Ingin Tabungan DP Rumah Cepat Terkumpul? Kurangi Pengeluaran Ini!

Boy LeonardMaret 6, 2017

Masalahnya, jika tidak disiplin mengumpukan sebagian penghasilan, tentunya memiliki rumah hanya menjadi impian.

RumahCom – Semua orang pasti ingin memiliki rumah. Banyak yang menginginkannya untuk tempat tinggal, sementara yang sudah punya tempat tinggal, menginginkannnya untuk investasi.

Masalahnya, jika tidak disiplin mengumpukan sebagian penghasilan, tentunya memiliki rumah hanya menjadi impian.

Jika tak ingin hal ini terjadi, tentunya hal pertama yang harus Anda miliki adalah uang untuk DP. Setelahnya, barulah Anda mulai mencicil sisanya. Awalnya memang berat, tapi inilah pos yang bisa Anda kurangi jika ingin DP segera terkumpul.

Uang transport

Boleh dibilang pengeluaran terbesar bulanan Anda adalah untuk transportasi, terutama jika Anda membawa kendaraan sendiri dan jarak tempat kerja dengan rumah cukup jauh.

Biaya BBM, parkir, dan tol jika dikalikan jumlah hari kerja tentunya tak sedikit. Untuk itu, mulailah melirik transportasi umum. Lakukan perbandingan, berapa banyak yang bisa dihemat jika menggunakan transportasi umum.

Memang mungkin tak senyaman mobil pribadi, Andapun harus bangun lebih pagi. Tapi, penghematan yang Anda lakukan dapat dialokasikan untuk mengumpulkan DP rumah.

(Simak juga: Gaji Rp1,8 Juta Bisa Beli Rumah, Lho!)

Cek lokasi kerja

Bila pekerjaan Anda memberikan waktu yang fleksibel, sehingga memungkinkan Anda bekerja di mana saja—tak harus di kantor—sebaiknya hindari bekerja di kafe.

Dibandingkan Anda harus membayar uang ngopi dan ngemil hampir Rp 100 Ribu, lebih baik jika Anda mengerjakan tugas kerja di rumah. Sayang, kan, Anda sudah menambahkan fasilitas WiFi di rumah tapi tak digunakan.

Batasi camilan

Membiasakan diri untuk makan sesuai dengan kebutuhan kalori harian akan lebih menyehatkan tubuh sekaligus menghemat uang Anda.

Caranya, tetapkan aturan jika Anda sudah makan lengkap tiga kali sehari, Anda tidak lagi ngemil. Jadi tak ada lagi jajan di sore hari atau membeli kopi kemasan.

Olahraga sendiri

Bila Anda termasuk orang yang mandiri dan tak harus menunggu diajak teman untuk berolahraga, pikir ulang jika ingin menjadi member pusat kebugaran.

Pilih olahraga yang bisa dilakukan sendiri, misalnya lari di area olahraga yang tak jauh dari kantor, atau download aplikasi olahraga seperti 7 Minutes Workout di ponsel. Ikuti pula komunitas olahraga yang gratis, seperti lari atau yoga di taman.

Paket internet yang sesuai

Bila Anda mendapatkan koneksi internet yang bagus di kantor, dan rumah juga menggunakan fasilitas internet yang memadai, sebaiknya tak perlu berlangganan paket internet di ponsel yang terlalu mahal.

Gunakan secukupnya, karena Anda masih bisa menggunakan fasilitas yang sudah ada. Sebaliknya jika Anda memang jarang di rumah, tak perlu memasang fasilitas internet di rumah, cukup gunakan WiFi yang mobile.

Untuk mendapatkan pilihan rumah yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda, simak puluhan rumah di bawah Rp300 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lima Mitos Keliru Seputar KPR

RumahCom – KPR (kredit pemilikan rumah) paling banyak digunakan konsumen untuk membeli rumah. Sebelum memutuskan mengambil keputusan, ada baiknya Anda mencermati tips KPR agar tidak terjebak pada

Lanjutkan membacaJuni 8, 2015

Lirik Rumah Rp200 Jutaan di Bogor Setelah Lebaran

RumahCom – Bagi Anda yang selama ini masih betah berstatus sebagai kontraktor alias ‘tukang ngontrak’, mulailah memberanikan diri untuk membeli rumah sendiri usai lebaran ini. Tunjangan Hari

Lanjutkan membacaJuli 8, 2016

Tahun Ayam Api, Properti di Bawah Rp1M Diramal Menggeliat

RumahCom - Pasar properti di 2017, tahun yang dalam kebudayaan Tiongkok dinamakan Tahun Ayam Api, diprediksi mulai membaik. Namun, geliatnya akan lebih terasa di pasar properti di bawah Rp1 Miliar.

Lanjutkan membacaJanuari 25, 2017

Perumnas Bangun 30 Ribu Rumah Modal Rp100 Jutaan

RumahCom - Selaras dengan Program Sejuta Rumah yang dijalankan Pemerintah. Perum Perumnas menargetkan pembangunan rumah murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Perum Perumnas berencana

Lanjutkan membacaJanuari 26, 2017

Tahun Ayam Api, Cari Rumah Dekat Sarana Transportasi

RumahCom - Ahli Feng Sui terkenal, Suhu Yo, memprediksi geliat pasar properti di Tahun Ayam Api yang jatuh pada tahun 2017 ini. Geliat tersebut utamanya terjadi pada hunian yang dekat dengan transport

Lanjutkan membacaJanuari 29, 2017

Masukan