Rumah Warga Sragen Siap Dibedah Pemerintah

Fathia Azkia22 Feb 2017

RumahCom – Untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah layak huni, Pemerintah sejak dua tahun lalu telah melaksanakan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal sebagai Program Bedah Rumah.

Untuk tahun 2017 ini, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera memperbaiki sebanyak 551 rumah tidak layak huni di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

“Tahun ini, Kabupaten Sragen akan mendapatkan bantuan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah sebanyak 551 unit dari Kementerian PUPR,” ujar Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Raden Johny Fajar Sofyan Subrata.

Baca juga: Siap-siap, Rumah Tidak Layak Huni Bakal Dibedah!

Menurutnya, jumlah BSPS yang disalurkan Kementerian PUPR ke kabupaten ini mengalami sedikit peningkatan dari tahun 2016 lalu. Pada tahun 2016 lalu, jumlah bantuan bedah rumah hanya 500 unit rumah saja.

“Penyaluran BSPS ini merupakan bentuk perhatian khusus dari Pemerintah terhadap masyarakat miskin yang memang benar-benar memerlukan bantuan perumahan. Kami akan berusaha agar penyaluran bantuan ini merata di setiap kecamatan yang ada di Sragen,” tandasnya.

BSPS merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas rumah milik masyarakat miskin yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Jumlah bantuan yang disalurkan Pemerintah kepada satu rumah berkisar Rp15 Juta untuk peningkatan kualitas dan Rp30 Juta untuk pembangunan rumah baru.

Baca juga: 610 Ribu Rumah Tak Layak Huni Dibasmi Hingga 2019

Beberapa kriteria rumah yang patut dibedah, antara lain didasarkan atas kriteria bangunan seperti:
1. Struktur atap yang dapat membahayakan penghuni.
2. Rangka rumah atau dinding yang tidak layak serta lantai yang masih tanah.
3. Aspek kesehatan yang belum memadai, seperti pencahayaan dan sirkulasi udara yang buruk.
4. Dari sisi utilitas, seperti tidak memiliki sarana MCK dan Tempat Pembuangan Sampah.

Dalam pelaksanaannya, Kementerian PUPR bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk pendataan calon penerima bantuan ini.

Bantuan yang diberikan adalah penyaluran bantuan dalam bentuk bahan bangunan untuk peningkatan kualitas rumah, serta pembangunan rumah baru di atas lahan milik masyarakat miskin yang memang tidak memiliki kemampuan pendanaan untuk membangun rumahnya.

(Lihat di sini untuk cari tahu lokasi rumah subsidi terbaru)

Bagi warga yang ingin mengusulkan rumahnya untuk ‘dibedah’ bisa mengajukan melalui Kepala Desa dan dikoordinir oleh Bupati, untuk selanjutnya didata secara keseluruhan guna mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan perumahan seperti bedah rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat di daerahnya.

“Pemkab Sragen berterima kasih atas perhatian yang diberikan Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI atas program perumahan dan pembangunan infrastruktur untuk masyarakat di daerah kami,” tutupnya.

(Klik rumah.com/perumahan-baru dan temukan puluhan apartemen dan rumah baru dengan harga mulai Rp100 Jutaan).

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Rub Andi
Dec 17, 2018
Tolong dibedah rumah mertua saya yang tidak layak dihuni.tepatnya di di Dusun Kedok Kelurahan Ngadiharjo Borobudur Magelang Jawa Tengah terimakasih atas perhatiannya
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

2022, Tangerang Bebas Rumah Tak Layak Huni

RumahCom – Setidaknya ada ribuan lebih rumah tak layak huni yang berada di Tangerang, Banten. Sebuah lembaga swadaya masyarakat menargetkan akan membebaskan lebih dari 1.000 rumah tak layak huni di

Lanjutkan membaca20 Jun 2014

Kawasan Kumuh di Indonesia Capai 34,8 Hektar!

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum menetapkan 62 kawasan kumuh prioritas di 62 kabupaten/kota dengan total luas 1.131,42 hektar. Dari jumlah tersebut, sudah ada 15 kawasan kumuh prioritas ditanga

Lanjutkan membaca4 Sep 2014

Pemerintah Minta Pemda Siapkan Data Rumah Tak Layak Huni

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta pemerintah daerah untuk dapat menyiapkan data tentang rumah tidak layak huni (RTLH) masyarakat yang ada di daerahnya masing-ma

Lanjutkan membaca4 Agu 2015

PUPR: Daripada Tinggal di Kawasan Kumuh, Mending Pindah ke Rusunawa!

RumahCom – Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Syarif Burhanuddin, mengimbau masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di rumah-rumah

Lanjutkan membaca30 Sep 2016

Banyak Penyelewengan Dana, Sistem BSPS Segera Diperketat

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan terus memperbaiki kelembagaan dan mekanisme bantuan perumahan. Demikian diungkapka

Lanjutkan membaca23 Des 2016

Masukan