Panduan Pilih Keramik untuk Tiap Ruangan

Boy LeonardMei 29, 2017

Keramik tak hanya digunakan untuk melapisi lantai. Keramik juga digunakan untuk dinding, terutama pada kamar mandi atau dapur.

RumahCom – Salah satu kebutuhan yang tak mungkin dilupakan saat membangun atau merenovasi rumah adalah penggunaan keramik.

Keramik tak hanya digunakan untuk melapisi lantai. Keramik juga digunakan untuk dinding, terutama pada kamar mandi atau dapur. Motif keramik kini pun makin beragam, sehingga penggunaannya lebih luas.

Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan sejumlah prinsip sebelum mengaplikasikan keramik pada rumah Anda. Agar pengunaannya tepat, perhatikan tips berikut.

Lantai bagian luar

Pilih keramik yang tahan terhadap perubahan cuaca dan musim. Selain itu keramik untuk teras biasanya memiliki permukaan yang bermotif dan tidak mengilap.

Keramik untuk teras juga memiliki permukaan yang agak kasar sehingga tidak licin saat terpapar air hujan.

Kamar mandi

Keramik kamar mandi cenderung berukuran lebih kecil dibandingkan keramik untuk ruang keluarga dan kamar tidur. Pilih keramik berwarna cerah untuk memberikan kesan luas, dan pilihlah yang bertekstur agak kasar sehingga tidak licin saat basah sekaligus mudah dibersihkan.

Keramik dinding kamar mandi juga menggunakan keramik yang tahan bahan kimia dan mudah dibersihkan.

Dapur

Keramik untuk dapur sebaiknya dipilih yang bertesktur dan tidak terlalu mengilap. Pasalnya lantai dapur selalu berisiko terciprat minyak, tepung, dan bahan makanan lainnya yang berlemak.

Jika menggunakan keramik yang mengilap, warnanya akan menjadi cepat kusam saat terpapar bahan makanan dan minyak.

Anak tangga

Lantai tangga wajib menggunakan keramik bertekstur yang tidak licin dan memiliki efek antiselip untuk mencegah ada yang terpeleset saat menaiki tangga.

Tak heran jika banyak yang lebih memilih menggunakan lantai parket atau lantai yang tertutup karpet sebagai lantai anak tangga.

(Simak juga: Hadirkan Nuansa Alam dengan Pilihan Keramik yang Tepat)

Lantai di dekat pintu dan ruang tamu

Area pintu masuk paling sering terpapar kotoran dari luar, sehingga Anda membutuhkan keramik yang tebal dan kokoh. Anda bisa menggunakan keramik yang tidak bertekstur dan mengilap untuk memberikan kesan bersih pada area ruang tamu.

Kamar tidur

Keramik memang jauh lebih murah dibandingkan menggunakan lantai kayu atau marmer. Namun, untuk kamar tidur sebaiknya pilihlah keramik yang berwarna cerah dan hindari menggunakan keramik yang terlalu bercorak—seperti jenis teraso.

Keramik ini membuat Anda tak bisa melihat kotoran di atas lantai sehingga selalu mengira lantai dalam kondisi bersih.

Banyak pengembang perumahan baru saat ini mengaplikasikan keramik yang beraneka ragam, sesuai lokasi dan aspek keamanan. Dengan demikian, pembeli rumah tak perlu melakukan renovasi atau dekorasi tambahan. Sedang mencari rumah baru? Simak pilihannya dengan harga mulai Rp350 juta di sini!

Graha Permata Cikupa, Tangerang, menawarkan hunian dengan harga Rp350 jutaan.

Graha Permata Cikupa, Tangerang, menawarkan hunian dengan harga Rp350 jutaan.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Memilih Jenis Lantai yang Tepat untuk Rumah Anda

RumahCom - Lantai merupakan salah satu bagian terpenting sebuah rumah. Dan lantai biasanya amat jarang diganti sejak rumah dibangun. Oleh karena itu, memilih jenis lantai yang tepat untuk rumah mem

Lanjutkan membacaApril 18, 2016

Jangan Asal Pilih Lantai, Sesuaikan dengan Karakter Ruangan!

RumahCom - Dibandingkan bagian rumah lainnya, lantai rumah kita adalah area yang paling banyak ‘penderitaannya’. Setiap kali lantai diinjak oleh sepatu berdebu dan mendapatkan beban berat dari ben

Lanjutkan membacaJuli 21, 2016

Beda Karakter Penghuni, Beda Dekorasi Lantai

RumahCom - Kebiasaan sehari-hari dapat membantu Anda dalam menentukan jenis lantai yang terbaik untuk digunakan di rumah. Lantai di rumah merupakan bagian yang paling sering digunakan dengan berat

Lanjutkan membacaJuli 30, 2016

Usir Noda Membandel di Sela Lantai Keramik

RumahCom - Pernah melihat lantai rumah tampak kusam meski sudah disapu dan dipel? Bisa jadi penyebabnya Anda tak pernah membersihkan nat atau sela keramik. Sela keramik biasanya berwarna putih, seh

Lanjutkan membacaFebruari 1, 2017

Masukan