Kredit Konstruksi BTN Capai Rp23,5 Triliun

Fathia AzkiaAgustus 8, 2017

Detail developer bangun rumah - FOxnews

RumahCom – Dalam mendorong laju pengucuran KPR, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. berharap para pengembang mampu mengoptimalkan fasilitas kredit konstruksi sebagai sumber pendanaan proyek.

Menurut catatan, pertumbuhan kredit konstruksi Bank BTN per Juni 2017 tumbuh 18,20% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sejalan dengan target penyerapan KPR yang terus meningkat, tahun ini BTN memasang target penyaluran kredit konstruksi yang diperuntukkan ke pengembang perumahan sebesar Rp25 triliun.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar Rp21,9 triliun. Per Juni 2017, kredit konstruksi yang sudah disalurkan Bank BTN tumbuh sekitar 18,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau senilai Rp23,5 triliun.

Angka tersebut ekuivalen dengan 263.999 unit rumah. Pencapaian tersebut seiring dengan target Bank BTN mengucurkan KPR untuk 666.000 unit rumah pada tahun 2017.

“Para pengembang yang menjadi mitra setia Bank BTN diharapkan mampu berkontribusi lebih besar dalam mencapai target KPR Bank BTN,” kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono, dalam acara Developer Gathering di Jakarta (8/8).

Baca juga: Trik Dapatkan Kredit Rumah dari BTN

Untuk memotivasi para pengembang memanfaatkan kredit kontruksi dan mendorong penyaluran KPR, sejumlah strategi disusun BTN. Diantaranya peningkatan penetrasi pasar dan digital marketing.

Bagi para pengembang, BTN memberi kredit pemilikan lahan dengan sejumlah keistimewaan yakni nilai kredit tidak dibatasi tapi sesuai dengan kelayakan harga jual lahan. Keistimewaan lain ialah plafon kredit 70% dari total pembelian lahan dengan maksimal lahan seluas 20 Ha.

Penetrasi pasar juga diwujudkan dalam join marketing, misalnya dengan memberikan subsidi bunga yang terjangkau bagi nasabah. “Dengan melakukan kerjasama promosi, akhirnya yang diuntungkan adalah konsumen karena biaya dan bunga menjadi lebih terjangkau,” kata Maryono.

(Lihat juga: Pilihan Rumah Rp400 Jutaan Bagi Peserta BPJS-TK)

Kembangkan Portal Properti

Masih dalam rangka peningkatan penyerapan KPR, Bank BTN turut mengoptimalkan pemasaran lewat layanan digital www.btnproperti.co.id.

Melalui situs tersebut, para pengembang bisa memperluas pemasaran mereka lewat jalur online di samping metode tradisional seperti pameran. Tercatat, sebanyak 357 pengembang sudah bergabung di portal ini.

Angka ini masih sedikit dibandingkan jumlah pengembang yang bermitra dengan BTN yang mencapai lebih dari 3.500 pengembang. Padahal situs yang mempertemukan nasabah dengan pengembang ini, relatif sukses menggaet jumlah debitur KPR.

Sejak Januari hingga Juli 2017, jumlah aplikasi KPR online untuk KPR konvensional yang masuk rata-rata 835 aplikasi per bulan. Sementara total nilai KPR di 7 bulan pertama 2017 tersebut mencapai Rp316 miliar.

Performa pencairan KPR konvensional lewat jalur digital terus menanjak sejak dirilis tahun 2015. Ketika diluncurkan, KPR online yang berhasil dicairkan hanya Rp 155,7 miliar kemudian pada tahun 2016 naik menjadi Rp 241,6 miliar, dan pertengahan tahun ini sudah mencapai Rp 316 miliar.

“Tren aplikasi KPR online terus meningkat ini berarti masyarakat maupun pengembang menilai aplikasi ini lebih efisien dan mudah,” ujarnya.

Selain kanal digital marketing milik sendiri, Bank BTN juga memanfaatkan situs lain terkait dengan jual beli properti.

Tertarik cari rumah lewat online? Klik rumah.com/perumahan-baru dan temukan pilihan properti dengan harga mulai Rp300 jutaan.

rumah 500 juta di bekasi

Rumah minimalis di Bekasi seharga Rp500 juta ini bisa dibeli dengan sistem KPR.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

KMP dari Bank BTN Mudahkan Freelancer Beli Rumah

RumahCom – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Bank Tabungan Negara (BTN) untuk segera meluncurkan Kredit Mikro Perumahan bagi masyarakat yang bekerja di se

Lanjutkan membacaFebruari 14, 2017

Begini Cara Cepat Lunasi KPR

RumahCom – Ada beberapa orang yang perlu waktu hingga berbulan-bulan lamanya hanya demi sebuah keputusan "membeli rumah dengan cara mencicil". Hal ini tentu tidak bisa disalahkan sepenuhnya, pasaln

Lanjutkan membacaMei 30, 2017

Mau KPR dari BPJS-TK Disetujui? Ini Caranya!

RumahCom – Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebagian orang masih belum berani mencicil rumah. Pertama, harga rumah yang dinilai terlalu tinggi. Kedua, sulitnya menabung uang muka (DP). Atau keti

Lanjutkan membacaJuni 12, 2017

Ini Untungnya Beli Rumah Pakai KPR

RumahCom - Cara pembayaran dalam jual-beli rumah kerap menjadi perdebatan. Beberapa orang memilih cara pembayaran tunai karena cicilan dianggap merugikan. Benarkah demikian?Berbeda dengan pembayaran s

Lanjutkan membacaJuli 3, 2017

BTN Klaim Salurkan Kredit untuk 1,44 Juta Rumah

RumahCom – Memasuki semester kedua tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. tetap konsisten mempertahankan targetnya dalam Program Sejuta Rumah yang diusung Pemerintah sejak bulan April 20

Lanjutkan membacaJuli 18, 2017

Masukan