Berapa Ongkos Pasang Surya Panel di Rumah?

Fathia AzkiaJuli 21, 2017

RumahCom – Tagihan listrik yang terus membengkak membuat kebanyakan orang khususnya ibu rumah tangga mencari siasat untuk membuatnya ‘sesuai kantong’. Berbagai cara pun dilakukan, misalnya seperti menghemat pemakaian barang elektronik di rumah.

Entah itu menerapkan pemakaian pendingin ruangan hanya di malam hari, mematikan seluruh lampu pada siang hari, hingga tidak memperbolehkan menyalakan setrika atau magic jar pada malam hari.

Baca juga: Catat, Peralatan Elektronik yang Bikin Listrik Boros!

Sayangnya, langkah tersebut disinyalir belum sepenuhnya mampu meminimalisir nominal pembelian pulsa listrik atau tagihan. Lantas, apa cara jitu yang bisa dilakukan?

Selayaknya Anda bisa mempertimbangkan pemakaian solar panel sebagai sumber tenaga listrik untuk rumah. Memang, harga pemasangannya relatif mahal namun keuntungan yang didapat akan terasa sampai bertahun-tahun lamanya.

Saat ini, pemasangan surya panel terbilang irit karena tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk memproduksi listrik. Umumnya, satu rumah dapat menyerap asupan energi panas matahari dengan panel surya berukutan kurang dari 10 meter persegi.

Berdasarkan pengertiannya, solar panel adalah alat yang bisa merubah sinar matahari menjadi listrik melalui aliran electron yang terdapat dalam solar cell. Hasil dari aliran tersebut akan dikonversikan menjadi listrik DC.

Selanjutnya listrik DC ini bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi atau bisa dirubah terlebih dulu ke listrik AC dengan alat inverter. Berikut komponen yang dibutuhkan untuk membuat surya panel di rumah;

  1. Panel surya/solar
  2. Module/PV
  3. Solar Charge Controller
  4. Battery/Accu
  5. Inverter DC to AC (digunakan untuk menghidupkan alat-alat yang tegangan inputnya 220V, seperti TV, radio, dan kulkas)

Dan secara garis besar berikut kelebihan solar panel dibandingkan tenaga listrik biasa:

  • Hemat biaya listrik sampai jangka panjang
  • Menurunkan emisi atau ketergantungan pada listrik dari batubara
  • Membantu mengurangi pemanasan global
  • Mudah dipasang dan digunakan

Ini biayanya…

Dihubungi Rumah.com, Hartadi selaku Business Development Manager dari produsen panel surya Adyasolar mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima cukup banyak pemasangan solar panel untuk hunian.

“Untuk pemasangan solar panel pada rumah kami menyebutnya Pembangkit Listrik Tenaga Listrik Atap On-Grid. Ini bisa jadi solusi tepat dalam menurunkan biaya tagihan listrik PLN, di mana pelanggan masih tetap berlangganan listrik PLN disamping menggunakan listrik hasil energi matahari. Terbesar untuk perumahan PLTS Rooftop kami memasang 15KW,” katanya.

biaya pasang solar panel

Ditanya mengenai apakah ada ketentuan khusus dalam pemakaian panel surya, Hartadi menyebut tidak ada kriteria sebab semua jenis genteng bisa diakomodir untuk pemasangan.

“Selain di atap atau sistem rooftop, bisa juga di halaman atau kebun. Asalkan sinar matahari bisa langsung mengenai solar panel. Untuk pemasangan sebaiknya dilakukan oleh orang yang mempunyai background listrik atau electric,” tutupnya.

Pilihan rumah dengan kriteria listrik 1300 VA, desain minimalis, serta harga kurang dari Rp500 juta bisa dengan mudah Anda temukan di Perumahan Baru.

tarif listrik rumah kontrakan

Terrascotta Residence, Bogor, rumah cluster dengan harga di bawah Rp500 Juta ini sudah dibekali listrik bertenaga 1300VA.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaa

minah amin
Mar 20, 2020
⁣Permisi Bapak dan Ibu yang budiman, Perkenalkan kami dari Freenergi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur produk pembangkit listrik. Freenergi menyediakan layanan jasa instalasi pemasangan panel surya atap untuk rumah, toko, mobil, kantor, pemancingan. Kunjungi website kami di https://www.freenergi.com ⁣-Layanan Jasa Instalasi Pasang Panel Surya Atap PLTS-Kontraktor Instalasi Lampu PJU Solar Cell Salam www.freenergi.com
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Paling Mudah Pangkas Tagihan Listrik

Menghemat penggunaan listrik tidak semata-mata untuk mengurangi tagihan listrik, melainkan juga turut andil dalam menjaga keseimbangan alam, terlebih meningkatnya isu pemanasan global. Ada banyak c

Lanjutkan membacaNovember 25, 2016

Pusing Listrik Naik, Pindah ke Panel Surya Saja

RumahCom – Isu kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali berhembus. Kabarnya, per Juli besok PLN akan mengenakan tarif baru untuk pelanggan golongan daya 900VA, yang sebelumnya sudah mengalami kena

Lanjutkan membacaJuni 15, 2017

Bikin Rumah Sejuk Tak Harus Boros Listrik. Ini Triknya!

RumahCom - Banyak orang melengkapi huniannya menggunakan AC (air conditioner) untuk menyejukan diri dari udara panas yang menyengat. Namun, penggunaan AC yang terus menerus tentu saja membuat boros pe

Lanjutkan membacaJuli 14, 2017

Tagihan Listrik Makin Mahal? Ini Caranya Agar Jadi Murah!

RumahCom – Belakangan ini banyak orang yang mengeluhkan tarif listrik yang terus melonjak setelah pemerintah mengurangi subsidi listrik di tahun ini. Hanya sekitar 23,15 juta pelanggan lisrik 450 VA

Lanjutkan membacaJuli 20, 2017

Pssst!... Ini Rahasia Agar Pulsa Listrik Anda Awet Sampai Akhir Bulan

RumahCom – Penyesuaian tarif listrik subsidi yang dilakukan oleh Pemerintah beberapa bulan terakhir ternyata memberi dampak yang cukup besar bagi sebagian masyarakat. Bukan hanya bagi yang menggunak

Lanjutkan membacaJuli 21, 2017

Masukan