Penghijauan Bikin Bekasi Lebih Layak Huni

Fathia AzkiaApril 29, 2017

RumahComDalam beberapa dekade terakhir, Kota Bekasi semakin terasa padat dan panas. Berkembangnya kawasan Industri di sekitarnya menjadikan Bekasi sebagai kota dengan tingkat polusi yang cukup tinggi. Kondisi inipun menyita perhatian masyarakat luas.

Disamping itu, laju pembangunan fisik di kota patriot itu terus bergerak. Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan lain-lain, juga memberikan kontribusi terhadap berkurangnya pohon-pohon besar yang berfungsi sebagai “paru-paru” kota.

Sebut saja infrastruktur terbaru yang tengah dikerjakan di Bekasi antara lain jalur Light Rapid Transit (LRT) yang menghubungkan kota satelit dengan Ibukota.

Baca: Bekasi: Area Seksi untuk Berinvestasi

Tak cukup sampai di situ, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan pihaknya dalam waktu dekat tengah mencanangkan dimulainya pekerjaan pembangunan jalan Tol Jakarta -Cikampek II (Elevated Toll).

“Terkait pembangunan infrastruktur strategis di Kota Bekasi, kami akan mulai mengerjakan jalan Tol Jakarta -Cikampek II (Elevated Toll) yang mana tujuannya demi meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi kemacetan lalu lintas antara Bekasi-Jakarta dan sebaliknya,” katanya.

Mengingat laju pembangunan yang semakin menguras penghijauan, Indonesia sebagai negara yang memiliki hutan tropis yang cukup luas memiliki kewajiban untuk memelihara dan melestarikan hutan tropis, seperti yang disepakati dalam beberapa kesepakatan international terkait emisi karbon.

Kegiatan penghijauan atau penanaman pohon menjadi solusi mutlak, untuk bisa menjaga Kota Bekasi sebagai kawasan yang layak untuk dijadikan tempat hunian.

Baca: Prospek Bekasi Bikin Pengembang Kepincut

Latar belakang inilah yang memicu PT Timah Karya Persada Properti (Timah Properti) untuk menyediakan kawasan hunian bernuansa hijau Familia Urban, dengan total lahan seluas 176 hektar.

Sebagai langkah awal pembangunan kawasan ini, Timah Properti akan terlebih dahulu menghijaukan kawasan ini dengan penanaman pohon Trembesi.

Chrishandono Heswadhi, Manager Realti Familia Urban mengatakan, “Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bukti komitmen kami, bahwa Timah Properti tidak hanya membangun dan berbisnis, tetapi juga memikirkan bagaimana kawasan Bekasi dimasa mendatang, berapa puluh tahun lagi.”

“Dengan menanam 1000 pohon untuk Bekasi, kami berharap bisa berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan di Bekasi, dan lebih dari itu, kami turut menjaga Indonesia sebagai paru-paru dunia,” tambahnya.

Pemilihan jenis pohon trembesi ini didasarkan pada pertimbangan, bahwa pohon ini memiliki kekuatan untuk menyerap air yang cukup tinggi, serta memiliki daun yang cukup lebat, sehingga sangat cocok untuk kegiatan penghijauan.

“Dengan luas kawasan 176 hektar yang akan ditanami 1000 pohon trembesi, serta tanaman/pohon yang lain akan menjadikan Familia Urban sebagai sebuah kawasan yang rindang dan hijau. Ini semua sesuai dengan konsep kawasan yaitu kami ingin membangun sebuah kawasan yang benar-benar bermakna sebagai rumah yang sesungguhnya, yakni sebuah rumah yang ideal untuk tumbuh dan berkembangnya anak-anak.” ujar Chrishandono.

Berkembangnya Kota Bekasi memicu banyaknya pengembang menggarap proyek residensial di sini. Tertarik punya rumah di Bekasi? Simak pilihan rumahnya yang dijual mulai Rp400 Jutaan.

rumah 500 juta di bekasi

Contoh perumahan minimalis di Bekasi dengan harga Rp500 Jutaan

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Properti Bekasi Makin Seksi. Ini Keunggulannnya

Kian tipisnya lahan di DKI Jakarta membuat pengembang mengincar kota-kota satelit untuk membangun kawasan pemukiman. Salah satu yang menjadi primadona adalah Bekasi. Bekasi adalah salah satu kawasa

Lanjutkan membacaJanuari 21, 2017

Bekasi Siap Tandingi Harga Properti Jakarta

RumahCom – Sejumlah pakar akhir-akhir ini menyebut tren hunian masa depan diproyeksikan akan berkembang ke arah barat dan timur meliputi Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi-Cianjur (Jabotabekjur). Ata

Lanjutkan membacaJanuari 24, 2017

Becakayu Bawa Berkah Penjualan Apartemen di Bekasi

RumahCom – Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) ruas Jakasampurna-Universitas Borobudur sepanjang delapan kilometer diperkirakan akan beroperasi pada Maret 2017. Rencana ini pun dipas

Lanjutkan membacaJanuari 25, 2017

Tertarik Berinvestasi Properti? Simak Potensi Bekasi

RumahCom - Bekasi menjadi sasaran para pengembang untuk membangun hunian. Infrastruktur kota yang sebelumnya semrawut pun perlahan mulai tertata. Menyempitnya lahan di Jakarta mendorong pengembang

Lanjutkan membacaJanuari 28, 2017

Gara-Gara Ini, Properti Bekasi Makin Dicari

RumahCom - Pembangunan infrastruktur Bekasi membuat kawasan yang dulunya disebut sebagai 'planet antah-berantah' ini menjadi diminati pengembang.Masuknya Summarecon dan sejumlah pengembang besar lain

Lanjutkan membacaJanuari 30, 2017

Masukan