Cara Keren Cicil Apartemen

Wahyu ArdiyantoDesember 28, 2017

strategi mencicil apartemen yang keren

RumahCom – Lagi cari-cari hunian dengan cicilan KPR yang ringan namun lokasinya dekat dari kantor? Cicil saja apartemen! Keunggulannya, selain lokasinya yang biasanya strategis, terlihat keren, tinggal di apartemen juga nyaman karena ada banyak fasilitas yang disediakan yang bisa Anda manfaatkan.

Cek di sini untuk pilihan apartemen di lokasi strategis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.

Takut kemahalan? Pilih cicilan KPA (kredit pemilkan apartemen) yang tidak memberatkan. Tapi harus diakui, memilih produk KPA memang gampang-gampang susah. Gampang, karena segala sesuatunya serba bisa dihitung. Susah, karena kesalahan dalam memilih KPA bisa menyebabkan terkurasnya uang Anda di masa depan.

(Baca juga: Pahami Tipe-tipe Apartemen Agar Tak Keliru Saat Beli)

Selisih bunga 0,1% saja bisa memunculkan angka puluhan juta rupiah secara kumulatif, loh!
Untuk mudahnya, Anda bisa memanfaatkan kalkulator keterjangkauan untuk simulasi hitung-hitungannya.

Nah, jika Anda benar-benar ingin tinggal di apartemen yang keren, simak cara keren cicil apartemen berikut ini:

  1. Kalkulasi besarnya dana yang dibutuhkan. Caranya dengan menghitung harga apartemen yang dipilih, dikurangi uang muka. Itulah pokok pinjaman yang diperlukan.
  2. Hitung besarnya tabungan dan harta lain yang Anda miliki. Kategorikan menurut likuiditasnya (gampang atau sulitnya dicairkan menjadi uang). Selain tabungan dan deposito, harta lain yang bersifat likuid adalah perhiasan emas, berlian, dan kendaraan. Sedangkan harta berupa tanah dan rumah, memerlukan waktu relatif lama untuk diuangkan.
  3. Bandingkan antara aset yang telah dimiliki dengan harga apartemen yang hendak dibeli. Tujuannya hanya untuk melihat besarnya kolom aset anda saat ini dan setelah apartemen dibeli.
  4. Kumpulkan data riil tentang pendapatan Anda dan pasangan, mulai dari pendapatan utama dari pekerjaan utama (gaji), sampai pendapatan sampingan dari bisnis sampingan (misalnya penerimaan dari menyewakan aset). Juga hitung pendapatan lain, dari pendapatan tetap yang bersifat rutin, sampai pendapatan insidental. Tentukan jumlah pendapatan gabungan (joint income) suami-isteri secara realistis. Jangan di mark-up terlalu banyak, tetapi jangan pula di markdown terlalu besar.
  5. Kumpulkan data riil mengenai pengeluaran Anda, baik pengeluaran yang bersifat rutin bulanan, sampai pengeluaran insidential dan yang bersifat tahunan. Perkirakan pula biaya tak terduga. Masukkan rencana-rencana besar Anda dalam 10 atau 15 tahun ke depan (sesuai masa angsuran KPA). Misalnya rencana berlibur ke Bali, renovasi rumah, atau anak pertama akan masuk sekolah. perkirakan semua biaya yang diperlukan.
  6. Cari informasi bank-bank yang menyalurkan KPA.
  7. Buatlah perbandingan antara bank-bank tersebut. Hal-hal yang dibandingkan antara lain: persyaratan, suku bunga, penalti, biaya-biaya lain (provisi, asuransi, notaris, dan lain-lain), kedekatan Anda dengan bank-bank tersebut, serta fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh bank.
  8. Kedekatan dengan bank akan sangat memudahkan. Jika Anda pernah mengambil pinjaman di bank ABC, dan kredit Anda tidak bermasalah, maka bank ABC kemungkinan besar bersedia mendanai apartemen Anda. Mereka tak perlu melakukan survei mendalam lagi, cukup hanya meng-update data-data Anda. Dalam kondisi seperti ini, suku bunga pun bisa dinegosiasikan.
  9. Pilihlah notaris yang memiliki reputasi baik. Bank memang menyediakan notaris sendiri. Tanyakan kemungkinan menggunakan jasa notaris langganan Anda (kalau ada).
  10. Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan
  11. Persiapkan langkah antisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, misalnya ketidakmampuan membayar angsuran di kemudian hari. Pilihannya: unit apartemen dijual secara lelang, ada pihak lain (pasangan, teman, famili, atau kerabat) yang meneruskan secara oper kredit.
  12. Jangan hanya terpaku pada suku bunga. Perhitungkan pula biaya-biaya, serta metode menghitung suku bunga.

Pilihan apartemen di atas belum termasuk kriteria apartemen idaman? Cek di sini untuk pilihan apartemen di kawasan bergengsi Jakarta dengan harga mulai dari Rp1 miliar. 

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tren Harga Stabil, Suplai Apartemen di Bawah Rp1 Miliar Jadetabek Meningkat

RumahCom – Tren harga apartemen di bawah Rp1 miliar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) mengalami sedikit penurunan. Penurunan terutama terjadi di kawasan pinggiran Jakarta.Berdasa

Lanjutkan membacaDesember 7, 2017

Peluang Mendatangkan Uang dari Segmentasi Apartemen

RumahCom – Setidaknya terdapat dua alasan mengapa seseorang berinvestasi. Pertama, adalah menginginkan kenaikan modal, kedua mencari penghasilan pasif sebagai penghasilan tambahan. Sesuai dengan tuj

Lanjutkan membacaDesember 8, 2017

Apartemen Kini Jadi Hunian Incaran dan Investasi yang Menjanjikan

RumahCom – Kelewat gaul alias selalu mengikuti tren gaya hidup modern ternyata tidak selamanya bikin sengsara. Sebagai contoh, sebut saja tren tinggal di hunian modern seperti apartemen. Jika Anda j

Lanjutkan membacaDesember 16, 2017

Tinggal di Apartemen Studio Juga Nyaman. Ini Panduannya

RumahCom - Lagi cari-cari hunian dengan cicilan KPR yang ringan dengan akses yang cepat dan mudah menuju kantor? Ada dua opsi yang bisa Anda pertimbangkan. Pertama dengan membeli rumah di pinggiran ko

Lanjutkan membacaDesember 19, 2017

Masukan