Batas Penghasilan MBR Naik, Banyak Orang Bisa Dapat Rumah Subsidi

Boy LeonardAgustus 27, 2017

2 Segmen Properti Ini Merosot Akibat Pandemi

RumahCom – Pemerintah terus berusaha agar golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat memiliki rumah. Salah satunya dengan cara menaikkan batas penghasilan maksimum.

Pemerintah berencana mengubah aturan mengenai kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk meningkatkan serapan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi. Pasalnya MBR merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan rumah subsidi.

Direktur Perencanaan Pembiayaan Perumahan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan salah satu yang akan diubah adalah syarat minimum penghasilan untuk memiliki rumah subsidi. Syarat MBR yang semula berpenghasilan maksimum Rp4 juta akan dinaikkan menjadi Rp4,5 juta.

“Jadi kalau MBR bisa jadi, ini contoh saja banyak yang minta MBR angkanya dinaikkan, sekarang Rp4 juta, diharapkan menjadi lebih. Karena ketentuan PTKP itu sudah Rp4,5 juta jadi itu akan dinaikan kira-kita seperti itu,” ujarnya.

(Simak juga: Panduan Ajukan KPR Rumah Subsidi)

Selain itu lanjut Eko, pihaknya juga akan mengubah batas maksimal harga jual rumah subsidi sesuai regional daerahnya. Pihaknya juga akan memberikan harga khusus rumah subsidi kepada daerah-daerah metropolitan, yang mana harganya akan jauh lebih murah dibandingkan daerah lainnya.

“Kemudian region akan diatur kembali, kemungkinan besar ya, nanti metropolitan mendapat harga khusus. Karena selama ini metropolitan yang dapat harga rumah khusus hanya Jabodetabek, sementara metropolitan itu ada banyak seperti Surabaya, Makasar, Denpasar dan seterusnya, jadi itu barang kali supaya lebih fleksibel,” jelasnya.

Menurut Eko, peraturan ini diharapkan bisa rampung dan diterapkan sebelum akhir tahun. Saat ini pembahasan mengenai aturan tersebut sedang dalam tahap mematangkan dan uji publik.

“Kita sedang godok matangkan, kita uji publik, kita berharap tahun ini bisa keluar. Tapi kita belum bisa mendahului itu,” jelasnya.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah murah, simak pilihannya dengan harga di bawah Rp200 juta di sini!

Agregasi Okezone

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sekarang, Tukang Ojek Bisa Cicil Rumah

RumahCom - Sistem pemberian bantuan perumahan untuk kalangan pekerja sektor informal terus diupayakan. Salah satunya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK). Badan Peny

Lanjutkan membacaMaret 4, 2017

Kabar Gembira, Gaji 7 Juta Bakal Dapat Subsidi Rumah

RumahCom - Secercah harapan muncul bagi masyarakat kelas menengah yang sedang bermimpi untuk memiliki rumah. Pemerintah berencana meningkatkan syarat batas penghasilan untuk mendapatkan subsidi rumah.

Lanjutkan membacaJuni 22, 2017

5 Tips Membeli Rumah di Kompleks Perumahan

RumahCom - Membeli rumah di kompleks perumahan bisa menjadi langkah praktis untuk Anda dalam memilih hunian.Anda tak perlu lagi repot mempertimbangkan bermacam hal karena umumnya perumahan di kompleks

Lanjutkan membacaJuli 27, 2017

Masukan