Pemerintah Jamin Tidak Ada Kenaikan Listrik Lagi di 2017

Boy LeonardAgustus 4, 2017

RumahCom – Setelah mengalami tiga kali pencabutan subsidi listrik untuk golongan 900 watt, masyarakat Indonesia kini bisa lebih tenang. PLN menjamin tidak akan ada kenaikan listrik lagi setidaknya sepanjang sisa tahun 2017 ini.

PT PLN (Persero) telah sepakat untuk tidak akan menaikan ataupun menurunkan tarif listrik hingga akhir tahun sesuai dengan arahan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Sehingga PLN pun sudah menyiapkan strategi ataupun langkah-langkah untuk tetap menjaga agar harga listrik saat ini tetap stabil.

“Pertama bahwa kita sepakat tarif listrik hingga akhir tahun tidak naik dan tidak turun. Tapi, kalau misalnya langkah-langkah untuk menurunkan tarif listrik itu ada berbagai hal yang dilakukan,” ungkap Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Menurutnya, langkah pertama yang akan dilakukan oleh PLN adalah efisiensi dari sisi dalam. Caranya dengan mengurangi mengurangi potensi-potensi biaya yang muncul serta melakukan kombinasi energi bauran yang lebih baik.

“Energi bauran yang baik, artinya kan kita punya kapasitas maksimum sekarang daya mampunya itu sudah 53 ribu megawatt (mw) sementara beban puncaknya sekitar 35 ribuan. Nah, ini kan tentunya ada yang bisa diaktifkan dan ada yang bisa dimatikan. Artinya yang digunakan untuk menghidupi beban puncak yang ada di seluruh Indonesia ini, kalau bisa diupayakan dengan pembangkit dengan efisiensi yang tinggi,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan contohnya nanti akan mengurangi penggunaan diesel-diesel yang ada di daerah Jawa. Sehingga nantinya cukup menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Karena kan harga solar lebih mahal. Solar itu cukup untuk melistriki daerah-daerah terdepan, isolated, begitu,” jelasnya.

(Simak juga: Simple, Cara Ini Bikin Hemat Tagihan Listrik)

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh PLN adalah melakukan peralihan pembangkit tenaga listrik yang ada di daerah-daerah. Seperti, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang ada di daerah-daerah diganti dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

“Sekarang kan ada pembangunan jaringan transmisi di Sumatera. Ada 19 ribu KMS di Sumatera. Nah ini nanti akan melewati daerah-daerah yang sebelumnya secara lokal dilistriki melalui PLTD yang dulu dibangun. Nah begitu dengan adanya listrik dari transmisi itu PLTD itu dimatikan saja. Kan, banyak yang kontrak, kontraknya distop,” tuturnya.

Lanjut Made, sehingga nantinya Indonesia menggunakan pembangkit-pembangkit di daerah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, menggunakan PLTG saja. Sehingga daerah yang dilewati itu cukup membangun gardu induk, lalu membagi jaringan transmisi Tegangan Tinggi, Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah.

“Jadi daerah itu didistribusi dengan membangun jaringan,” tukasnya.

Rumah yang besar juga otomatis mendorong pemakaian listrik menjadi lebih besar pula. Bagi Anda yang sedang berniat membeli rumah pertama, sebaiknya sesuaikan luas ruangan dengan jumlah anggota.

Tertarik mencari rumah baru? Temukan rumah dengan dua kamar tidur dengan harga di bawah Rp350 juta di sini!

The Orchard Residence, menawarkan hunian seharga Rp350 jutaan di Tangerang.

The Orchard Residence, menawarkan hunian seharga Rp350 jutaan di Tangerang.

Agregasi Okezone

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Panduan Mudah Memasang Listrik Secara Online

RumahCom – Siapa bilang mendaftar pemasangan listrik berlangganan sulit? Dengan sistem online yang diterapkan PT PLN (Persero), mendaftar pemasangan listrik pun jadi mudah. Baca juga: Kini juga b

Lanjutkan membacaJuli 2, 2014

Tips Agar Peralatan Rumah Hemat Listrik

RumahCom – Penggunaan peralatan rumah tangga seperti lampu, kulkas, TV, dan AC kerap dituding sebagai biang keladi naiknya tagihan listrik di rumah. Namun sebenarnya hemat-tidaknya pemakaian list

Lanjutkan membacaApril 29, 2015

Pusing Listrik Naik, Pindah ke Panel Surya Saja

RumahCom – Isu kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali berhembus. Kabarnya, per Juli besok PLN akan mengenakan tarif baru untuk pelanggan golongan daya 900VA, yang sebelumnya sudah mengalami kena

Lanjutkan membacaJuni 15, 2017

Bikin Rumah Sejuk Tak Harus Boros Listrik. Ini Triknya!

RumahCom - Banyak orang melengkapi huniannya menggunakan AC (air conditioner) untuk menyejukan diri dari udara panas yang menyengat. Namun, penggunaan AC yang terus menerus tentu saja membuat boros pe

Lanjutkan membacaJuli 14, 2017

Berapa Ongkos Pasang Surya Panel di Rumah?

RumahCom – Tagihan listrik yang terus membengkak membuat kebanyakan orang khususnya ibu rumah tangga mencari siasat untuk membuatnya ‘sesuai kantong’. Berbagai cara pun dilakukan, misalnya seper

Lanjutkan membacaJuli 21, 2017

Masukan