Kucuran KPR Subsidi dari BPD Baru 1,2%

Fathia AzkiaMei 30, 2017

property mortgage rates

RumahCom – Upaya pemerintah dalam meningkatkan alokasi penyaluran kredit untuk KPR bersubsidi terus digempur. Salah satunya dengan mendorong kapasitas dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang selama ini masih sangat minim.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Lana Winayanti, mengatakan BPD seharusnya punya potensi cukup besar dalam mendukung Program Satu Juta Rumah. Namun hingga kini kontribusinya dalam menyalurkan KPR bersubsidi baru 1,2%.

“Dikarenakan minimnya kontribusi, maka BPD perlu ekstra kerja keras dalam meningkatkan portfolio KPR FLPP. Selain itu, kami ingatkan kembali bahwa BPD merupakan pilar utama pembangunan di daerah. Terlebih BPD-lah yang paling memahami karakteristik masyarakat dan kearifan lokal yang ada di daerahnya,” tegasnya.

Di samping itu, sambung Lana, BPD seharusnya mampu bersaing dengan bank milik negara lainnya yang telah lebih dulu menyalurkan KPR bersubsidi. (Ingin tahu cara mengajukan KPR subsidi? Simak di sini!)

“Kami mendorong BPD bisa bersaing dalam bisnis global. Oleh karena itu BPD harus dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola sumber dana jangka panjang melalui kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finance (SMF),” katanya.

Ditjen Pembiayaan Perumahan pun mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), PT SMF dan Kementerian PUPR, melalui Pelatihan Standar Operasional dan Prosedur KPR BPD.

“Dengan kerjasama ini, diharapkan BPD dapat menambah potensi pembangunan daerahnya masing-masing, serta menjalankan bisnis KPR yang lebih baik sehingga visi BPD sebagai champion bank di daerah dapat terwujud,” tutup Lana.

Sementara itu Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial, Ananta Wiyogo, mengungkapkan bahwa Program Satu Juta Rumah memerlukan dana yang besar baik dari sisi penyediaan maupun dari pembiayaannya.

“Meningkatnya kebutuhan tempat tinggal yang layak untuk masyarakat, seharusnya dapat mendorong BPD meningkatkan kapasitasnya sebagai penyalur KPR bersubsidi untuk MBR,” tuturnya.

(Baca juga: Berburu Rumah Subsidi di Tangerang)

Subekti Heriyanto selaku Direktur Operasional Asbanda, mengungkapkan bahwa sejak diluncurkannya Program Satu Juta Rumah oleh Presiden Joko Widodo, Asbanda langsung berinisiatif mengeluarkan Program Transformasi BPD.

“Program transformasi ini merupakan program kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asbanda dan Kementerian Dalam Negeri untuk menjadikan BPD sebagai bank yang berdaya saing, tumbuh kuat dan berperan dalam perekonomian di daerahnya sekaligus dapat mendukung pelaksanaan sejuta rumah,” kata Subekti.

Terdapat tiga sasaran dari Program Tranformasi BPD, di antaranya bertambahanya daya saing, menguatnya ketahanan kelembagaan, serta meningkatnya kontribusi terhadap pembangunan daerah.

“Demi mencapai ketiga sasaran tersebut, terdapat beberapa strategi yang akan ditempuh oleh BPD dalam meningkatkan efektifitas proses bisnis dan risiko. Salah satunya yaitu pengelolaan portofolio dan penguatan likuiditas dan permodalan,” ia mengakhiri.

Apakah Anda merupakan golongan MBR yang punya gaji di bawah Rp4 Juta, dan tengah mencari rumah subsidi? Temukan puluhan pilihan rumah subsidi di berbagai daerah di seluruh Indonesia di sini!

rumah subsidi jokowi

Perumahan subsidi yang berlokasi di Kabupaten Bogor ini ditawarkan seharga Rp141 Juta.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Syarat dan Keuntungan Cicil Rumah Subsidi Lewat BPJS

RumahCom - Antusiasme masyarakat dalam memiliki hunian, terutama untuk hunian pertama, begitu tinggi, mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) untuk ikut terjun memfasili

Lanjutkan membacaApril 6, 2017

Rumah Subsidi di Bogor Harga Rp140 Juta

RumahCom – Apakah Anda saat ini memiliki penghasilan pokok di bawah Rp4 Juta dan telah berusia diatas 21 tahun? Jika iya, maka Anda merupakan salah satu dari sekian orang yang berkesempatan memiliki

Lanjutkan membacaMei 4, 2017

Masyarakat Berpenghasilan di Atas Rp4 Juta Bisa Dapat Rumah Subsidi?

Rumah.com - Jika selama ini rumah subsidi berlaku untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bergaji maksimal Rp4 juta, nantinya yang berpenghasilan di atas Rp4 juta pun bisa beli rumah subsidi

Lanjutkan membacaMei 20, 2017

Ketahuan Melanggar Syarat Rumah Subsidi? Siap-siap Kena Sanksi!

RumahCom – Program Sejuta Rumah yang dicetuskan pemerintah dengan pelaksanaannya yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga kini masih terus digenjot. Guna me

Lanjutkan membacaMei 24, 2017

Lima Strategi PUPR Kebut Pembangunan Rumah Subsidi

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terus berupaya menjaga pertumbuhan sektor properti khususnya pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Lanjutkan membacaMei 26, 2017

Masukan