Trik Menerapkan Warna Abu-abu di Rumah

Fathia AzkiaApril 21, 2017

RumahCom – Warna monokrom seperti abu-abu selama ini sering dianggap sebagai warna yang kelabu, muram, kusam, gelap, dan kurang segar. Namun siapa sangka, belakangan ini warna abu-abu yang merupakan perpaduan dari warna hitam dan putih ini justru menjadi hits.

Ini lantaran abu-abu dipandang sebagai warna yang dapat menguatkan kesan modern dan urban pada hunian. Untuk memilih warna abu-abu yang terbaik bagi ruangan, pertimbangan pencahayaan alami dan perabot adalah sesuatu yang patut diperhatkan.

Misalnya, mengombinasikan warna abu-abu pada dinding dengan warna putih yang diaplikasikan pada furnitur, sehingga mampu menyingkirkan kesan ‘suram’ pada ruangan dan berganti dengan kehangatan.

Ya, warna abu-abu kini sangat digemari. Bahkan dapat dengan mudah ditemui di sejumlah gedung perkantoran, kafe, resto, hingga perumahan baru, yang mengaplikasikan warna ini pada interior maupun eksteriornya.

Baca juga: Jangan Takut Aplikasikan Warna Abu-abu pada Ruangan

 

Grey ini sebetulnya sangat istimewa karena kesan yang ada sekarang berbeda dengan kesan di masa lampau dimana warna abu-abu dianggap kelabu. Saat ini abu-abu justru mengesankan warna yang stylish, chic, classy, timeless, dan perfect neutral,” ujar Kuntjoro Tjahjosarwono, Manager Granito Tile Studio (GTS) PT  Granitoguna Building Ceramics.

Biasanya, warna abu-abu sangat lekat dengan konsep ruang yang bergaya industrial, rustic, mid century, atau shabby chic.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika kita ingin mengaplikasikan si grey ini. Seperti dijelaskan oleh Designer PT Granitoguna Building Ceramics, M. Zachri  Zelhas, pemilihan ruang, nuansa ruang, serta material dan detailnya sangat penting untuk diperhatikan.

Baca juga: Serunya Nuansa Monochrome di Kamar Mandi Rumah

“Kendati pada dasarnya semua ruangan bisa menggunakan konsep abu-abu. Namun karena warna itu sendiri memiliki karakter hangat, maka kalau untuk hunian, konsep ini lebih cocok digunakan di area semi private dan private, seperti di ruang keluarga, ruang kerja, kamar tidur, atau kamar mandi,” jelas Zachri.

Untuk mengkombinasikan warna dan material dengan nuansa abu-abu, sentuhan dekorasi dapat dilakukan pada dinding maupun lantai, salah satunya menggunakan keramik jenis homogenous tile (HT) Granito.

Selain itu, ketika pemilik rumah ingin ‘menyulap’ ruangan sehingga tampak sophisticated dengan nuansa abu-abu, ada pula hal-hal yang perlu dihindari.

Pertama, hindari penggunaan furnitur berwarna gelap yang dominan. Kedua, hindari unsur abu-abu yang terlalu dominan karena akan memberi kesan sempit terlebih lagi jika tidak dikombinasikan dengan warna cerah seperti coklat muda, putih atau krem.

“Sebaliknya, jika ingin tepat dalam memilih aksen warna yang dikombinasikan dengan abu-abu, maka hasilnya ruangan akan terasa jauh lebih segar, dinamis, dan secara psikologis dapat membangkitkan semangat,” tutur Kuntjoro.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Mengecat Dinding dengan Warna Ombre

RumahCom – Ombre merupakan sebuah istilah untuk menghasilkan warna yang bergradasi pada suatu benda, baik dari warna terang hingga gelap atau sebaliknya. Bahkan beberapa tahun belakangan ini teknik

Lanjutkan membacaMaret 3, 2017

Pilih Warna Pintu Depan Jangan Sembarangan!

RumahCom – Dalam ilmu feng shui, pintu depan rumah merupakan elemen yang penting karena bagian ini merupakan pintu masuk dari aliran energi baik yaitu Chi. Energi inilah yang akan mempengaruhi selur

Lanjutkan membacaMaret 6, 2017

Sensasi Alam Bebas Lewat Keramik Lantai

RumahCom – Setelah tren warna monochrome yang sempat booming dalam dunia desain dan arsitektur, kini mulai terjadi pergeseran di mana konsep hunian dan bangunan mulai didominasi dengan warna-warna

Lanjutkan membacaMaret 8, 2017

Manfaatkan Batu-batuan untuk Mendekorasi Rumah

RumahCom - Menggunakan batu kali sebagai bagian desain untuk eksterior rumah Anda memang salah satu pilihan yang tepat karena bisa jadi dekorasi yang indah. Selain memberikan kesan yang alami, batu ka

Lanjutkan membacaMaret 15, 2017

Mau Tetap Maskulin dengan Warna Pastel? Bisa!

RumahCom - Warna pastel saat ini tengah menjadi tren dekorasi interior. Sayangnya, karena cenderung lembut dan identik dengan warna feminim, warna-warna pastel banyak digunakan sebatas pada rumah-ruma

Lanjutkan membacaMaret 27, 2017

Masukan