Beli Apartemen? Jangan Sembarangan, Siapkan Daftar Pertanyaan

Wahyu ArdiyantoDesember 29, 2017

pertanyaan yang wajib diajukan saat beli apartemen

RumahCom – Mungkin karena faktor kebiasaan, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih tinggal di rumah tapak ketimbang apartemen. Namun akibat semakin menipisnya lahan diperkotaan alhasil terpaksa mereka membeli hunian di pinggiran kota akibat belum merasa nyaman tinggal di apartemen.

Namun data Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 menunjukkan bahwa 57% dari 1.020 responden di Indonesia kini memilih apartemen sebagai tipe hunian yang akan dibeli. Ini merupakan peningkatan jika dibandingkan survei pada Semester 2 tahun 2016, dimana hanya 35% responden yang tertarik membeli apartemen.

Dan biasanya ketika Anda akan membeli apartemen, pihak pengembang lewat Marketing executive atau sales representative-nya biasanya menjanjikan beberapa hal kepada konsumen—baik kelebihan kualitas produk, layanan, atau sekadar gimmick. Apapun yang mereka janjikan, pada dasarnya merupakan janji dari pihak pengembang.

(Baca juga: Cara Keren Cicil Apartemen)

Berniat beli Apartemen? Jangan sembarangan hingga termakan bujuk rayu bagian pemasaran apartemen. Untuk amannya, siapkan daftar pertanyaan, catat, dan bubuhkan tandatangan sebagai bentuk kesepakatan. Dan simak daftar pertanyaan yang wajib Anda ajukan berikut ini.

  • Kapan apartemennya mulai dibangun dan kapan diperkirakan selesai.
  • Kapan serah terima kunci bisa dilakukan.
  • Fasilitas-fasilitas (kapasitas daya listrik, lift, cleaning service, security).
  • Harga, diskon, atau promo yang ditawarkan.
  • Spesifikasi bangunan (eksterior maupun interiornya).
  • Term of payment di luar bank (pola pembayaran tunai bertahap tanpa bunga, misalnya ada pengembang yang membolehkan mengangsur sampai 60 kali tanpa bunga).

Untuk mengetahui hitung-hitungan cicilan KPA Anda perbulannya, gunakan kalkulator keterjangkauan

  • Ada atau tidaknya buy back guarantee dan bagaimana persyaratan serta mekanismenya.
  • Informasi tentang bank yang menjadi mitra resmi pengembang. Biasanya bank tersebut menawarkan suku bunga lebih murah. Apalagi kalau bank tersebut berasal dari satu kelompok usaha dengan pengembang.
  • Jika pengembang tidak memiliki bank sebagai official partner, minta rekomendasi dari pengembang untuk menggunakan bank yang ditunjuk. Sebagai catatan, rekomendasi itu tidak harus selalu Anda turuti. Andalah yang sepenuhnya memutuskan akan mengajukan KPA di bank mana.
  • Segmentasi pasar yang bermanfaat untuk menaksir karakteristik populasi penghuni apartemen.
  • Status kepemilikan, apakah sekadar hak pakai, hak guna, atau hak milik.
  • Informasi mengenai service charge atau biaya pemeliharaan (maintenance).

Sekarang pertanyaan buat Anda. Sudah menemukan apartemen idaman? Jika belum, cek di sini untuk pilihan apartemen di lokasi strategis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pahami Tipe-tipe Apartemen Agar Tak Keliru Saat Beli

RumahCom - Membeli apartemen tentunya tak bisa asal seperti jajan tahu bulat yang bisa dibeli secara dadakan. Ya, Anda perlu waktu yang cukup longgar guna melakukan riset pasar, misalnya dengan menyim

Lanjutkan membacaDesember 18, 2017

Adakah Apartemen Ideal Bagi Keluarga Muda?

RumahCom – Hunian vertikal alias apartemen biasanya dihuni oleh seseorang yang masih single atau baru tinggal berdua bersama pasangan. Meski begitu bukan berarti apartemen tidak layak ditinggali p

Lanjutkan membacaDesember 17, 2017

Tinggal di Apartemen Studio Juga Nyaman. Ini Panduannya

RumahCom - Lagi cari-cari hunian dengan cicilan KPR yang ringan dengan akses yang cepat dan mudah menuju kantor? Ada dua opsi yang bisa Anda pertimbangkan. Pertama dengan membeli rumah di pinggiran ko

Lanjutkan membacaDesember 19, 2017

Apartemen di Bogor Makin Menggoda

RumahCom – Menyandang label Kota Hujan, pasar properti di Bogor terutama sektor apartemen menunjukkan tren yang positif. Menurut sejumlah pengembang yang bermain di proyek high rise building seper

Lanjutkan membacaDesember 20, 2017

Masukan