Dapur Sempit Terasa Luas Lewat Permainan Cat

Boy LeonardJuni 23, 2017

Dibutuhkan trik khusus untuk membuat dapur selalu rapi, meski tanpa kitchen set.

RumahCom – Warna dapat memengaruhi mood seseorang. Tak heran kalau pemilihan warna pada hunian harus menjadi perhatian utama. Pemilihan warna yang tepat akan menciptakan atmosfer tersendiri bagi ruang dalam rumah, tak terkecuali untuk area dapur.

Dapur adalah salah satu bagian hunian yang memiliki frekuensi aktivitas cukup sering karena digunakan sehari-hari. Bagi Anda yang memiliki area dapur dengan ukuran tak terlalu luas, permainan warna dapat menentukan kenyamanan dapur tersebut.

Salah dalam memilih warna cat dapat berakibat tampilan dapur mungil menjadi lebih sempit dan sumpek. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memilih warna cat untuk dapur mungil di rumah Anda.

Hindari Warna Gelap

Untuk dapur berukuran mungil, sebaiknya gunakan warna terang, seperti putih atau krem. Warna-warna terang akan membantu menciptakan ilusi luas pada ruang. Sebaliknya warna gelap akan membuat ruangan semakin terlihat sempit.

Warna terang mendatangkan kesan lapang.

Warna terang mendatangkan kesan lapang.

 

Sesuaikan dengan Tema Hunian

Tak ada salahnya menyesuaikan warna dapur dengan tema yang diusung hunian Anda, misalnya warna biru untuk tema nautical, warna putih untuk tema skandinavian, warna cokelat untuk tema klasik, dan sebagainya. Menyesuaikan warna dengan tema akan membuat ruang terlihat lebih harmonis sebagai satu kesatuan.

Sangat dianjurkan untuk mengikuti tema besar rumah.

Sangat dianjurkan untuk mengikuti tema besar rumah.

Warna Kabinet

Jika dapur Anda memiliki banyak cabinet atau lemari, sesuaikan warnanya dengan warna cat dinding. Jika dinding dapur menggunakan warna cerah, Anda dapat mengecat atau memilih kabinet dengan warna netral seperi putih, hitam, warna kayu, atau warna dengan tone yang lembut untuk dikombinasikan dengan warna dinding dapur.

Sebaliknya, jika warna dinding dapur putih, Anda dapat mengecat atau memilih cabinet dengan warna-warna cerah seperti biru, hitam, hijau, merah, kuning, dan lainnya.

Warna kabinet juga harus disesuaikan dengan tema warna dapur.

Warna kabinet juga harus disesuaikan dengan tema warna dapur.

Boleh Warna Mencolok

Perhatikan tata letak dapur mungil Anda. Jika area dapur Anda memiliki banyak bukaan, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna terang yang lebih berani, seperti merah, kuning, oranye.

Banyaknya bukaan pada area dapur akan membuat sinar matahari masuk ke dalam ruang sehingga aplikasi warna ini bisa lebih optimal menghadirkan nuansa berbeda, lebih ceria dan bersemangat. Area dapur bisa menjadi area yang menambah positif suasana hunian Anda.

Warna Langit-langit

Untuk langit-langit dapur disarankan selalu memilih warna dasar putih atau gradasi putih, seperti krem dan putty. Warna putih pada langit-langit akan membuat ruang dapur terasa lebih luas dan lebih terang sehingga membuat Anda terasa lebih nyaman beraktivitas di dapur.

Dapur terbuka saat ini menjadi solusi untuk hunian dengan lahan yang kecil. Sedang mencari rumah baru dengan ukuran kecil? Temukan pilihannya dengan harga mulai Rp300 jutaan di sini!

Apartemen Sentra Timur di Jakarta seharga Rp300 Jutaan, alternatif ketimbang tinggal di dalam gang sempit.

Apartemen Sentra Timur di Jakarta seharga Rp300 Jutaan, alternatif ketimbang tinggal di dalam gang sempit.

Foto: hgtv.com

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bingung Pilih Material Backsplash di Dapur? Simak Ini!

RumahCom - Area dapur rentan terhadap kotor, terutama bagian dinding yang seringkali terkena cipratan minyak (backsplash). Untuk menghindari hal ini, Anda dapat melapisi bagian dinding dapur menggunak

Lanjutkan membacaMei 10, 2017

Trik Bikin Dapur Terbuka Lebih Nyaman

RumahCom - Untuk mengatasi keterbatasan ruang, tak sedikit rumah minimalis yang menerapkan konsep dapur halaman. Artinya, dapur sengaja ditempatkan menyatu dengan halaman belakang. Keuntungannya, A

Lanjutkan membacaJuni 13, 2017

Cara Cerdas Menata Dapur Tanpa Kitchen Set

RumahCom - Dapur merupakan salah satu bagian hunian yang membutuhkan penataan khusus. Area ini rentan kotor dan relatif sering digunakan. Banyaknya peralatan masak sering membuat dapur terkesan ber

Lanjutkan membacaMei 19, 2017

Masukan