Awal Perkuliahan, Harga Apartemen Depok Naik

Fathia AzkiaMei 29, 2017

RumahCom – Rumah.com Property Index mencatat median harga apartemen di kawasan Depok, Jawa Barat, pada Kuartal I (Q1) 2017 mencapai Rp 16 juta per meter persegi.

Meski median harga ini belum bergerak sejak Kuartal IV 2016 lalu, apartemen di Depok diprediksi akan mengalami peningkatan median harga pada kuartal berikutnya.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa berdasarkan Rumah.com Property Index, median harga apartemen di Depok cenderung meningkat pada semester pertama, lalu menurun namun tidak signifikan di semester berikutnya.

“Boleh jadi, ini menandakan tingginya minat para pemburu apartemen di semester pertama, karena mereka ingin segera menawarkan huniannya untuk para mahasiswa baru yang akan masuk kuliah pada semester kedua,” jelasnya.

Baca juga: Depok Konsisten Jaga Kestabilan Harga Rumah Tapak

Wasudewan menambahkan bahwa data Rumah.com Property Index sangat penting untuk mengatasi masalah transparansi dalam industri properti di Indonesia. Karena dengan data tersebut, para investor yang tertarik untuk memasuki pasar apartemen di Depok dapat memiliki referensi harga sebelum mereka mengambil keputusan.

“Data Rumah.com Property Index merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti yang diakses 3,4 Juta pengunjung setiap bulan. Para pengunjung kami juga mengunjungi 17 Juta halaman properti kami setiap bulan,” tambahnya.

Menurut Wasudewan, pasar apartemen di kawasan Depok relatif menggiurkan. Hal ini disebabkan oleh setiap tahunnya, sekitar 20.000 mahasiswa baru akan memasuki kawasan Depok untuk memulai tahun ajaran baru.

Apalagi juga didukung dengan sarana infrastruktur baru berupa Jalan Tol Depok-Antasari yang diperkirakan Seksi I-nya bisa mulai beroperasi di akhir tahun 2017 ini.

Baca juga: Animo Konsumen Apartemen di Depok Masih Tinggi

Selain membidik pasar mahasiswa yang kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Gunadharma dan kampus lain di kawasan Depok, para investor juga memiliki target baru.

Awal tahun 2018 mendatang, Rumah Sakit Universitas Indonesia akan mulai beroperasi, sehingga para karyawan, dokter dan keluarga pasien rawat inap bisa memiliki beragam pilihan hunian berupa apartemen di kawasan Depok.

MEDIAN HARGA APARTEMEN DI DEPOK (JUTA/METER PERSEGI)

Q1 2016 Q2 2016 Q3 2016 Q4 2016 Q1 2017
Harga Median 15.24M 16.67M 16.36M 16.00M 16.00M
Kenaikan/Penurunan 9.37% -1.82% -2.22% 0.00%

*Analisis dalam Rumah.com Property Index berdasarkan 400.000 listing yang diakses oleh 3,4 juta pengunjung yang membuka 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com. Secara lengkap, Rumah.com Property Index juga dapat diakses melalui http://www.rumah.com/berita-properti/category/rumah-com-properti-index.

Tertarik berinvestasi apartemen baru di Kota Depok? Klik Perumahan Baru dan temukan pilihan apartemen mulai harga Rp300 Jutaan.

Apartemen Logios Depok

Apartemen Logios Depok menawarkan harga jual mulai dari Rp390 Juta untuk tipe Studio.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cari Rumah Mulai Rp300 Juta di Depok

RumahCom – Mencari rumah dengan tujuan dibeli tunai/KPR tetap harus disesuaikan dengan kemampuan finansial. Jangan sampai, harga rumah melebihi batas kapabilitas yang kemudian menyebabkan Anda harus

Lanjutkan membacaDesember 5, 2016

RSUI Dongkrak Bisnis Apartemen Sewa di Depok

RumahCom – Kehadiran Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) diproyeksikan bakal menggairahkan bisnis apartemen sewa di Depok, Jawa Barat. RSUI sendiri ditargetkan beroperasi awal tahun 2018. "

Lanjutkan membacaMaret 29, 2017

Kumpulan Apartemen yang Bisa Dicicil Pakai BPJS-TK

RumahCom – Kabar gembira datang untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah satu tahun mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT). Pasalnya, mereka yang selama ini kesulitan dalam mengakses pembiaya

Lanjutkan membacaApril 11, 2017

Apartemen Depok Layak Dibidik Kaum Muda

RumahCom – Konsultan marketing properti Coldwell Banker Property Connections (Residensial) menilai situasi pasar properti di Depok tengah seksi, terutama untuk proyek hunian yang lokasinya dekat d

Lanjutkan membacaApril 13, 2017

Lahan Menipis, Properti Depok Siap Tumbuh ke Atas

RumahCom – Kota Depok dinilai sudah sangat membutuhkan hunian vertikal mengingat keterbatasan dan kian mahalnya harga lahan yang nyaris merata. Di sisi lain, dukungan infrastruktur transportasi dan

Lanjutkan membacaApril 26, 2017

Masukan