Tips Menata Dapur Anti Sumpek

Boy LeonardAgustus 14, 2017

Masalahnya, memasak butuh peralatan yang tak sedikit sehingga tak jarang dapur pun menjadi sumpek.

RumahCom – Dengan banyaknya tutorial memasak yang beredar di internet, belajar memasak pun menjadi lebih mudah. Bagi keluarga muda, terutama para istri, memasak sendiri menu baru menjadi sebuah ‘prestasi kecil’ yang cukup membanggakan.

Memasak sendiri menu baru, apalagi kalau anak dan suami menyukainya, menghadirkan rasa puas dan bangga. Masalahnya, memasak butuh peralatan yang tak sedikit sehingga tak jarang dapur pun menjadi sumpek. Kalau sudah begini, keinginan untuk belajar menu baru pun urung.

Agar hal itu tak terjadi, simak tips menata dan menyimpan peralatan dapur seperti berikut ini:

Miliki meja simpan

Meja ini memiliki roda di bagian bawahnya sehingga dapat dipindahkan atau disimpan ke ruangan lain jika dapur sudah tak muat lagi. Di bagian dalam lemari Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan peralatan makan, lap untuk keperluan dapur, hingga beberapa makanan kemasan.

menata peralata dapur-meja simpan

Gantungkan

Bila dinding dapur masih kosong, gunakan dinding tersebut untuk menggantungkan panci, wajan, dan peralatan lainnya yang memiliki gagang. Cara ini jauh lebih menghemat tempat dibandingkan menyimpannya dalam satu laci.

Lagipula Anda akan mudah meraihnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan—minimal untuk memasak mi instan, kan.

menata peralatan dapur-gantungkan

Gunakan celah kosong

Bila masih ada celah, misalnya antara kulkas dengan lemari atau kitchen set, isi celah tersebut dengan rak geser. Anda bisa membuatnya sendiri dengan ditambahkan roda di bagian bawah sehingga Anda cukup menariknya keluar saat akan mengambil barang yang disimpan di dalam rak.

menata peralatan dapur-gunakan sisi kosong

(Simak juga: 5 Trik Bikin Dapur Sempit Terlihat Mewah)

Simpan di atas

Bagian bawah kitchen set bisa digunakan untuk menggantungkan stoples seperti ini. Gunakan lem atau sekrup untuk menahan tutup stoples. Pastikan sekrup atau lemnya cukup kuat dan jangan mengisi stoples dengan barang yang berat.

menata peralatan dapur-simpan di atas

Rak dinding

Dinding dapur dapat ditambahkan rak besar dan panjang untuk meletakkan seluruh peralatan memasak. Simpanlah berurutan berdasarkan peralatan yang paling sering digunakan di bagian terbawah hingga yang hanya digunakan beberapa bulan sekali di bagian atas.

menata peralatan dapur-rak dinding

Dapur kecil bukan halangan untuk belajar memasak. Tertarik mencari rumah berukuran kecil dengan harga terjangkau? Lihat pilihannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Neo Bumi Citra Lestari, menawarkan hunian di bawah Rp500 juta di Sawangan, Depok.

Neo Bumi Citra Lestari, menawarkan hunian di bawah Rp500 juta di Sawangan, Depok.

Foto: hgtv

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Memilih Kitchen Set untuk Rumah Mungil

RumahCom - Meski rumah modern kini mayorita smemiliki lahan yang terbatas, bukan berarti Anda akan membiarkan dapur Anda terbuka tanpa perabotan begitu saja. Minimal Anda memiliki kitchen set untuk me

Lanjutkan membacaApril 28, 2017

Dapur Sempit Terasa Luas Lewat Permainan Cat

RumahCom - Warna dapat memengaruhi mood seseorang. Tak heran kalau pemilihan warna pada hunian harus menjadi perhatian utama. Pemilihan warna yang tepat akan menciptakan atmosfer tersendiri bagi ruang

Lanjutkan membacaJuni 23, 2017

20 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur Anda!

RumahCom – Di dapur tentunya banyak tersimpan bermacam-macam peralatan atau barang-barang untuk keperluan memasak. Sebut saja mulai dari peralatan masak seperti panci, wajan, aneka macam bahan makan

Lanjutkan membacaJuli 22, 2017

Masukan