Bikin Rumah Sejuk Tak Harus Boros Listrik. Ini Triknya!

Boy LeonardJuli 14, 2017

Anda bisa saja menciptakan suasana yang sejuk tanpa AC. Caranya mudah saja dengan beberapa langkah berikut.

RumahCom – Banyak orang melengkapi huniannya menggunakan AC (air conditioner) untuk menyejukan diri dari udara panas yang menyengat. Namun, penggunaan AC yang terus menerus tentu saja membuat boros pengeluaran.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa saja menciptakan suasana yang sejuk tanpa AC. Caranya mudah saja dengan beberapa langkah berikut.

Gunakan tirai pada jendela

Untuk menjaga kelembapan dan suhu udara, pastikan Anda menutup jendela di siang hari. Agar tidak terlalu menyengat panasnya, akali dengan memasang tirai. Gunakan tirai dengan warna yang menyejukkan  seperti hijau, biru, atau cokelat.

Buka tirai di malam hari

Saat musim panas, udara malam hari cenderung lebih rendah. Sebelum tidur Anda dapat membuka sejenak jendela untuk membiarkan udara dingin masuk ke dalam rumah dan kamar Anda.

Jangan lupa untuk menutup kembali jendela sebelum Anda tertidur. Untuk keamanan, pastikan jendela Anda sudah terpasan teralis.

Trik kipas angin

Jika udara sedang sangat panas, memutar kipas angin biasa tak akan cukup memberikan udara sejuk. Anda dapat menyiasatinya dengan cara sederhana, yaitu dengan menaruh semangkuk es batu di hadapan kipas angin. Suhu es batu yang dingin akan membantu menyejukkan udara. Udara akan sejuk meski tanpa AC.

Hindari penggunaan lampu pijar

Hindari menggunakan lampu pijar untuk penerangan di dalam rumah. Untuk diketahui, sebanyak 90 persen cahaya yang dihasilkan lampu pijar berasal dari energi panas yang dipancarkan. Hal ini secara tak langsung akan membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih panas.

Matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan

Selalu matikan komputer, lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya yang sedang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang aktif juga mengeluarkan suhu panas meski sedikit. Meminimalisasi penggunaan peralatan elektronik otomatis memangkas suhu panas dalam ruangan.

(Simak juga: Tips Hemat Listrik dari Peralatan Elektronik di Rumah)

Cat rumah dengan warna yang teduh

Gunakan warna-warna teduh, seperti hijau, biru, krem sebagai cat rumah Anda. Dan, hindari warna-warna mencolok. Warna-warna yang teduh akan membantu memberikan efek sejuk di dalam rumah.

Fokus pada suhu tubuh

Untuk membantu menyejukkan tubuh, Anda dapat menggunakan baju berbahan katun atau baju tipis yang menyerap keringat. Hal ini akan membantu menjaga suhu tubuh. Anda juga dapat menyejukkan suhu tubuh dengan sesekali meminum air dingin.

Rumah yang besar juga otomatis mendorong pemakaian listrik menjadi lebih besar pula. Bagi Anda yang sedang berniat membeli rumah pertama, sebaiknya sesuaikan luas ruangan dengan jumlah anggota.

Tertarik mencari rumah baru? Temukan rumah dengan dua kamar tidur dengan harga di bawah Rp350 juta di sini!

Bumi Indah City, menawarkan hunian di kisaran Rp350 jutaan di Tangerang.

Bumi Indah City, menawarkan hunian di kisaran Rp350 jutaan di Tangerang.

Foto: Wikipedia

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lakukan 7 Langkah Ini Sebelum Memasang AC

RumahCom - AC (air conditioner) atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian. Meskipun menyebabkan pembengkakan pemakaian listrik, tampaknya kenyamanan menghuni lebih di

Lanjutkan membacaFebruari 21, 2017

Agar AC Rumah Tahan Hingga 10 Tahun

RumahCom - AC (air conditioner) atau pendingin ruang kini menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian, apalagi di daerah tropis seperti Indonesia. Bukan tidak mungkin dalam satu rumah sebuah AC dinyal

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2017

Cara Efektif Cegah Tagihan Listrik Membengkak

RumahCom - Harus diakui, pengeluaran paling besar untuk biaya operasional rumah Anda adalah tagihan listrik. Apalagi jika di rumah Anda menggunakan lebih dari satu AC. Masalahnya Anda pun susah unt

Lanjutkan membacaMei 19, 2017

Masukan