda.
  • Kerjasama
    Jalinlah kerjasama dengan setiap orang, agen properti, developer, marketing, siapapun yang Anda butuhkan. Diskusikan bisnis Anda dengan orang-orang terdekat. Anda perlu berbagi mimpi dengan mereka, atau paling tidak bekerja sama dengan mereka, agar beban Anda bisa sedikit berkurang.
  • Kompromi
    Emosi Anda dapat menjadi penghalang. Ingat, ini merupakan bisnis yang membutuhkan kompromi dan kesepakatan  untuk mencapai tujuan Anda. Bila Anda terlalu kaku, Anda akan sulit mencapai kesuksesan.

Ingat, keyakinan pada diri sendiri, kegigihan, dan pikiran terbuka adalah formula sukses jadi investor di bisnis properti. Tertarik mau mencoba? Simak aneka pilihan rumah di Depok mulai harga Rp300 jutaan yang cocok untuk bisnis kontrakkan.

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Semarang Menyimpan Potensi Investasi yang Menyenangkan

RumahCom – Jika Anda tengah menimbang-nimbang untuk membeli rumah tapak, baik untuk ditinggali atau malah untuk investasi, apalagi jika Anda memang mau mencari suasana baru, Semarang sepertinya laya

Lanjutkan membacaDesember 15, 2017

Potensi Investasi Rumah di Depok Sayang Dilewatkan

RumahCom - Apa yang paling menyenangkan di akhir tahun? Selain liburan bisa jadi bonus tahunan yang sebentar lagi dikucurkan! Sukur-sukur jika jumlahnya besar. Nah, rejeki akhir tahun ini harus dima

Lanjutkan membacaDesember 20, 2017

Rumus Perhitungan dalam Investasi Properti

RumahCom – Berdasarkan pengalaman para milioner properti, seorang investor harus memahami bahwa bisnis ini tetap membutuhkan waktu agar mencapai pendapatan tinggi setiap bulannya. Begitu pula keti

Lanjutkan membacaDesember 20, 2017

Ayo, Nikmati Manisnya Investasi Rumah Tapak di Kota Solo

RumahCom - Bagi Anda yang tengah mencari peluang bisnis, cobalah lirik bisnis hunian atau properti, salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati dan minim risiko. Ya, hunian adalah salah satu kebutuh

Lanjutkan membacaDesember 22, 2017

Masukan