Harga Rumah di Tangerang Terus Menanjak

Fathia AzkiaJuni 9, 2017

Tropicana Residence

RumahCom – Tangerang, yang masuk dalam kategori emerging city alias kota berkembang hingga kini masih menjadi pilihan masyarakat bertempat tinggal. Disebut berkembang, lantaran wilayah ini memiliki karakteristik yakni kinerja ekonomi dalam kota yang berubah secara signifikan dalam 5-10 tahun terakhir.

Pasar propertinya berkembang cukup agresif dalam mengakomodasi pertumbuhan sektor bisnis, industri, dan pariwisata. Sektor hotel dan ritel pun telah berkembang secara signifikan baik dari sisi jumlah maupun kualitas pengembangan.

Sedangkan sektor apartemen mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejumlah pengembangan real estat skala besar telah berkembang terlebih dahulu dalam kota penyangga tersebut.

Colliers International Indonesia dalam pemaparannya tahun lalu menuturkan perkembangan kota di kawasan Tangerang dan sekitarnya seiring dengan pembangunan infrastruktur jalan dan kereta api.

Keuntungan lain, Tangerang berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarna Hatta. Berbagai kebutuhan hidup berfasilitas dari beragam level pun hadir di sini. Mencermati perkembangannya, Tangerang kini seolah disulap perlahan menjadi kota mandiri yang maju.

Lihat juga: Lokasi Strategis, Apartemen di Tangerang Hanya Rp200 Jutaan

Tak heran, segelintir pengembang residensial ternama maupun lokal berebut membangun proyek dengan jumlah pasokan unit yang mampu mengakomodir kebutuhan hunian masyarakat.

Menurut data Rumah.com Property Index, median harga untuk rumah rentang Rp600 juta – Rp1 miliar di Tangerang mengalami indikasi kenaikan dari kuartal I 2017 (Q1) menjelang minggu ketiga kuartal II 2017.

Q3 2016 Q4 2016 Q1 2017 Q2 2017
Rp9,06 juta Rp9,17 juta Rp9,07 juta Rp9,26 juta

“Posisi median harga pada Q2 2017 merupakan harga tertinggi sejak dua tahun belakangan. Di mana pada tahun 2015 – 2016, tiap kuartal harga rumah di Tangerang terus naik dari Rp8,68 juta hingga Rp9,17 di akhir kuartal. Penurunan harga sebesar -1,05% baru terjadi dari Q4 2016 ke Q1 2017,” ungkap Country Manager Rumah.com, Wasudewan.

Riset: Hunian di Jakarta dan Tangerang Masih Jadi Favorit

Rumah.com Property Market Index juga mencatat pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Tangerang tumbuh 2% dan 3%. Namun pada kuartal IV-2016, turun sebanyak 6%.

“Pangsa properti Tangerang dan sekitarnya yang terus tumbuh, rupanya sangat menarik keinginan masyarakat baik dari kawasan itu sendiri maupun luar kota untuk punya hunian di sini. Sayangnya, pasokan hunian di Tangerang ternyata malah menurun pada kuartal akhir tahun lalu. Sehingga inilah yang bisa jadi kesempatan pengembang untuk terus berinovasi melahirkan lebih banyak proyek di area favorit ini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, bagi konsumen, Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia terus berupaya memudahkan pencari properti Tangerang dalam menemukan rumah idamannya secara mudah dan aman.

Salah satunya melalui fasilitas virtual tour 3 Dimensi. Ini penting sekali bagi konsumen yang hanya memiliki waktu dan informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihannya

“Dengan keunggulan teknologi saat ini, calon konsumen properti dari seluruh Indonesia dapat menemukan hunian di wilayah Jakarta atau Tangerang melalui kanal www.rumah.com/perumahan-baru. Bahkan di Rumah.com pencari properti bisa menemukan ulasan properti terlengkap di Review Properti (www.rumah.com/review) untuk mengetahui spesifikasi bangunan, fasilitas pendidikan dan transportasi hingga proyek properti lain di sekitar lokasi pilihan mereka,” pungkasnya.

Sebagai lokasi favorit, Tangerang terus diburu kaum urban yang menginginkan hunian harga terjangkau, namun letaknya mudah dijangkau dari pusat beraktivitas di Jakarta. Di kanal Perumahan Baru, Anda bisa menemukan rumah di Tangerang harga mulai Rp300 Juta. Mau?

Bumi Indah City Tangerang menawarkan rumah tanpa pagar dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Bumi Indah City Tangerang menawarkan rumah tanpa pagar dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pasar Properti Tangerang Kian Agresif

RumahCom – Di awal tahun 2016, Coldwell Banker pernah memaparkan tentang pertumbuhan wilayah penyangga Ibukota Jakarta di sektor properti. Tangerang, yang termasuk dalam kategori emerging city al

Lanjutkan membacaAgustus 3, 2016

Pasar Residensial Tangerang Semakin Ramai

RumahCom - Bagi sebagian orang yang belum paham Tangerang, mungkin akan memandang kawasan ini dengan sebelah mata. Jangan salah, meskipun lokasinya relatif jauh dari pusat bisnis atau Ibukota namun in

Lanjutkan membacaNovember 17, 2016

Geliat Hunian Jangkung di Tepi Sungai Cisadane Tangerang

RumahCom – Perkembangan properti di Kota Tangerang semakin cerah. Hai ini terlihat dari harga kavling yang terus meningkat secara signifikan. Sebagai informasi, harga lahan di Karawaci sudah mencapa

Lanjutkan membacaNovember 24, 2016

Tiga Apartemen di Bawah Rp300 Jutaan di Tangerang

RumahCom – Apartemen dewasa ini tidak hanya diperuntukkan sebagai tempat tinggal saja, melainkan juga sarana berinvestasi yang prospektif. Bagaimana tidak, dibanding rumah tapak, apartemen dinilai l

Lanjutkan membacaDesember 1, 2016

‘Ngopi Bareng’, Rumah.com dan Pengembang Bahas Properti Tangerang

RumahCom – Bila biasanya portal properti terdepan di Indonesia Rumah.com gemar mengadakan forum diskusi terbuka mengenai pasar real estat terkini, kali ini acara berbeda disuguhkan bagi para pengemb

Lanjutkan membacaApril 4, 2017

Masukan