RSUI Dongkrak Bisnis Apartemen Sewa di Depok

Fathia AzkiaMaret 29, 2017

RumahCom – Kehadiran Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) diproyeksikan bakal menggairahkan bisnis apartemen sewa di Depok, Jawa Barat. RSUI sendiri ditargetkan beroperasi awal tahun 2018.

“Saat ini, yield apartemen sewa di Depok berkisar 9% per tahun. Dengan beroperasinya RSUI pada tahun depan, pasar sewa akan tambah bergairah,” ujar Jemmy Handrianus, President Director Coldwell Banker Property Connections (Residential).

Ia menambahkan, saat ini jumlah apartemen di Depok belum terlalu banyak dibandingkan Jakarta. Sementara permintaan sewa apartemen diprediksi bisa meningkat mengingat terdapat ratusan karyawan, dokter, dan keluarga pasien rawat inap yang akan membutuhkan hunian.

Cari Rumah Mulai Rp300 Juta di Depok?

“Di sisi lain, aksesibilitas Depok juga tertopang infrastruktur transportasi yang bagus, mulai jalan arteri hingga jalan tol,” tutur Jemmy.

Menurut Mujahid, direktur utama Orchid Realty, pengembang apartemen Logios, harga properti di sekitar pintu tol umumnya lebih tinggi. “Hal ini disebabkan karena lokasi dekat pintu tol dinilai sangat strategis,” katanya.

Salah satu jalur tol teranyar yang bakal segera dinikmati warga Depok dan sekitarnya adalah Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) seksi II yang membentang dari Bogor Raya hingga Kukusan, Beji. Sedangkan seksi III, ruas Kukusan-Cinere tengah dalam tahap pembebasan lahan.

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang melingkar dari Bandara hingga Tanjung Priok. Jaringan JORR II merupakan lingkaran kedua dari jaringan Tol JORR.

(Mau beli apartemen baru di Depok? Simak dulu Review Propertinya)

Sedangkan bagi konsumen yang masih lebih mengutamakan tinggal di rumah tapak, salah satu perumahan baru yang bisa dituju adalah Permata Cimanggis.

Berlokasi di kawasan Tapos, Depok, letak perumahan justru lebih dekat dengan gerbang tol Karanggan, yang bisa langsung menghubungkan penghuni dengan jalur Tol Jagorawi. Jarak keduanya sekitar 6,8km atau setengah jam berkendara.

Depok Siap Punya RS Besar

Sementara itu, Julianto Witjaksono selaku Kepala RSUI mengatakan gedung RSUI sudah rampung sejak Mei 2016, namun alat kesehatan baru masuk April 2017 serta akan dipasang pada November 2017.

“RSUI merupakan rumah sakit pendidikan tinggi negeri dengan fasilitas 300 tempat tidur, termasuk yang cukup besar di Kota Depok,” katanya.

RSUI, sambung Julianto, akan melayani masyarakat umum termasuk pemegang BPJS  yang akan ditangani dokter umum dan spesialis. Untuk dokter spesialis sampai saat ini sudah ada 124 yang mendaftar, sedangkan dokter umum jumlahnya lebih banyak lagi.

“Gedung RSUI dibangun dengan konsep Green Hospital Concept seperti ruang rawat inap yang rentan terhadap pertumbuhan kuman ditata sedemikian rupa agar mendapatkan sinar ultraviolet dari matahari lebih banyak sehingga kuman tidak dapat tumbuh,” jelasnya.

Beragam Pilihan Hunian Islami di Kota Depok

Tak hanya itu, RSUI juga menerapkan sistem kelistrikan bersifat variabel agar menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang tidak terputus serta dapat menekan biaya operasional.

“Begitu juga dengan tata air dan penyejuk udara dibuat variabel dengan tujuan mengurangi risiko penularan penyakit,” ia mengaku.

RSUI memiliki bangunan seluas 82.074 meter persegi (m2) dan berdiri di atas lahan 106.100m2. Selain itu, dilengkapi dengan jembatan (sky bridge) yang menghubungkan dengan Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK).

Klik rumah.com/perumahan-baru dan temukan puluhan apartemen dan rumah baru dengan harga mulai Rp100 Jutaan.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Berburu Keuntungan Investasi Properti di Kawasan Margonda Depok

RumahCom - Bagi kalangan investor, mengetahui prospek suatu lokasi properti adalah hal wajib sebelum membeli properti tersebut. Alasan utama mengapa lokasi selalu menjadi hal penting, karena lokasi d

Lanjutkan membacaMaret 11, 2016

Depok, Area Pas Mencari Perumahan Bernuansa Alam

RumahCom – Mencari suasana alami dan asri tak harus pergi berlibur ke luar kota. Kini melihat hiruk pikuk ibu kota serta harga tanahnya yang terus melambung tinggi, sudah saatnya kita beralih mencar

Lanjutkan membacaJuli 25, 2016

Daftar Hunian Dekat dengan Stasiun Commuter Line di Depok

RumahCom – Tidak sedikit pencari properti pemula di Rumah.com yang menanyakan daftar hunian mana saja di Depok yang mudah menjangkau akses stasiun commuter line.Pencari properti pemula (first time b

Lanjutkan membacaJuli 29, 2016

Mau Tinggal di Apartemen? Ini Biaya Ekstra yang Harus Disiapkan

RumahCom - Tren apartemen dimulai sekitar 10 tahun lalu. Kini, hampir di setiap kota besar kita menjumpai apartemen. Hunian ini menawarkan kepraktisan untuk menunjang kehidupan kaum urban. Menipisn

Lanjutkan membacaJanuari 31, 2017

Apa Saja Syarat Cicil Apartemen?

RumahCom – Membeli apartemen sebagai hunian utama saat ini sudah menjadi tren baru. Bila dulu kebanyakan orang membeli apartemen hanya untuk investasi, kini apartemen disukai karena dinilai lebih pr

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2017

Masukan