Usir Noda Membandel di Sela Lantai Keramik

Boy Leonard1 Feb 2017

Bersih lantai keramik nat

RumahCom – Pernah melihat lantai rumah tampak kusam meski sudah disapu dan dipel? Bisa jadi penyebabnya Anda tak pernah membersihkan nat atau sela keramik.

Sela keramik biasanya berwarna putih, sehingga akan sangat terlihat jika terkena noda atau berjamur.

Kadang debu dan kotoran yang menempel inilah yang menyebabkan keramik menjadi kusam dan tak sedap dipandang. Padahal membersihkannya tak butuh effort besar, simak triknya.

Pilih produk yang sesuai

Produk pembersih lantai yang biasanya digunakan untuk mengepel cenderung kurang efektif untuk membersihkan sela-sela lantai. Karbol atau cairan pembersih khusus lantai kamar mandi justru lebih efektif.

Lagipula cairan pembersih ini juga ditambah antijamur dan antilumut sehingga mencegah sela keramik dihinggapi dua pengganggu tersebut.

Perhatikan aromanya

Tak sedikit pembersih lantai kamar mandi dan pembersih sela lantai yang aromanya tak enak. Selain itu, pembersih lantai ini sangat menyengat sehingga berisiko membuat Anda pusing saat menghirupnya.

Jangan hanya tergoda dengan harga murah, pilih pembersih yang aromanya netral sehingga Anda tak harus membuat seluruh penghuni rumah sakit kepala.

Pembersih yang menyengat ini juga meninggalkan aroma asam pada lamtai Anda. Beberapa pembersih sudah menggunakan aroma tertentu, misalnya lemon, dan ini bisa menjadi pilihan Anda.

(Simak juga: Enam Syarat Wajib Gunakan Lantai Kayu)

Racik bahan sendiri

Tak ingin menggunakan produk yang aromanya tak sedap, Anda bisa meracik sendiri bahan pembersih sela lantai. Misalnya, dengan mencampur soda kue dengan cuka.

Kedua bahan ini cukup efektif, bahkan bisa menghilangkan lumut serta jamur, dan mengilapkan lantai rumah.

Bersihkan lantai dahulu

Sebelum menggunakan bahan pembersih sela keramik, sapu dan pel dahulu lantai Anda untuk menyingkirkan tumpukan debu.

Lalu, oleskan pembersih keramik dan diamkan selama 15-30 menit agar kotorannya terangkat. Setelahnya Anda bisa menggunakan sikat untuk membersihkan sela keramiknya. Segera bilas dengan air dan keringkan—jangan biarkan lembap untuk mencegah timbulnya jamur.

Tren menggunakan lantai keramik sudah bergeser. Saat ini, pengembang perumahan baru lebih banyak menggunakan jenis granite tile yang memberikan kesan mewah. Tertarik memiliki rumah baru? Ini daftar perumahan baru di bawah Rp750 Juta di kota-kota besar Indonesia.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Enam Syarat Wajib Menggunakan Lantai Kayu

RumahCom - Lantai kayu memang lebih nyaman jika digunakan di dalam ruangan rumah Anda. Selain lantai kayu jauh lebih hangat dibandingkan menggunakan lantai keramik, lantai kayu juga lebih enak dilihat

Lanjutkan membaca5 Jan 2017

Tips Agar Nyaman Setelah Pulang Kerja

RumahCom - Kadang begitu tak inginnya terlambat sampai di kantor—wajar, telat sedikit saja ada aturan untuk ptong gaji—Anda berangkat dengan tergesa-gesa. Rumah pun ditinggalkan begitu saja. Id

Lanjutkan membaca27 Jan 2017

Vivos Tawarkan Bunker Mewah untuk Nikmati 'Kiamat'

RumahCom - Topik soal ‘kiamat’ bakal terjadi dalam waktu dekat kembali menghangat dalam setahun terakhir. Beberapa menyikapinya dengan santai, beberapa melihatnya sebagai peluang bisnis. Kiamat

Lanjutkan membaca28 Jan 2017

Masukan