30% Mahasiswa di Depok Beli Apartemen Secara Cash

Fathia AzkiaAgustus 18, 2017

RumahCom – Pertumbuhan hunian vertikal di kawasan Depok masih dinamis. Ini lantaran ceruk pasarnya sendiri masih mumpuni, sebut saja yang terbesar merupakan kalangan mahasiswa yang akan maupun tengah menempuh studi di sejumlah kampus favorit di sana.

Berdasarkan data Rumah.com Property Index, median harga apartemen kisaran Rp350 juta – Rp600 juta di kawasan Depok, Jawa Barat, pada kuartal II (Q2) 2017 mencapai Rp17,74 juta per meter persegi, menurun dibandingkan Rp18 juta atau -1,46% pada Q1 2017.

Penurunan yang terjadi tahun ini, menurut Country Manager Rumah.com, Wasudewan, berbanding terbalik dengan tren harga apartemen di Depok yang cenderung meningkat pada semester pertama, lalu menurun namun tidak signifikan di semester berikutnya.

Baca juga: Ekonomi Membaik, Pengembang Apartemen Optimistis

“Tahun 2016 lalu, pada Q1 dan Q2 median harga mampu menembus masing-masing 17,88 juta dan 18,71 per meter persegi. Lalu di kuartal selanjutnya menurun tipis sebesar -0,10%. Tapi kita berharap di semester dua tahun ini akan ada perbaikan dari segi harga,” kataya.

Sementara itu Happy Murdianto selaku Corporate GM Sales & Marketing PT Adhi Persada Properti (APP) mengatakan bahwa kondisi penjualan apartemen di Depok seperti Grand Taman Melati Margonda 2 terpantau masih laris, terutama di bulan Juni –  Juli.

“Bulan tersebut merupakan waktu di mana para orang tua yang anaknya diterima di Universitas Indonesia, mulai mencari hunian untuk tempat tinggal anaknya. Selain kos-kosan, mereka sekarang justru lebih memilih apartemen. Dan yang mengejutkan, 30% para orang tua ini belinya secara tunai keras,” katanya.

Sisanya, para orang tua mahasiswa membeli apartemen dengan metode Kredit Pemilikan Apartemen maupun cicilan lunak (soft cash) dengan tenggat waktu 12 atau 24 bulan. Sedangkan alasan memilih membeli apartemen secara cash, lanjut Happy, adalah karena para orang tua tersebut sudah menyiapkan bujetnya sejak awal tahun.

“Rata-rata, bujet yang mereka siapkan sebenarnya untuk si anak kuliah di luar negeri. Tapi karena merasa senang karena diterima di UI, jadilah bujet yang ada dialihkan untuk beli apartemen di Depok,” tukasnya.

Lihat juga: Lima Apartemen Keren Pilihan Mahasiswa UI

Sebagai bukti larisnya penjualan apartemen di Grand Taman Melati Margonda 2, ia mengungkapkan pada tahun 2016 lalu, unit apartemen di tower kedua diklaim habis dalam kurun waktu satu tahun saja. “Sementara di tower ketiga sekarang sudah terjual sekitar 35% dari total apartemen sebanyak 939 unit,” kata Happy.

Dari sisi investasi, ia mengatakan bahwa apartemen di kawasan Depok khususnya di koridor Margonda memang cukup potensial. Menurutnya, harga sewa apartemen tipe studio saat ini dipasarkan kisaran Rp5 juta. “Sementara kenaikan harganya bisa mencapai 12% per tahun,” tutupnya.

Tertarik berinvestasi apartemen baru di Kota Depok? Klik Perumahan Baru dan temukan pilihan apartemen mulai harga Rp300 Jutaan.

apartemen bintaro

Salah satu apartemen di Bintaro ini dipasarkan mulai Rp300 jutaan.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

RSUI Dongkrak Bisnis Apartemen Sewa di Depok

RumahCom – Kehadiran Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) diproyeksikan bakal menggairahkan bisnis apartemen sewa di Depok, Jawa Barat. RSUI sendiri ditargetkan beroperasi awal tahun 2018. "

Lanjutkan membacaMaret 29, 2017

Kumpulan Apartemen yang Bisa Dicicil Pakai BPJS-TK

RumahCom – Kabar gembira datang untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah satu tahun mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT). Pasalnya, mereka yang selama ini kesulitan dalam mengakses pembiaya

Lanjutkan membacaApril 11, 2017

Apartemen Depok Layak Dibidik Kaum Muda

RumahCom – Konsultan marketing properti Coldwell Banker Property Connections (Residensial) menilai situasi pasar properti di Depok tengah seksi, terutama untuk proyek hunian yang lokasinya dekat d

Lanjutkan membacaApril 13, 2017

Lahan Menipis, Properti Depok Siap Tumbuh ke Atas

RumahCom – Kota Depok dinilai sudah sangat membutuhkan hunian vertikal mengingat keterbatasan dan kian mahalnya harga lahan yang nyaris merata. Di sisi lain, dukungan infrastruktur transportasi dan

Lanjutkan membacaApril 26, 2017

Harga Apartemen Depok Capai Rp16 Juta/m2

RumahCom – Sejak dua tahun silam, koridor Margonda, Depok, terus digempur pembangunan hunian vertikal alias apartemen. Apalagi sejak Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok menyebut Depok berada d

Lanjutkan membacaMei 2, 2017

Masukan