Usir Kuman dari Kamar Anak dengan Cara Ini

Boy LeonardMei 9, 2017

Umumnya anak-anak lebih rentan terhadap penyakit dan virus tertentu. Apalagi saat ini kuman-kuman dari luar berkembang lebih cepat.

RumahCom – Umumnya anak-anak lebih rentan terhadap penyakit dan virus tertentu. Apalagi saat ini kuman-kuman dari luar berkembang lebih cepat dan menjadi semakin kuat (resisten) dan sulit diobati.

Untuk mengantisipasinya, Anda harus memberikan perhatian khusus, terutama menjaga kebersihan dan sterilisasi pada teritorial anak. Kamar bisa menjadi sumber utama kuman dan virus bagi anak.

Apalagi anak kerap masuk dan bermain di kamar tanpa membersihkan diri terlebih dulu. Ada beberapa cara untuk membersihkan kamar tidur anak agar terhindar dari virus untuk membuat anak tetap sehat setelah beraktivitas.

Memaksimalkan Akses Sinar Matahari

Kehdiran sinar matahari sangat penting untuk sebuah ruang. Sinar mtahari mampu membunuh bakteri, virus, serta jamur yang tumbuh pada ruang lembap. Karena itu, berikan akses sebesar-besarnya agar sinar mathari dapat masuk ke dalam ruang kamar anak.

Buka jendela anak lebar-lebar terutama di pagi hingga sore hari. Hindari menggunakan pendingin ruang (AC) saat pagi hingga sore hari agar sirkulasi udara dalam kamar berjalan lancar.

Gunakan Desinfektan

Seminggu sekali bersihkan permukaan kamar anak menggunakan desinfektan agar kamar anak lebih steril. Gunakan kain lap bersih dan cairan/semprotan desinfektan. Bersihkan permukaan meja belajar anak, bangku, permukaan lemari, rak-rak penyimpanan, dan benda-benada yang sering tersentuh anak. Jika Anda memiliki anak bayi, bersihkan tempat ganti popok hingga boks bayi.

Bersihkan Atap Ruangan

Atap kamar rentan debu dan sarang laba-laba terutama pada ujung langit-langit. Gunakan tongkat pembersih panjang untuk menjangkau langit-langit ruang.

Setelah membersihkan atap ruang, lanjutkan dengan membersihkan jendela, pintu kamar tidur, dan menyapu lantai. Pastikan tidak ada lagi debu yang menempel sehingga tidak mengganggu pernapasan anak.

(Simak juga: Waspada, Ini Penyebab Alergi di Rumah)

Rutin Mengganti Seprai dan Tirai

Seprai dan tirai jendela bisa menjadi salah satu sarang bakteri dan kuman. Seprai sering terkena kotoran yang menempel dari tubuh anak, keringat dan sebagainya. Ganti seprai tempat tidur seminggu sekali atu maksimal dua minggu sekali. Demikian juga dengan tirai jendela.

Tirai jendela sering terkena debu dari luar. Penggantian tirai jendela memang tak sesering seprai. Anda bisa menggantinya dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Pel Lantai dengan Pembersih Lantai

Langkah terakhir bersihkan lantai kamar menggunakan cairan pembersih keramik/porselen yang antibakteri. Semprotkan juga pengharum ruang untuk menciptakan suasana positif.

Banyak perumahan baru membangun lingkungan yang bersih dan sehat, dengan sistem cluster. Tertarik memiliki rumah baru? Simak pilihan rumah baru di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini.

Bumi Indah City, menawarkan hunian di kisaran Rp350 jutaan di Tangerang.

Bumi Indah City, menawarkan hunian di kisaran Rp350 jutaan di Tangerang.

FOTO: PIXABAY.COM

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Langkah Membuat Kamar Mandi Sehat untuk Anak

RumahCom - Saat anak Anda sering terserang penyakit, seperti flu, demam atau batuk, Anda mungkin menyalahkan cuaca atau jenis makanan yang baru dikonsumsinya. Sebelum menuding cyaca atau makanan se

Lanjutkan membacaDesember 7, 2016

Si Kecil Sering Sakit? Cek Kondisi Kamarnya!

RumahCom - Menurut orang-orang tua, jika dibandingkan dengan eranya mereka dulu, anak zaman sekarang lebih mudah sakit. Padahal kondisi lingkungannya sudah berbeda. Anak-anak kini rentan terpapar p

Lanjutkan membacaFebruari 27, 2017

Lebih Efisien, Perhatikan Area Ini Saat Bersihkan Kamar Anak

RumahCom - Selain kamar Anda, ruang kerja, dan dapur, area kamar anak biasanya menjadi ruangan yang juga paling berantakan di rumah Anda. Anak usia pertumbuhan atau kanak-kanak cenderung aktif. Butuh

Lanjutkan membacaApril 4, 2017

Minimalkan Penularan Penyakit di Rumah dengan Cara Ini

RumahCom – Sejumlah penyakit bisa menular dengan cepat kepada orang yang tinggal serumah, terutama pada anak-anak. Penyakit lebih mudah menular pada anak biasanya disebabkan karena kondisi tubuh

Lanjutkan membacaMei 5, 2017

Masukan