Riset: Hunian di Jakarta dan Tangerang Masih Jadi Favorit

Fathia Azkia24 Mar 2017

pasar properti tahun ayam api

RumahCom – Berdasarkan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, Jakarta dan Tangerang masih menjadi lokasi favorit para pencari hunian di Indonesia. Meski demikian, pasokan hunian di kedua lokasi tersebut mengalami penurunan pada kuartal keempat tahun 2016 lalu.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura, dengan total 1.030 responden yang dilakukan pada bulan November-Desember 2016.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa meskipun minat masyarakat terhadap hunian di Jakarta dan Tangerang tetap kuat, namun pasokan hunian di kedua wilayah tersebut ternyata malah menurun pada kuartal IV-2016.

Data ini diperoleh dari Rumah.com Property Market Index berdasarkan perilaku 3,4 juta pengunjung Rumah.com yang mengakses 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com.

“Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Jakarta tumbuh 5% dan 3%. Namun pada kuartal IV, pasokan turun sebanyak 8%. Kondisi yang sama juga terjadi di Tangerang, Banten, yang lokasinya berbatasan dengan Jakarta. Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Tangerang tumbuh 2% dan 3%. Namun pada kuartal IV-2016, turun sebanyak 6%,” ujar Wasudewan.

Baca juga: Rencana Pengembangan Perkotaan Bisa Genjot Daya Tarik Jakarta

Dia menambahkan, adanya aksi massa berjumlah besar yang terjadi pada kuartal IV tahun 2016 lalu serta adanya kampanye Pilkada DKI Jakarta dan Banten membuat para penjual properti memilih bersikap wait and see.

Kondisi pasokan yang belum tumbuh signifikan mungkin akan terus berlanjut setelah melewati putaran kedua Pilkada DKI di bulan April 2017 ini, dan sekaligus datangnya bulan Ramadhan serta Idul Fitri pada bulan Mei – Juni 2017 mendatang.

Baca juga: Laju Pasar Properti Tertahan Isu Pilkada dan Keamanan

“Secara umum, Jakarta Selatan menawarkan pasokan hunian paling besar dibanding wilayah lain di ibukota, dengan jumlah sekitar 40%. Disusul Jakarta Barat (21%), Jakarta Timur (19%), Jakarta Utara (13%) dan Jakarta Pusat (6%). Komposisi ini tidak berubah secara signifikan sepanjang tahun lalu berdasarkan data Rumah.com Property Market Index,” ujarnya.

Meskipun demikian, pencari properti di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap dapat menemukan hunian idaman secara mudah karena Rumah.com telah dilengkapi fasilitas virtual tour 3 Dimensi. Ini penting sekali bagi mereka yang hanya memiliki waktu dan informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihan mereka.

“Dengan keunggulan teknologi saat ini, calon konsumen properti dari seluruh Indonesia dapat menemukan hunian di wilayah Jakarta atau Tangerang melalui kanal www.rumah.com/perumahan-baru. Bahkan di Rumah.com pencari properti bisa menemukan ulasan properti terlengkap di Review Properti (www.rumah.com/review) untuk mengetahui spesifikasi bangunan, fasilitas pendidikan dan transportasi hingga proyek properti lain di sekitar lokasi pilihan mereka,” pungkasnya.

Berikut 10 besar Lokasi Favorit Pencari Properti di Indonesia

  1. Jakarta
  2. Tangerang
  3. Bekasi
  4. Bandung
  5. Bogor
  6. Depok
  7. Surabaya
  8. Semarang
  9. Medan
  10. Denpasar

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pasar Properti Tangerang Kian Agresif

RumahCom – Di awal tahun 2016, Coldwell Banker pernah memaparkan tentang pertumbuhan wilayah penyangga Ibukota Jakarta di sektor properti. Tangerang, yang termasuk dalam kategori emerging city al

Lanjutkan membaca3 Agu 2016

Pilgub DKI Dua Putaran, Pasar Properti Landai Hingga Juli

RumahCom – Pemilihan kepala daerah alias Pilkada DKI Jakarta yang telah berlangsung pada 15 Februari kemarin menyisakan kisah baru nan seru. Pasalnya, dari ketiga kandidat yakni Agus Harimurti Yu

Lanjutkan membaca24 Feb 2017

45% Masyarakat Indonesia Mengaku Belum Siap Beli Properti

RumahCom – Berdasarkan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, 45% masyarakat Indonesia mengaku tidak siap untuk membeli properti. Alasan tersebut disampaikan para responden s

Lanjutkan membaca27 Feb 2017

2025, Jakarta Bisa Bebas Macet!

RumahCom - Kemacetan menjadi masalah yang tak kunjung teratasi di kota besar, termasuk Jakarta. Namun, Pemerintah melalui Kementerian Kehubungan optimistis masalah tersebut bisa teratasi pada 2025 nan

Lanjutkan membaca3 Mar 2017

JLL: Pasar Properti Asia Pasifik Belum Kritis

RumahCom – Pasar properti Asia Pasifik diklaim paling cepat berkembang di dunia. Sayangnya, dalam urusan intensitas investasi, wilayah ini masih jauh tertinggal dengan negara lain seperti Eropa dan

Lanjutkan membaca15 Mar 2017

Masukan