Pusing Listrik Naik, Pindah ke Panel Surya Saja

Fathia AzkiaJuni 15, 2017

RumahCom – Isu kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali berhembus. Kabarnya, per Juli besok PLN akan mengenakan tarif baru untuk pelanggan golongan daya 900VA, yang sebelumnya sudah mengalami kenaikan secara bertahap sejak Januari lalu.

Pada 1 maret 2017 terjadi kenaikan sebesar Rp1.034 per KWH, dan kembali naik per 1 Mei menjadi Rp1.352 per KWH. Sementara pada 1 Juli mendatang, rencananya akan ada tarif baru menjadi Rp1.467,28 per KWH.

Menepis kabar yang tersiar, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kepada Liputan6 menegaskan tidak ada kenaikan tarif listrik. Yang ada, menurutnya, hanya pencabutan subsidi listrik untuk golongan 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori mampu sebanyak 18,1 juta pelanggan.

Baca juga: Cara Paling Mudah Pangkas Tagihan Listrik

“Tidak ada yang namanya kenaikan. Hanya subsidinya saja yang dicabut dan itu sudah selesai pada bulan Mei kemarin,” katanya.

Imbas kenaikan yang terjadi di bulan Mei lalu, banyak masyarakat yang mengeluhkan akan beban biaya rumah tangga yang bertambah. Alhasil, berbagai strategi dilakukan guna menghindari pemborosan listrik. Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan, beralih ke panel surya bisa jadi alternatif terbaik.

Biaya Pasang Panel Surya

Seiring perkembangan teknologi, biaya pemasangan panel surya sebagai pembangkit listrik kian terjangkau. Beberapa perusahaan penyedia panel surya bahkan ada yang menawarkan promo biaya pemasangan panel surya secara gratis.

Menurut Jody, Kepala penjualan PT Tata Cipta Mega Pelangi, produsen produk listrik panel surya,  Ia menyarankan agar penggunaan listrik tenaga surya di rumah dikombinasikan dengan listrik PLN.

“Tentunya kebutuhan listrik setiap rumah berbeda-beda. Untuk pemakaian 1.500 watt kemungkinan besar tidak bisa dipenuhi oleh tenaga surya saja. Kapasitas umum untuk panel surya yang dipasang di atap rumah hanya memenuhi sekitar 1.000 WP,” jelasnya.

PLN: Tarif Listrik 900VA Bukan Naik, Tapi Disesuaikan!

“Untuk itu, tenaga surya biasanya sebatas dimanfaatkan untuk menyalakan lampu saja,” tambahnya.

Mengenai biaya, untuk alat yang termasuk dalam lima solar panel berukuran 160cm x 110cm x 3,5cm beserta aki dibanderol harga Rp26 juta. Pemasangan panel surya ini dapat mengakomodir kebutuhan listrik sekitar 1.000 WP.

Sementara itu untuk biaya pemasangan, perusahaan produsen listrik tersebut mengaku bahwa alatnya dapat dipasang dengan mudah. Siapapun dapat memasangnya sendiri. Namun tingkat kesulitannya tergantung pada atap yang akan dipasangi panel surya itu. Semakin curam posisi atap maka semakin sulit untuk dipasang.

Secara umum, biaya total alat panel surya sekitar US$ 1,95-2,95 (Rp 27.300-41.300) per WP. Untuk menghitung panel surya di rumah, ketahui dulu berapa harga alat per WP, kemudian ditambah dengan biaya pasang per WP. Dengan begitu akan keluar berapa daya dan biaya panel surya yang dibutuhkan rumah Anda.

Sementara itu, tidak ada lokasi khusus untuk syarat pemasangan panel surya. “Yang penting atap rumah tidak tertutup oleh pohon dan cukup gedung tinggi. Karena itu akan berpengaruh kepada penyerapan cahaya matahari.” tutup Jody.

Daya listrik 900 VA sejatinya memang ditujukan untuk golongan tidak mampu. Oleh karenanya, untuk Anda yang hendak membeli rumah baru, pastikan bahwa daya listrik di rumah tersebut minimal sebesar 1300 VA.

Pilihan rumah dengan kriteria listrik 1300 VA, desain minimalis, serta harga kurang dari Rp500 juta bisa dengan mudah Anda temukan di Perumahan Baru.

tarif listrik rumah kontrakan

Terrascotta Residence, Bogor, rumah cluster dengan harga di bawah Rp500 Juta ini sudah dibekali listrik bertenaga 1300VA.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Agar Peralatan Rumah Hemat Listrik

RumahCom – Penggunaan peralatan rumah tangga seperti lampu, kulkas, TV, dan AC kerap dituding sebagai biang keladi naiknya tagihan listrik di rumah. Namun sebenarnya hemat-tidaknya pemakaian list

Lanjutkan membacaApril 29, 2015

Trik Jitu Hindari Pemborosan Pulsa Listrik

RumahCom – Listrik prabayar atau yang biasa disebut dengan listrik pintar kini semakin marak digunakan masyarakat. Kelebihannya terletak pada kondisi dimana penghuni bisa mengendalikan sendiri pemak

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2016

Langkah Mudah Ajukan Tambah dan Turun Daya Listrik PLN

RumahCom –Sebagian masyarakat masih bingung saat akan melakukan tambah dan turun daya listrik PLN. Padahal, sudah ada cara mudah dan cepat yakni dengan memanfaatkan sistem online.Pelanggan hanya pe

Lanjutkan membacaSeptember 29, 2016

Strategi Cantik Hadapi Kenaikan Tarif Listrik

RumahCom - Tarif Dasar Listrik (TDL) yang naik per 1 Oktober 2016, ternyata menjadi perbincangan 'hangat' bagi banyak orang,  terutama bagi kalangan ibu rumah tangga. Ya, kendati naiknya sebesar 0,13

Lanjutkan membacaOktober 10, 2016

7 Jurus Jitu Pangkas Pengeluaran di Rumah

RumahCom - Pengelolaan keuangan rumah tangga harus menjadi perhatian utama. Memang mengelola pengeluaran bukan hal yang mudah. Jika tak pandai-pandai mengatur keuangan, segala kebutuhan akan sulit ter

Lanjutkan membacaMei 31, 2017

Masukan