Trik Hemat Tinggal di Apartemen

Wahyu ArdiyantoMaret 27, 2017

Tips hemat pengeluaran

RumahCom – Meski terbilang praktis dan ringkas, ternyata tinggal di apartemen berpotensi membuat pengeluaran bulanan Anda membengkak. Sebut saja mulai dari pembayaran cicilan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), biaya rekening listrik, operasional, hingga belanja bulanan.

(Baca juga: Hemat Energi, Pangkal Kaya)

Selain biaya rutin tadi, mereka yang tinggal di hunian vertikal biasanya memiliki gaya hidup dan kehidupan sosial yang aktif. Nah, sebelum Anda terjebak dalam utang kartu kredit yang membengkak, maksimalkan kemudahan tinggal di apartemen agar menjadi lebih hemat dan terjangkau.

Untuk itu, mulailah menata keuangan bulanan yang terorganisir dengan beberapa trik berikut.

Buat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran tidak sekedar mencatat pengeluaran dan pemasukan yang terjadi setiap bulan. Dengan membuat anggaran maka Anda bisa belajar disiplin terhadap pengeluaran yang diperlukan. Dalam daftar anggaran tersebut, sisihkan sebagian uang untuk ditabung dan untuk pengeluaran tak terduga.

Dan tanpa Anda sadari, mencatat semua pengeluaran bisa membantu Anda lebih hemat dan menghemat waktu untuk berbelanja.

Pertimbangkan Mengikuti Program Asuransi

Kadang, menyisihkan sedikit uang juga bisa banyak membantu keuangan Anda di kemudian hari. Itulah pentingnya memiliki rekening asuransi. Belakangan ini juga ada beberapa program asuransi yang memberi manfaat investasi. Anda hanya tinggal pilih program asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti misalnya asuransi pendidikan bila Anda ingin meneruskan program Magister. Dengan mengikuti program asuransi maka Anda bisa menyimpan sebagian uang secara lebih disiplin dan teratur.

Ajak Teman Untuk Indekost

Jika Anda keberatan membayar biaya tinggal di apartemen, Anda bisa mengajak teman untuk tinggal bersama dan membagi pengeluaran bersama. Sangat mudah mencari teman untuk indekos di apartemen yang lokasinya strategis dan dekat menjangkau pusat aktifitas sehari-hari.

Tawarkan tarif sewa yang lebih terjangkau ketimbang harga sewa apartemen pada umumnya.

Hemat Tagihan Listrik dengan Mendesain Unit yang Sejuk

Ketika suhu terasa panas di luar, biasanya pemilik apartemen memilih untuk menyalakan unit pendingin udaranya. Padahal tegangan listrik tinggi yang dibutuhkan untuk menyalakan AC bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat unit apartemen terasa lebih sejuk tanpa menyalakan pendingin udara.

Misalnya dengan cara membuka jendela atau pintu, agar ada udara yang berputar di dalam ruangan Anda. Sementara itu, untuk menghalau cahaya matahari masuk yang menyilaukan pandangan, pasang krei atau gordyn tipis pada jendela Anda. Anda juga bisa mengganti AC dengan kipas angin yang digantung pada plafon yang mengonsumsi tenaga listrik lebih rendah.

Jika mobilitas dan rutinitas Anda sehari-hari ‘memaksa’ Anda untuk tinggal di hunian vertikal seperti apartemen, maka simak aneka pilihan apartemennya di sini.

Isnaini Khoirunisa

Brenda Kwok
Apr 01, 2017
Jangankan membuat pengeluaran bulanan bengkak.. Sekarang juga banyak pengembang ga jelas.. Apalagi di Serpong, banyak proyek mangkrak.. Prioritas Land Indonesia yang dulu gempar gempor dapat award, sampai sekarang ga menyelesaikan Majestic Point Serpong.. Gimana dengan K2 Park yg habis ground breaking, sampai sekarang blum ada pergerakan?
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Paling Tepat Agar Penggunaan Air Lebih Hemat

RumahCom – Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat krusial bagi semua orang. Anda, kita semua, memerlukan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan lain-lain. Tentu saja air bersih be

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2016

Tips Hemat Uang Saat Harus Mengontrak Rumah

RumahCOm - Saat lokasi kerja Anda berjauhan dengan rumah orangtua dan modal Anda untuk membeli rumah sendiri belum mencukupi, menyewa rumah kontrakan pun menjadi pilihan. Masalahnya, dengan gaji ya

Lanjutkan membacaNovember 17, 2016

Tips Hemat Renovasi Dapur

RumahCom – Dapur adalah salah satu ruangan penting yang ada di rumah. Sebagai tempat mengolah makanan, dapur sangat rentan kotor dengan hadirnya cipratan minyak, bumbu, sampai cucian piring kotor. T

Lanjutkan membacaNovember 23, 2016

Trik Hemat Renovasi Rumah Tua

RumahCom – Menyambut pergantian tahun 2016 ke tahun 2017, Anda mungkin berencana untuk tinggal di hunian baru. Misalnya saja dengan membeli rumah baru, atau tidak ada salahnya juga dengan membeli ru

Lanjutkan membacaDesember 14, 2016

Masukan