Harga Apartemen Tangerang Selatan Tumbuh 2,13%

Fathia AzkiaJuni 2, 2017

RumahCom – Setelah sempat turun -0,10% pada kuartal I (Q1) 2017, Rumah.com Property Index mencatat adanya kenaikan harga sebesar 2,13% pada apartemen rentang Rp600 juta – Rp1,5 miliar di Tangerang Selatan. Hal ini seiring dengan pasar properti yang mengarah ke jenjang positif jelang semester dua tahun ini.

Tommy H Bastamy, Managing Partner Strategic Advisory Group dari Coldwell Banker Indonesia mengatakan, indikasi perbaikan sudah mulai terlihat sejak hadirnya sejumlah pasokan apartemen kelas menengah dan menengah atas.

“Sentimen sudah mulai positif, tapi secara transaksi belum ada pergerakan yang signifikan. Sehingga diharapkan pada tahun depan bukan lagi waktunya recovery. Normalnya, per tahun pertumbuhan properti nasional bisa mencapai 12% – 15%. Tapi tahun ini kami memprediksi akan tetap tumbuh meski hanya di bawah 10%,” jelasnya.

Baca juga: Pilah-pilih Apartemen Murah di Tangerang Selatan

Mengenai pasokan apartemen kelas menengah, Tangerang Selatan tepatnya area Alam Sutera pada semester pertama 2017 kehadiran satu hunian vertikal baru yakni Cambio Lofts. Apartemen ini berkonsep ‘Highrise of Homes‘ dengan loft yang mengutamakan efisiensi dan kenyamanan seperti tinggal dalam rumah.

Harga saat ini dipasarkan Rp20 juta per meter persegi, naik 20% bila dibandingkan harga perdana pertengahan tahun lalu yakni Rp18 juta per m2.

Menurut Rita Megawati selaku Project Coordinator Cambio Lofts, “Harga jual ini lebih rendah dibandingkan harga pasaran apartemen di Alam Sutera yang sudah menyentuh angka Rp22 juta per meter persegi.”

Baca juga: Saatnya Alam Sutera ‘Ekspansi’ Keluar Serpong 

Sementara berdasarkan data Rumah.com Property Index, median harga untuk apartemen di Tangerang Selatan berkisar Rp20,49 juta pada Q1 dan naik menjadi Rp20,93 juta pada Q2. Dimana harga sebelumnya pernah mencapai angka tertinggi yakni 21,67 juta pada tiga bulan terakhir di 2015.

“Kelesuan pasar yang terjadi secara global sejak dua tahun lalu sebenarnya tidak terlalu berdampak parah khususnya untuk pangsa hunian di Alam Sutera. Terbukti, apartemen seharga Rp700 juta yang dijual tiga atau empat tahun lalu pun tidak kemudian turun jadi Rp600 juta. Sebab developer tidak mungkin melakukan koreksi harga, sebaliknya hanya perubahan desain menyesuaikan pasar saja,” Rita menambahkan.

Apalagi jika dilihat secara keseluruhan, jelas Alam Sutera masih menyimpan potensi investasi yang tinggi. Hal ini senada dengan ucapan Ali Tranghanda, Pengamat Properti dari Indonesia Property Watch pada Indonesia Real Estate Summit 2016 yang diadakan oleh Rumah.com.

“Saat ini dan kedepan, daerah Serpong masih menjadi pilihan invetasi yang menarik. Lantaran potensi peningkatan nilai properti yang ada di Serpong adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia,” katanya.

Proyeksi Ali nampak sejalan dengan rencana Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang pada tahun ini, menargetkan perekonomian wilayahnya untuk tumbuh hingga 8,5% atau naik tipis dibanding pencapaian 2016 yang sebesar 8,4%.

Tangsel pun diprediksi akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Terutama untuk sektor perdagangan, jasa, dan properti.

Selain apartemen, Tangerang Selatan juga menyimpan ratusan perumahan baru dengan harga Rp350 juta – Rp2 miliar. Penasaran di mana saja lokasinya? Klik di sini!

Tips membuat meja minimalis

Trevista Bintaro merupakan salah satu salah satu perumahan yang berada di area Tangerang Selatan.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tangerang Selatan Capai Titik Jenuh, Daerah Pinggiran Menggeliat

Rumah.Com - Kawasan Tangerang masih terlihat seksi di mata pengembang perumahan. Meski demikian, para pengembang, terutama pengembang-pengembang kecil dan menengah, harus mengubah strategi, menjauh da

Lanjutkan membacaJanuari 6, 2016

Hunian Keluarga Ideal ada di Tangerang Selatan

DKI Jakarta yang padat penduduk dengan segala macam kegiatan ekonominya dianggap kurang ideal untuk hunian keluarga. Beberapa wilayah mulai muncul dengan tawaran lingkungan hunian yang lebih nyaman,

Lanjutkan membacaApril 19, 2016

Pilah-pilih Apartemen Murah di Tangerang Selatan

RumahCom – Apakah Anda pasangan muda yang baru menikah dan tengah mencari hunian praktis? Tinggal di apartemen bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. Kenapa? Umumnya pengembang apartemen sud

Lanjutkan membacaMei 19, 2016

Gerbang Tol Karang Tengah Dihapus, Pasar Properti Serpong Naik?

RumahCom - Bersebelahan dengan sisi barat Jakarta dan sebagai salah satu daerah penyangga, Serpong telah berkembang sedemikian pesatnya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Terutama dalam pertumbuhan

Lanjutkan membacaJanuari 30, 2017

Eksotisme Serpong Belum Pudar

RumahCom – Dijuluki primadona kawasan di area Tangerang Selatan, Serpong hingga kini masih terus memancarkan pesonanya dengan beragam kemudahan akses dan infrastruktur. Teranyar di akhir tahun ini,

Lanjutkan membacaApril 29, 2019

Masukan