Barang-barang ini Tidak Perlu Ada di Kamar Mandi

Wahyu ArdiyantoApril 28, 2017

Tempat barang ini bukan di kamar mandi

RumahCom – Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling sering digunakan. Namun sayangnya hampir kebanyakan kamar mandi di rumah-rumah terlihat penuh karena disesaki banyak perlengkapan atau perabotan yang sebenarnya tidak dibutuhkan di ruangan tersebut.

(Baca juga: Tips Buat Kamar Mandi Kecil Tampak Lebih Besar)

Asal tahu saja, menyimpan banyak perlengkapan di dalam kamar mandi ternyata berbahaya dan dapat merugikan kesehatan. Dan atas nama keamanan, kenyamanan, dan kesehatan, maka berikut adalah daftar barang yang sebaiknya tidak Anda simpan dalam kamar mandi.

1. Obat-obatan

Lemari dan wastafel di dalam kamar mandi bukanlah tempat yang tepat untuk menyimpan obat-obatan. Suhu yang naik turun serta kelembapan kamar mandi bisa membuat obat-obatan tersebut rusak dan kadaluarsa sebelum waktunya.

Khusus untuk obat-obatan, sebaiknya disimpan dalam kotak khusus dan berada ditempat yang kering dan sejuk.

2. Perhiasan

Udara yang lembab di dalam kamar mandi akan mempercepat proses oksidasi sehingga warna perhiasan akan mudah luntur. Perhiasan murah yang terbuat dari logam juga akan jadi cepat berkarat sedangkan perhiasan dari perak asli bisa lebih cepat memudar.

Sebaiknya simpan perhiasan di dalam sebuah kotak khusus di ruangan lain seperti kamar tidur dan dalam keadaan kering.

3. Kosmetik

Keuntungan menyimpan kosmetik di kamar mandi memang dapat memudahkan Anda saat beraktivitas di pagi hari. Padahal, semua jenis kosmetik, baik berbentuk powder, krim atau cair seharusnya disimpan di dalam tempat yang kering dengan suhu ruang. Kondisi panas dan lembab akan membuat kosmetik menjadi cepat rusak.

4. Parfum

Jangan simpan parfum favorit Anda di dalam kamar mandi karena perubahan suhu yang drastis bisa merubahnya menjadi berbau tidak sedap. Sebaiknya tetap simpan parfum di dalam lemari atau di atas meja rias yang tidak terkena sinar matahari langsung agar wanginya tidak rusak.

5. Perangkat Elektronik

Beberapa orang memang senang beraktivitas di kamar mandi sambil mendengarkan musik. Jika Anda ingin meletakkan perangkat elektronik seperti pengeras suara atau radio di dalam kamar mandi maka pastikan peralatan tersebut memang waterproof. Karena jika tidak didesain anti air maka tingkat kelembapan yang tinggi di dalam kamar mandi bisa merusak perlengkapan tersebut.

6. Semua yang Berbahan Kain

Menyimpan benda-benda berbahan dasar kain di dalam kamar mandi seperti seprai atau handuk tambahan bukanlah pilihan yang bijak, udara di dalam kamar mandi cenderung lembab sehingga ketika hendak digunakan tidak terasa kering seperti seharusnya.

Jika Anda terbiasa menyimpan handuk didalam kamar mandi, paling tidak ruan gan tersebut harus memiliki exhaust fan agar tetap kering.

7. Alat Pencukur Jenggot

Pencukur yang sehari-hari Anda gunakan memang masih aman jika disimpan di dalam kamar mandi atau kotak obat, namun simpan alat pencukur cadangan di ruangan yang berbeda. Kenapa? Karena uap air dan udara yang lembab di dalam kamar mandi bisa membuat besi pada alat pencukur menjadi lebih cepat berkarat.

Kamar mandi yang sehat dan aman tentunya akan membuat kita merasa nyaman saat beraktivitas di dalamnya. Begitupun halnya dengan kriteria rumah yang nyaman. Dan untuk pilihan rumah yang sehat dan nyaman pada kisaran harga Rp500 jutaan, simak puluhan pilihannya di sini!

Tempat barang ini bukan di kamar mandi

Tak hanya menawarkan kualitas bangunan, perumahan ini juga menghadirkan Broad Band Cyber atau kawasan berwawasan internet dan Jaringan keamanan yang terintegrasi dari pos keamanan ke setiap rumah.

Foto: Pexels

Mita Agustina

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Yuk, Refurnish Kamar Mandi Agar Lebih Segar

RumahCom - Dibandingkan dengan ruangan lainnya, seharusnya kamar mandi menjadi ruangan yang harus sangat Anda perhatikan. Pasalnya, kamar mandi bisa menjadi ruangan yang paling kotor karena lembap

Lanjutkan membacaMaret 1, 2017

Tips Ubah Kamar Mandi Agar Tampak Wah!

RumahCom - Selalu banyak cara untuk membuat ruangan di rumah Anda agar terlihat lebih besar atau lebih megah, tidak terkecuali area kamar mandi. Ya, area kamar mandi sekalipun juga bisa Anda tata agar

Lanjutkan membacaMaret 10, 2017

Teknik Bersihkan Kamar Mandi agar Bersih Maksimal

RumahCom – Kamar mandi yang bersih dan terawat tentu akan memberi kesan yang positif bagi tamu yang berkunjung. Namun karena kondisinya yang lembab membuat ruangan ini memerlukan perawatan ekstra.

Lanjutkan membacaMaret 23, 2017

Yuk, 'Berkebun' di Kamar Mandi!

RumahCom - Luas rumah yang semakin terbatas kadang membuat Anda harus mengesampingkan keinginan memiliki halaman rumah yang cantik. Anda lebih memilih menggunakan area halaman sebagai garasi atau ruan

Lanjutkan membacaApril 19, 2017

Masukan