Ciptakan Dapur Bersih Tanpa Bantuan ART

Boy LeonardApril 26, 2017

Jika Anda dapat menata dapur dengan baik, dijamin dapur akan selalu terlihat bersih dan rapi, meski tanpa bantuan ART.

RumahCom – Dapur merupakan bagian rumah yang paling cepat kotor. Tak jarang dalam sehari Anda harus membersihkan area dapur berulang kali. Hal ini tentu akan merepotkan, apalagi jika Anda tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga.

Sebenarnya, kunci dapur yang bersih terletak pada penataannya. Jika Anda dapat menata dapur dengan baik, dijamin dapur akan selalu terlihat bersih dan rapi, meski tanpa bantuan ART. Berikut trik untuk Anda ikuti.

Rak/lemari

Usahakan menyediakan rak atau lemari tertutup untuk menyimpan peralatan dapur. Satu rak dan satu lemari sebenarnya sudah cukup, asal Anda dapat menatanya dengan baik. Pisahkan penyimpanan alat masak dan makan.

Jumlah peralatan masak dan alat makan tak perlu terlalu banyak, termasuk perlekengkapan yang dibutuhkan untuk acara tertentu.

Pisahkan juga spot lemari untuk menaruh bahan-bahan makanan seperti minyak goreng, mi instan, mentega, terigu, dan sebagainya. Hindari menumpuk atau menggantung barang di dapur karena akan membuat kesan berantakan.

Wadah/stoples

Gunakan wadah atau stoples untuk menyimpan bumbu-bumbu, gula, kopi, dan kebutuhan lain. Gunakan ukuran yang sesuai dengan volume isi. Letakan berjajar rapi di dlam remari atau di rak khusus yang mudah dijangkau dan tidak lembap.

Gunakan juga wadah tersendiri untuk menempatkan pisau dan alat makan seperti sendok dan garpu. Jauhkan dari kompor agar tidak berminyak.

Tempat cuci piring

Beri perhatian khusus pada wastafel cuci piring. Jangan biarkan cucian piring menumpuk terlalu lama karena dapat memicu timbulnya bau tak sedap. Selalu bersihkan saluran air di bak cuci setiap setelah selesai mencuci piring. Jangan biarkan kotoran menumpuk di dalam sink.

Gunakan rak piring kecil dekat bak cuci untuk menyisihkan air setelah piring dan gelas di cuci. Setelah kering, lap piring dan gelas dengan tisu lalu tempatkan di dalam lemari. Sediakan lap tangan (digantung) dan lap khusus untuk membersihkan meja dapur dan tepi bak cuci.

Cahaya

Meski sering berada di bagian paling belakang dari hunian, usahakan ada bukaan untuk cahaya yang baik untuk dapur. Jika memungkinkan dapur Anda harus memiliki jendela dan terkena paparan matahari langsung.

Cahaya yang terang akan membuat dapur tampak lebih bersih dan tidak lembap. Gunakan juga warna terang untuk mendekorasi dapur Anda.

(Simak juga: Kamar Mandi Menghadap Dapur? Simak Tips Feng Suinya!)

Tempat sampah

Selalu sediakan tempat sampah di dapur. Lapisi tempat sampah dengan kantong plastik untuk memudahkan Anda mengangkutnya ke tempat sampah utama di luar rumah dan menghindari keranjang sampah kotor.

Pisahkan jenis sampah basah dan kering. Jangan biarkan sampah menumpuk terlalu banyak sehingga tidak menimbulkan bau.

Meja

Jika Anda memiliki area dapur terbuka, tambahkan satu meja di tengah area dapur. Meja ini dapat berfungsi untuk makan, memisahkan belanjaan, menulis resep, dan sebagainya. Ini akan menghindari Anda menaruh barang sembarangan.

Tambahkan hiasan seperti bunga dalam vas untuk mempercantik tampiln meja. Namun usahakan meja selalu dalam kondisi kosong dan bersih. Meja yang kosong akan membuat dapur tampak lebih bersih.

Jika Anda telah menata dapur dengan trik tersebut, dijamin dapur akan selalu terlihat rapi dan bersih. Anda pun tak perlu repot menggunakan jasa ART untuk membersihkan rumah.

Agar pekerjaan rumah tak terlalu memakan waktu, ada baiknya Anda pertimbangkan hunian dengan luas yang cukup. Jika Anda pasangan baru atau keluarga kecil dengan satu anak, ada baiknya mempertimbangkan hunian dengan dua kamar tidur saja. Tertarik? Lihat pilihannya dengan harga sekitar Rp300 jutaan di sini!

Acropolis Pakuan, Bogor, menawarkan hunian di kisaran Rp300 Jutaan.

Acropolis Pakuan, Bogor, menawarkan hunian di kisaran Rp300 Jutaan.

FOTO: PIXABAY.COM

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Alat Masak Ini Wajib Langsung Dicuci Usai Digunakan

Piring dan gelas mungkin bisa menunggu untuk dicuci. Namun, jangan coba-coba membiarkan peralatan masak berikut ini menumpuk di tempat cucian. Piring dan gelas memang disarankan untuk dikumpulkan d

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2016

Langkah Tepat Mencegah Saluran Cuci Piring Tersumbat

RumahCom - Paling kesal jika saluran air, terutama saluran bak cuci piring Anda mampat. Selain aroma sekitar bak menjadi tak sedap, Anda pun harus membersihkan pipa sambungannya yang pastinya sangat k

Lanjutkan membacaOktober 4, 2016

3 Cara Efektif Menghilangkan Noda Minyak di Dapur

RumahCom - Dapur merupakan area yang tak lepas dari minyak. Hampir semua aktivitas memasak di dapur seperti menggoreng, menumis, memanggang menggunakan minyak goreng atau mentega. Cipratan minyak s

Lanjutkan membacaMaret 17, 2017

Masukan