Jangan Salah Posisikan Tempat Tidur. Ini Panduannya!

Boy LeonardApril 28, 2017

Meski terdengar sepele, Anda wajib memperhatikan penempatan kamar tidur. Ada beberapa posisi penempatan posisi tempat tidur yang disarankan.

RumahCom – Kamar tidur merupakan area yang penting dalam hunian. Untuk mendekorasi sebuah kamar tidur diperlukan ketelitian. Apalagi fungsi kamar tak lain untuk tempat beristirahat bagi penghuni.

Kenyamanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat mendekorasi ruang kamar tidur. Untuk menciptakan kamar yang nyaman, penempatan ranjang tidur di dalam kamar merupakan faktor terpenting.

Meski terdengar sepele, Anda wajib memperhatikan penempatan kamar tidur. Ada beberapa posisi penempatan posisi tempat tidur yang disarankan.

Tidak Menghadap Pintu

Dalam ilmu fengsui, tempat tidur yang menghadap langsung ke pintu tidak disarankan karena dianggap akan mengeluarkan ‘hawa baik’ di dalam kamar.

Sebenarnya, hal ini berkaitan dengan aliran udara. Tempat tidur yang menghadap langsung ke pintu akan membuat udara dari luar yang arusnya kencang langsung menerpa tubuh. Hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti masuk angin.

Selain itu, ranjang yang langsung menghadap pintu akan mengurangi privasi dan kenyamanan pemilik kamar.

(Simak juga: Tips Pilih Desain dan Warna Kamar Tidur)

Jangan Menempel ke Dinding dan Jendela

Hindari menempatkan ranjang menempel ke dinding. Apalagi jika dinding tersebut berbatasan langsung dengan kamar mandi yang membuat dinding lembap dan dingin. Jika kasur menempel pada dinding lembap akan membuat kasur ikut lembap. Efeknya tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara dinding yang berjendela, biasanya rentan debu. Hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan pernafasan Anda. Partikel debu rentan menempel pada teralis jendela, tirai, dan kusen kayu.

Jika tempat tidur Anda dibiarkan menempel, partikel debu tersebut dapat berterbangan berpindah tempat menempel ke ranjang Anda. Seprai pun akan cepat kotor.

Selain itu, ranjang yang menempel ke dinding akan membuat perubahan pada warna dinding dan menyulitkan Anda saat harus mengganti seprai.

Tepat di Bawah AC

Udara yang sejuk memang nyaman untuk beristirahat. Namun jika tubuh langsung tepapar AC semalam suntuk jelas tidak baik. Apalagi jika AC langsung berada di atas kepala Anda. Dampaknya dapat menyebabkan sakit kepala dan masuk angin.

Posisi terbaik menempatkan tempat tidur adalah di tengah ruang dengan headboard (kepala kasur) hampir menempel ke dinding. Namun jika ukuran kamar tidak memadai, setidaknya sisakan jarak 40-60 cm dari dinding untuk meminimalisasi ketidaknyamanan dan memudahkan Anda mengganti seprai.

Pengembang perumahan baru saat ini sudah mengusung desain rumah sehat, di antaranya terdapat jendela untuk setiap kamar tidur. Tertarik pindah ke rumah baru? Simak puluhan pilihan rumah baru dengan harga Rp350 jutaan di sini!

Perumahan Bumi Papan Selaras Sidoarjo menawarkan hunian dua kamar tidur dengan harga Rp350 Jutaan.

Perumahan Bumi Papan Selaras Sidoarjo menawarkan hunian dua kamar tidur dengan harga Rp350 Jutaan.

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perpaduan Warna Ini Bikin Kamar Jadi Romantis

RumahCom - Ingin menikmati tempat yang romantis bersama pasangan? Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa mewujudkannya di dalam rumah. Tepatnya, di kamar tidur Anda sendiri. Dengan pemilihan pola warna kamar

Lanjutkan membacaJuli 19, 2016

Jenis-Jenis Pencahayaan untuk Kamar Tidur Nyaman

RumahCom - Memilih lampu kamar untuk dipasang di kamar tidur Anda tentunya tidak bisa disamakan dengan lampu yang ada di ruang kerja atau lampu di ruang makan. Agar kamar menjadi lebih nyaman dan s

Lanjutkan membacaOktober 24, 2016

Mencegah Kamar Sempit Terasa Pengap

RumahCom - Keterbatasan lahan sebagai tempat tinggal membuat Anda pun harus menghemat luasnya ruangan. Salah satu ruang yang diminimalkan luasnya adalah kamar tidur. Saking mungilnya, kamar tidur s

Lanjutkan membacaMaret 10, 2017

Sulit Rayu Anak Tidur di Kamar Sendiri? Ini Triknya!

RumahCom - Anak usia 5-12 tahun cenderung tak betah untuk tidur di kamarnya sendiri. Entah karena ‘belum berani’ atau mereka menganggap kamar tempat yang membosankan. Membuat anak agar mau tidu

Lanjutkan membacaApril 6, 2017

Masukan