Roller sering dijadikan pilihan saat akan mengecat bidang lebar seperti dinding, papan, atau bidang lebar.

RumahCom – Hasil pengecatan yang baik tak hanya ditentukan oleh kualitas cat, tetapi juga tak terlepas dari peralatan yang digunakan. Roller sering dijadikan pilihan saat akan mengecat bidang lebar seperti dinding dan papan.

Namun, Anda harus tahu bahwa memilih roller cat pun tak bisa sembarangan. Banyaknya pilihan roller cat di pasaran kerap membuat bingung. Berikut kiat memilih roller agar hasil pengecatan memuaskan.

Pilih bahan

Sebelum membeli, cermati bahan brush roller cat. Perhatikan daya serap dan karakteristik pola yang dihasilkan bulu roller. Umumnya bahan roller polyster memiliki kualitas yang paling rendah dibandingkan bahan lain.

Bahan polister cenderung banyak memercikkan cat, seratnya pun mudah terlepas sehingga hasil pengecatan tidak maksimal. Sementara salah satu bahan terbaik yaitu roller bulu domba (wool). Bahan wool mampu menyerap cat lebih banyak dan jarang memninggalkan bekas atau percikan.

Sesuaikan Ukuran

Sesuaikan ukuran dan bahan dasar dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan.  Anda dapat memilih roller tipis, umumnya setebal1/4 inci, berbahan spons untuk menghasilkan cat glossy atau semi-gloss.

Jika ingin mengecat dinding bertekstur kasar atau beton ekspos, Anda dapat memilih roller setebal 1 inci.

(Simak juga: Kombinasi Warna Bikin Rumah Makin Cantik)

Jenis roller

Pilih jenis roller sesuai dengan permukaan yang akan dicat. Roller bergelombang untuk mengecat pilar bergelombang, roller bulat untuk mengecat bagian sudut dan permukaan yang sempit, roller kecil untuk mengecat permukaan yang kecil/sempit, roller busa untuk mengecat besi dan railing tangga, roller radiator untuk mengecat radiator atau bagian belakang toilet, dan roller motif untuk menghasilkan motif pada dinding.

Gagang roller

Hindari memilih pegangan roller yang menggunakan sekrup untuk menahan roller karena mudah rusak. Pilihlah roller gagang berupa roller tube dengan kaitan 3-5 batang kawat dari ujung ke ujung.

Batang-batang kawat ini dapat menahan roller dengan baik, mendukung putaran, dan membuatnya awet dipakai.

Mengecat rumah sendiri bisa membantu Anda menghemat pengeluaran dan menambah tabungan untuk membeli rumah baru yang lebih luas. Tertarik membeli rumah baru dengan tiga kamar tidur? Lihat pilihannya di sini dengan harga mulai Rp1 miliar.

City Garden Residence Bandung, menawarkan hunian dua lantai dengan harga mulai Rp1 miliaran.

City Garden Residence Bandung, menawarkan hunian dua lantai dengan harga mulai Rp1 miliaran.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR