Jaga Kesehatan Rumah Setelah Acara keluarga

Boy LeonardJuli 12, 2017

Agar rumah tetap bersih, berikut hal yang harus Anda lakukan usai mengadakan acara keluarga.

RumahCom – Saat hari raya atau hari libur lainnya, ada saatnya rumah Anda kedatangan tamu yang tak berkesudahan. Tentunya Anda senang karena bisa bertemu kembali dengan seluruh anggota keluarga yang mungkin jarang Anda temui.

Namun, mengingat yang datang beragam, tentunya Anda tak bisa memastikan mereka semua dalam kondisi sehat. Selain itu, banyaknya piring kotor, sisa makanan, bahkan barang yang dibawa oleh keluarga Anda berisiko menimbulkan gangguan kesehatan di rumah.

Agar rumah tetap bersih, berikut hal yang harus Anda lakukan usai pertemuan keluarga—termasuk jika rumah Anda menjadi lokasi penginapan.

Jangan tunggu piring menumpuk

Tak perlu menunggu piring dan gelas kotor menumpuk baru Anda mencucinya. Tentukan jumlah maksimalnya lalu segera bersihkan. Misal, Anda harus langsung mencuci piringnya jika sudah berjumlah sepuluh atau setiap kali satu keluarga selesai mengunjungi Anda.

Membiarkan cucian piring menumpuk akan membuat bakteri di sekitar bak cuci piring semakin banyak dan semakin berat beban cucian Anda.

Bersihkan karpet setiap sore

Jika hampir setiap hari Anda menerima tamu, pastikan ruang tamu dan ruang keluarga bersih dari debu setiap sore. Caranya, bersihkan karpet, susun kembali bantal kursi, lalu segera pel lantainya untuk mencegah sisa makanan dan minuman manis menempel lengket di permukaannya. Hal ini untuk mencegah masuknya kecoa dan semut akibat sisa makanan. Bila perlu, ganti bantal kursi dan taplak meja.

Bedakan peralatan makan untuk tamu

Gunakan peralatan makan yang berbeda untuk setiap tamu lalu segera bersihkan usai mereka menggunakannya. Anda tak akan tahu jika ada salah satu tamu yang tengah mengidap penyakit tertentu seperti flu.

Untuk jenis makanan yang berminyak, bilas setiap peralatan makan yang digunakan dengan air panas untuk mencegah lemak menempel.

(Simak juga: Ruang Tamu Terasa Sempit? Ini Rahasianya Agar Terasa Lega)

Rapikan kamar

Meski tamu mendapatkan perlakuan istimewa, misalnya mendapatkan kamar yang paling besar, tapi Anda harus memberikan peraturan untuk mereka. Misal, kamar harus dalam keadaan rapi ketika mereka meninggalkan kamarnya. Lalu, tidak ada pakaian yang berserakan.

Tawarkan jika mereka sebaiknya mencuci pakaian kotornya setiap hari agar kamar tidak terkontaminasi dengan debu dari pakaian mereka. Anda pun harus segera mengganti seprai dan membersihkan kamar kembali usai tamu yang menginap tersebut pulang.

Lepaskan sepatu di luar rumah

Biasakan setiap tamu untuk tetap melepaskan sepatunya di luar rumah. Jika ada yang meminta tetap mengenakan alas kaki, siapkan sandal khusus di dalam rumah yang bisa mereka gunakan.

Setelah para tamu pulang, sapu lokasi meletakkan sepatu hingga tak ada debu atau tanah di teras rumah Anda.

Rumah Anda terasa sesak saat lebaran tiba? Jika Anda tertarik untuk pindah ke rumah yang lebih besar, simak pilihannya dengan harga mulai Rp1 miliar di sini.

City Garden Residence Bandung menawarkan hunian dengan harga mulai Rp1 miliar.

City Garden Residence Bandung menawarkan hunian dengan harga mulai Rp1 miliar.

Foto: Freepik

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Menyimpan Kue Kering

RumahCom – Perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasanya juga dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak saudara maupun sahabat. Dan pada momen ini biasanya ku

Lanjutkan membacaJuni 22, 2017

Rumah Langsung Bersih Setelah Bukber

RumahCom - Rumah Anda tentu sering menjadi lokasi untuk berkumpul dengan teman dan keluarga besar. Mulai dari arisan, buka bersama, bahkan halalbihalal di hari raya pun diadakan di rumah Anda. Anda

Lanjutkan membacaJuni 22, 2017

Tips Sehat dan Bugar Setelah Libur Lebaran

RumahCom – Setelah Hari Raya, biasanya orang-orang akan memutuskan berlibur untuk menghabiskan jatah cuti lebaran. Destinasi yang dipilih pun beragam, ada yang memilih liburan ke negeri tetangga, ad

Lanjutkan membacaJuni 25, 2017

Masukan