Harga Rumah di Surabaya Nyaris Sentuh Jakarta

Fathia AzkiaJuni 13, 2017

RumahCom – Data Rumah.com Property Index mencatat median harga rumah rentang Rp1-2 miliar di Surabaya mencapai Rp12,59 juta per meter persegi pada kuartal I-2017. Angka ini tidak berbeda jauh dengan median harga sepanjang kuartal IV-2016 lalu, yaitu Rp12,5 juta per meter persegi.

Sepanjang tahun 2016 kemarin, properti pada kategori ini di Surabaya terus mengalami kenaikan median harga rata-rata sebesar 1,14%.

Sementara perkembangan harga rumah dengan rentang yang sama di DKI Jakarta saat ini berada pada posisi median harga Rp14,63 juta pada kuartal I-2017. Artinya, hanya beda Rp2 juta saja antara rumah di Jakarta dengan Surabaya.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa data Rumah.com Property Index tentang Surabaya ini sangat penting sebagai solusi masalah transparansi yang dialami oleh para pengembang maupun pencari hunian di kota Pahlawan tersebut.

“Data Rumah.com Property Index merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti yang diakses 3,4 Juta pengunjung setiap bulan. Para pengunjung kami juga mengunjungi 17 Juta halaman properti kami setiap bulan,” katanya.

Baca juga: Surabaya: Surga Baru Bagi Pebisnis Ritel

Wasudewan menambahkan bahwa Rumah.com Property Index juga mencatat bahwa suplai hunian pada rentang Rp1-2 miliar di Surabaya mengalami peningkatan sejak awal tahun 2016 lalu.

“Pada kuartal II-2016, misalnya, terjadi peningkatan suplai sebanyak 29% dan meningkat 51,2% di kuartal III-2016. Namun penambahan suplai ini agak melambat di kuartal IV-2016 (10,8%) dan kuartal I-2017 (0,3%),” jelasnya.

Menurut Wasudewan, peningkatan suplai hunian secara pesat di Surabaya sepanjang tahun 2016 diperkirakan didorong oleh rencana pembangunan berbagai sarana infrastruktur yang sudah dan akan dimulai pada tahun 2017 ini.

Layaknya wilayah maupun kota-kota lain yang terus menggenjot pembangunan infrastruktur, Surabaya juga akan memiliki sejumlah jalur baru untuk menunjang perekonomian kota sekaligus mengurai kemacetan lalu lintas.

Proyek-proyek itu meliputi frontage road sisi barat (jalur penyangga di Jalan Ahmad Yani), Midlle East Ring Road (MERR) II-C, Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan jalan Lingkar Luar Timur (JLLT).

Selain itu juga ada proyek trem trayek utara ke selatan Kota Pahlawan dimana pengerjaannya akan dilakukan dalam dua loop (fase). Fase pertama membentang dari Jalan Tunjungan hingga menuju Terminal Joyoboyo sepanjang 11,4 kilometer dari total sekitar 17,6 kilometer.

Sedangkan untuk trayek timur ke barat, moda angkutan massal cepat yang akan dikembangkan adalah Light Rail Transit (LRT).

Sementara itu, sejumlah mal besar dan megah akan segera hadir hingga tahun 2018 dan akan membuat kota ini diprediksi menyalip gemerlap kemewahan mal-mal di Jakarta, seperti Supermal Pakuwon dan The Central Gunawangsa Tidar.

“Berbagai proyek infrastuktur tersebut maupun pembangunan sejumlah mal baru akan membuat Surabaya semakin menarik bagi para pengembang properti memasarkan produk-produk huniannya,” pungkas Wasudewan.

MEDIAN HARGA RUMAH RP 1-2 MILIAR DI SURABAYA (JUTA/METER PERSEGI)

Q1 2016 Q2 2016 Q3 2016 Q4 2016 Q1 2017
Harga Median (Juta/Meter persegi) 12.04 12.28 12.50 12.50 12.59
Kenaikan/Penurunan 2.02% 1.79% 0.00% 0.74%

*Analisis dalam Rumah.com Property Index berdasarkan 400.000 listing yang diakses oleh 3,4 juta pengunjung yang membuka 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com. Secara lengkap, Rumah.com Property Index juga dapat diakses melalui http://www.rumah.com/berita-properti/category/rumah-com-properti-index.

Potensi yang begitu besar membuat Surabaya mampu menarik perhatian investor untuk berbisnis di sini. Tertarik punya hunian di Surabaya atau wilayah lain di Jawa Timur? Simak pilihan rumahnya dengan harga mulai Rp400 juta di Perumahan Baru.

Perumahan Bumi Papan Selaras, Sidoarjo, menawarkan hunian dengan harga Rp350 jutaan.

Perumahan Bumi Papan Selaras, Sidoarjo, menawarkan hunian dengan harga Rp350 jutaan.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lahan Langka, Surabaya Mengarah ke Hunian Vertikal

RumahCom – Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya menjadi tujuan—terutama masyarakat dari Indonesia Timur—untuk berbisnis, bekerja, atau menimba ilmu. Pengembangan proyek-proyek h

Lanjutkan membacaOktober 16, 2015

Mau Beli Rumah Murah di Surabaya, Cari di Sini!

RumahCom – Seperti daerah lain, properti Surabaya juga terkena imbas pelemahan ekonomi dan fluktuasi kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika yang terjadi belakangan ini. Paulus Totok Lucida, Ketua DPD

Lanjutkan membacaOktober 27, 2015

Ini 3 Cluster Manis di Jawa Timur

RumahCom - Jawa Timur merupakan daerah terbesar penghasil gula Indonesia. Pembangunan pabrik gula mulai bermunculan setelah dimulainya era liberalisme pada masa penjajahan Hindia Belanda (1870), deng

Lanjutkan membacaJanuari 14, 2016

Bujet Rp500 Jutaan, Dapat Rumah di Surabaya

RumahCom – Sebagai salah ibukota Jawa Timur, Surabaya berkembang sangat pesat. Kota ini menjadi kota terbesar nomor dua di Indonesia. Tak heran jika harga properti di kota metropolitan ini terus me

Lanjutkan membacaJanuari 25, 2016

Hunian Rp300 Jutaan di Jawa Timur? Ada!

RumahCom – Sebagai salah satu penyokong pasar properti di Indonesia, wilayah Jawa Timur terus meningkatkan eksistensinya. Bahkan secara umum Real Estat Indonesia (REI) menilai Jawa Timur tetap pr

Lanjutkan membacaJuli 20, 2016

Masukan