Jurus Cegah Ular Masuk ke Dalam Rumah

Fathia AzkiaAgustus 30, 2017

RumahCom – Jika area tempat tinggal Anda tak jauh dari rawa-rawa, kebun yang rimbun atau adanya rumah yang terbengkalai (kosong), maka rumah Anda cukup potensial dijadikan sasaran ular untuk bersembunyi bahkan bersarang.

Hewan melata ini termasuk pintar mencari tempat sebagai rumah tinggalnya. Melihat area yang gelap dan rimbun, ular akan memilihnya menjadi tempat bersemayam.

Agar ular tidak menjadikan rumah Anda sebagai lokasi tempat tinggal berikutnya, lakukan cara ini untuk mencegahnya masuk ke rumah.

Tutup saluran air

Selalu tutup saluran air atau saluran apa pun yang berupa lubang dengan kawat. Tak hanya mencegah ular masuk ke dalam saluran ini, kawat juga mencegah tikus masuk ke dalam saluran air.

Ganti kawat atau penutup saluran setiap bulan atau saat Anda melihatnya tak lagi kuat untuk menampung derasnya air.

Pangkas tanaman di rumah Anda

Jangan membiarkan tanaman di rumah Anda—terutama tanaman rambat—sangat rimbun. Pastikan untuk tetap membuat sinar matahari masuk dan menyinari setiap sela tanaman. Lalu, pangkas tanaman di pojokan rumah sehingga tak ada semak belukar. Area semak ini selalu disukai ular.

Baca juga: 5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah

Hindari pohon besar

Jika memang pohon di rumah Anda sudah terlalu besar dan dahannya menyentuh rumah, segera potong dahan tersebut atau tebang pohonnya.

Pohon juga menjadi tempat yang dicari ular, terutama pohon yang berdaun lebat. Pilih pohon mungil yang berdaun jarang seperti ketapang kencana atau kamboja yang lebih aman.

Tambahkan ijuk

Bila belum yakin dengan menutup saluran, tambahkan ijuk pada saluran air atau saluran lainnya yang menghubungan rumah dengan lingkungan luar. Tajamnya ijuk cenderung dihindari ular karena menyebabkan permukaan tubuhnya menjadi tidak nyaman.

Buatlah rumah selalu harum

Ular tidak menyukai kondisi rumah yang bersih dan berbau menyengat, terutama jika aromanya sangat wangi. Selalu bersihkan rumah Anda, jangan biarkan ada barang yang menumpuk terutama di pojokan carport.

Pel rumah dengan karbol wangi lalu pel kembali dengan cairan pembersih lantai yang beraroma lembut.

Ular muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunannya saha. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Jarang Disadari, 6 Hal Ini yang Bikin Nyamuk Nakal Betah di Rumah

RumahCom. Nyamuk bukan serangga yang 'akrab' bagi masyarakat Indonesia, yang berada di iklim tropis. Baik musim panas maupun hujan, serangga penyebab gatal dan penyakit ini tak pernah berhenti mengg

Lanjutkan membacaOktober 29, 2015

7 Jurus Cegah Nyamuk Demam Berdarah di Rumah

RumahCom – Pemeliharaan rumah yang baik akan berdampak pada kesehatan penghuninya. Jika teledor mengelola sampah atau genangan air yang ada di sekitar rumah, rumah Anda bisa menjadi sarang nyamuk Ae

Lanjutkan membacaJuli 22, 2016

Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Pada Kecoak

RumahCom – Jika Anda menemukan seekor kecoa di kamar mandi, ada kemungkinan Anda akan menemukan kecoa lainnya di beberapa sudut rumah. Dan bagi yang punya trauma, suasana pun akan langsung terasa s

Lanjutkan membacaOktober 10, 2016

Tips Cegah Penularan Penyakit dari Hewan Peliharaan

RumahCom - Hewan peliharaan rentan menularkan penyakit kepada pemeliharanya. Tak jarang penyakit yang dapat ditularkan hewan peliharaan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Jangan takut dulu,bukan

Lanjutkan membacaMei 31, 2017

Punya Masalah dengan Bulu Hewan Peliharaan? Ini Solusinya!

RumahCom – Menurut sejumlah penelitian, merawat hewan peliharaan memang bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Namun di sisi lain, Anda juga haus telaten membersihkan bulu-bulu halus yang menempel

Lanjutkan membacaJuni 28, 2017

Masukan