Tips Menata Dapur Sempit agar Terasa Lega

Wahyu ArdiyantoAgustus 31, 2017

kesan sempit akan tetap terasa di dapur

RumahCom – Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang identik dengan kesan berantakan dan sempit. Pasalnya ruangan ini menjadi tempat beraktivitas seperti meracik makanan yang melibatkan bumbu dapur, minyak, dan asap yang membuatnya rentan kotor.

(Baca juga: 5 Trik agar Dapur Sempit Anda Terkesan Mewah)

Belum lagi jika Anda senang mengoleksi peralatan memasak yang beraneka ragam. Maka tak heran jika seluas apapun dapur Anda, kesan sempit akan tetap terasa. Padahal sebenarnya dengan penataan yang tepat Anda bisa memaksimalkan fungsi ruang dengan benar, loh!

Simak beberapa tips menata dapur yang mudah berikut ini.

1. Pilih material ringan dan berwarna cerah

dapur sempit pun bisa terkesan lebih luas.

Pilih warna warni cerah seperti hijau lemon atau oranye supaya dapur terlihat ceria.

Perabot yang bisa memantulkan cahaya secara baik seperti keramik, meja dapur berbahan marbel, dan peralatan masak stainless steel bisa membuat dapur sempit terkesan lebih luas. Pilih warna warni cerah seperti hijau lemon atau oranye supaya dapur terlihat ceria.

2. Sambut cahaya masuk

Dapur yang sehat tentu memiliki sirkulasi udara yang baik, terutama agar asap masakan bisa keluar dengan cepat. Manfaat lain yang tak kalah penting ialah dapur Anda bisa nampak cerah dari pantulan cahaya matahari. Jadi sebaiknya cukup beri tirai tipis pada jendela dapur dan nyalakan lampu apabila ruangan kurang terang.

3. Pilih rak kabinet dengan pintu kaca

lemari dan rak terlihat transparan.

Pilih rak dengan pintu kaca supaya bisa merefleksikan cahaya, memberi kesan rapi dan bersih dan tentunya mempermudah Anda mencari koleksi piring favorit.

Cara lain untuk membuat dapur kecil terkesan lega adalah dengan membiarkan lemari dan rak terlihat transparan. Pilih rak dengan pintu kaca supaya bisa merefleksikan cahaya, memberi kesan rapi dan bersih dan tentunya mempermudah Anda mencari koleksi piring favorit.

4. Gunakan skema warna yang kontras

Pemilihan warna yang tepat untuk dinding dapur, meja dapur, dan rak kabinet bisa membuat ruangan terkesan lebih luas, loh. Sebagai tips, coba pilih warna yang kontras untuk bagian atas ke tengah dan tengah ke bawah. Misalnya untuk warna rak kabinet gantung, dinding sampai wastafel dipoles warna cerah seperti putih.

Sementara untuk bagian meja dapur sampai dengan dinding ke bawah dipulas warna gelap seperti biru atau hitam. Perpindahan warna dari terang ke gelap ini bisa membuat ruangan terkesan luas.

5. Cat putih

pisahkan setiap perintilan dapur di laci atau rak kabinet

Kombinasikan perabot putih dengan aksesoris atau peralatan masak yang colorfull supaya dapur terlihat lebih ceria.

Warna putih adalah pilihan ideal untuk dapur sempit. Warna ini mampu merefleksikan cahaya secara maksimal dan membuat ruangan terkesan lapang. Ketika Anda memilih warna putih untuk rak kabinet, meja dapur, dinding dan langit-langit, maka Anda menciptakan ruangan yang steril dan luas.

Kombinasikan perabot putih dengan aksesoris atau peralatan masak yang colorfull supaya dapur terlihat lebih ceria.

6. Jaga tetap rapi

Meja dapur yang penuh dengan bumbu masak, set pisau, peralatan masak dan lain-lain bisa membuat dapur Anda langsung terlihat berantakan dan sempit. Sebaiknya, pisahkan setiap perintilan dapur di laci atau rak kabinet dengan rapi dan buat countertops selalu bersih dan kosong.

7. Bawa pandangan ke atas

Meletakkan benda hingga ke bagian paling tertinggi di ruangan bisa membuat mata kerap kali melihat ke atas. Dengan begitu dapur bisa terkesan lebih tinggi dan luas dari sebenarnya.

Contohnya letakkan benda atau peralatan masak yang jarang digunakan atau aksesoris seperti tanaman imitasi dan bingkai foto di atas kabinet gantung.

Memang dibutuhkan sedikit kreatifitas untuk menyiasati ruang yang sempit. Cek di sini juga untuk pilihan hunian dengan ruang makan yang penataannya keren dengan harga di bawah Rp1 miliar!

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Warna-Warna Dapur Ini Bikin Semangat Belajar Masak

RumahCom - Urusan menentukan desain kamar dan ruang keluarga biasanya Anda akan sangat detail. Tak hanya memerhatikan bentuk dekorasi ruangan, aksesori, dan furnitur yang digunakan, Anda juga sangat t

Lanjutkan membacaJuli 6, 2017

20 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur Anda!

RumahCom – Di dapur tentunya banyak tersimpan bermacam-macam peralatan atau barang-barang untuk keperluan memasak. Sebut saja mulai dari peralatan masak seperti panci, wajan, aneka macam bahan makan

Lanjutkan membacaJuli 22, 2017

Ingin Nilai Jual Rumah Anda Bagus? Jangan Keliru Mendesain Dapur!

RumahCom – Area dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam sebuah hunian. Sayangnya keberadaan dapur malah sering dianaktirikan oleh pemilik rumah sehingga dalam pembuatannya seringkali tidak

Lanjutkan membacaAgustus 9, 2017

Tips Menata Dapur Anti Sumpek

RumahCom - Dengan banyaknya tutorial memasak yang beredar di internet, belajar memasak pun menjadi lebih mudah. Bagi keluarga muda, terutama para istri, memasak sendiri menu baru menjadi sebuah 'prest

Lanjutkan membacaAgustus 14, 2017

Masukan