Pasar Sewa Bagus, Apartemen di Karawaci Laris Manis

Fathia AzkiaAgustus 22, 2017

RumahCom – Berubahnya tren pada bisnis hunian bagi ekspatriat, membuat area penyangga Jakarta seperti Karawaci, Tangerang kini dibidik sebagai lokasi hunian alternatif.

Jika sebelumnya para ekspatriat cenderung menyukai hunian yang berbentuk rumah, sehingga pilihan jatuh ke Jakarta Selatan, maka ketika Karawaci menjadi second options, jelas hunian yang dituju adalah jenis apartemen atau kondominium.

Dalam analisa yang dipaparkan oleh Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Collier International Indonesia pada awal tahun lalu, terpilihnya Karawaci lantaran harga sewa yang masih kompetitif, serta dekat dengan lokasi tempat mereka bekerja.

Dan jelas, ekspatriat yang mendominasi kawasan ini bukan berasal dari negara Eropa melainkan pekerja asing asal Asia.

“Oleh karenanya, mereka lebih menyukai area pinggiran seperti Lippo Karawaci maupun Bumi Serpong Damai (BSD). Kedua lokasi ini memang punya potensi yang sangat bagus sebagai pilihan kedua setelah wilayah Jakarta Selatan,” tukasnya.

Menurut Rumah.com Property Index, median harga apartemen dengan rentang harga Rp600 juta – Rp800 juta di wilayah Tangerang termasuk Karawaci terpantau dinamis sejak kuartal IV (Q4) 2016.

“Yang mengejutkan, pada Q2 2017 terjadi kenaikan harga sebesar 1,99% dari sebelumnya Rp20 juta per meter persegi di Q1 2017, terkoreksi menjadi Rp20,40 juta,” ujar Country Manager Rumah.com, Wasudewan.

Tangerang, yang termasuk dalam kategori emerging city alias kota berkembang bersamaan dengan kota satelit lainnya, seperti Bogor, Depok dan Bekasi, memiliki lima karakteristik kesamaan yakni kinerja ekonomi dalam kota yang berubah secara signifikan dalam 5-10 tahun terakhir.

(Lihat juga: Apartemen Rp300 Jutaan di Tangerang)

Pasar properti berkembang cukup agresif dalam mengakomodasi pertumbuhan sektor bisnis, industri, dan pariwisata. Sektor hotel dan ritel telah berkembang secara signifikan baik dari sisi jumlah maupun kualitas pengembangan.

Sedangkan sektor apartemen mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejumlah pengembangan real estat skala besar telah berkembang terlebih dahulu dalam kota penyangga tersebut, termasuk Karawaci yang makin bergairah.

Baca juga: ‘Ngopi Bareng’, Rumah.com dan Pengembang Bahas Properti Tangerang

Harga Sewa Mumpuni

Kepada Rumah.com, General Manager Sales & Marketing U-Residence, Machjani Safrudin mengatakan, pasar sewa apartemen di Karawaci terbilang positif dengan harga pasaran yang cukup tinggi.

“Apartemen tipe studio seluas 30 m2 di U-Residence disewakan kisaran Rp40 juta – Rp50 juta per tahun, atau sekitar Rp3,4 juta per bulan, tergantung dari kelengkapan perabot di dalamnya. Profil penyewanya kebanyakan berasal dari ekspatriat dan mahasiswa,” ungkapnya.

U-Residence sendiri merupakan apartemen besutan PT Supermal Karawaci yang letaknya hanya 550 meter dengan Universitas Pelita Harapan. Proyek hunian vertikal ini baru saja melakukan topping off (tutup atap) dua gedung apartemen sekaligus, yakni Tower 3 dan Tower 5 (SOHO Bizlofts) U-Residence.

Saat ini U-Residence telah memiliki dua tower apartemen (tower 1 dan 2), dengan pilihan tipe unit studio, 1 kamar tidur, 2 kamar tidur dan penthouse garden. “Semua unit yang kami tawarkan pada Tower 1 dan 2 sudah habis terjual,” paparnya.

Sementara itu, Machjani juga mengaku, “Respon masyarakat terhadap unit-unit apartemen yang ditawarkan di tower kelima kami terbilang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat penjualan yang sudah mencapai 93% dari total unit yang tersedia,” ia mengakhiri.

Melihat adanya tren pasar apartemen yang positif, apakah Anda tertarik punya apartemen di Tangerang? Simak pilihan apartemennya dengan harga mulai Rp300 juta di sini.

Padina Soho and Residence merupakan apartemen baru di Tangerang yang dijual seharga Rp400 jutaan.

Salah satu apartemen baru di Tangerang ini dijual seharga Rp400 jutaan.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Harga Apartemen Tangerang Selatan Tumbuh 2,13%

RumahCom – Setelah sempat turun -0,10% pada kuartal I (Q1) 2017, Rumah.com Property Index mencatat adanya kenaikan harga sebesar 2,13% pada apartemen rentang Rp600 juta – Rp1,5 miliar di Tangerang

Lanjutkan membacaJuni 2, 2017

Tren Harga Apartemen Mewah di Tangerang Menurun

RumahCom – Berbanding terbalik dengan kondisi pangsa hunian vertikal di tetangganya yakni Tangerang Selatan, harga apartemen rentang Rp800 juta – Rp1 miliar di wilayah Tangerang tercatat menurun m

Lanjutkan membacaJuni 16, 2017

Antusiasme Pengembang Simak Kondisi Pasar Properti

RumahCom – Sebanyak 50 orang dari berbagai kalangan seperti pengembang real estat, produsen bahan bangunan, dan penyedia jasa pindah rumah, menghadiri acara Coffee Talk ketiga yang digelar Rumah.com

Lanjutkan membacaJuli 31, 2017

Sewa Bagus, Apartemen di Alam Sutera Diburu Investor

RumahCom – Bersaing dengan kawasan terpadu lain di wilayah Jabodetabek, Alam Sutera hingga kini terus berbenah diri. Jika dulunya masyarakat mengenal kawasan ini sebagai pusat bisnis dan hunian te

Lanjutkan membacaJuli 17, 2018

Ekonomi Membaik, Pengembang Apartemen Optimistis

RumahCom – Pulihnya pasar properti secara nasional mulai terlihat di sepanjang kuartal II (Q2) 2017. Berdasarkan catatan Rumah.com Property Index, harga properti residensial berada pada titik 103 da

Lanjutkan membacaAgustus 16, 2017

Masukan