Yuk, Bercocok Tanam dalam Ruangan!

Fathia AzkiaSeptember 1, 2017

Sesuaikan tanaman dengan wadahnya, jangan menanam pohon yang besar dalam pot kecil.

RumahCom – Tinggal di apartemen tidak berarti Anda tak dapat berkebun atau memperindah hunian dengan tanaman. Pasalnya ada beberapa tanaman yang cukup toleran untuk diletakkan di dalam ruangan.

Dilansir dari beberapa sumber, ini dia daftar tanaman yang sangat cocok Anda tanam di dalam apartemen pribadi.

Aloe vera

tanaman dalam apartemen-aloe vera

Lidah buaya tak sepenuhnya membutuhkan air yang banyak. Memang sebaiknya aloe vera disiram setiap hari, namun tanaman ini akan lebih subur jika Anda membiarkan permukaan tanahnya kering atau tidak selalu basah.

Ini lantaran tanah yang terlalu basah akan membuat aloe vera cepat busuk. Agar lebih menawan, tambahkan sejumlah batu hias berwarna putih di permukaan tanah untuk mencegah air terciprat ke luar.

Baca juga: Pilah-pilih Tanaman dalam Ruang yang Pas Sesuai Feng Shui

Lili paskah

tanaman dalam apartemen-lili paskah

Jenis lili yang satu ini tidak selalu membutuhkan udara terbuka sebagai tempat tumbuhnya. Lili pun tak masalah jika Anda menyiramnya sekali dalam seminggu.

Bahkan lili dapat tumbuh dalam ruangan yang tak terlalu terang akibat sinar matahari, sehingga tanaman ini cocok diletakkan di kamar mandi atau ruang kerja.

Syaratnya, Anda cukup memberinya sinar matahari selama satu jam saat pagi hari—itu pun tak setiap hari, setiap 3 hari sudah cukup, kok.

Kaktus

tanaman dalam apartemen-kaktus

Bukan rahasia lagi jika kaktus mudah ditanam di dalam ruangan karena tak selalu membutuhkan air. Bahkan jika ruangannya sering terpapar AC, Anda cukup menyiramnya setiap minggu. Akan lebih baik jika kaktus diletakkan di area yang terang namun tidak terlalu terik sinarnya.

Lidah mertua

tanaman dalam apartemen-lidah mertua

Snake plant atau lidah mertua sangat mentoleransi kondisi lingkungannya. Tanaman ini mudah beradaptasi, termasuk di dalam ruangan yang dingin.

Anda pun bisa menyiramnya saat tanahnya sudah mulai kering. Lidah mertua juga dapat ditanam di dalam ruangan yang tak terlalu terpapar sinar matahari.

Bambu air

tanaman dalam apartemen-bambu air

Bambu mini atau bambu pembawa keberuntungan ini justru tak membutuhkan sinar matahari yang terik sehingga aman ditanam di dalam apartemen Anda.

Bambu ini bahkan lebih baik jika ditanam dengan bagian akar hingga 2 inci bagian bawahnya terendam air. Namun, gantilah airnya setiap 2-4 minggu agar tidak dipenuhi jentik nyamuk dan lumut.

Violet Afrika

tanaman dalam apartemen-violet afrika

Bunganya yang berwarna biru memang menarik perhatian Anda. Apalagi tanaman ini hanya membutuhkan satu kali penyiraman dalam seminggu. Tapi, pastikan tak ada sisa air di bagian daunnya karena akan menimbulkan noda dan jamur.

Keenam tanaman cantik ini memang bisa jadi pilihan untuk menghias apartemen Anda. Dan puluhan perumahan dengan harga di bawah Rp300 jutaan ini mungkin bisa Anda pertimbangkan sebagai hunian untuk ditinggali bersama keluarga tersayang.

Foto: Elledecor

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ubah Teras Jadi Kebun? Bisa!

RumahCom – Memiliki pekarangan rumah yang ditumbuhi berbagai tanaman sepertinya bisa jadi hal yang menyenangkan. Selain membuat teduh, adanya tanaman di rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai ‘dapur

Lanjutkan membacaOktober 7, 2016

Tips Mempercantik Eksterior Rumah dengan Taman Vertikal

RumahCom - Taman vertikal atau disebut juga dengan vertical garden merupakan gaya berkebun urban yang tercetus akibat keterbatasan lahan. Tujuan ide dibuatnya taman vertikal pun bermacam-macam, ada ya

Lanjutkan membacaOktober 25, 2016

Gaya Baru Menata Kaktus Dalam Ruang

RumahCom - Tanaman dapat dijadikan oranamen unik dalam menambah estetika tampilan interior rumah. Ada banyak macam tanaman yang bisa digunakan untuk menghias ruangan. Kaktus adalah salah satu tanam

Lanjutkan membacaFebruari 14, 2017

10 Manfaat Tanaman Pot di Dalam Rumah

RumahCom – Tanaman pot tidak hanya dapat mempercantik eksterior rumah, namun juga menghias ruangan di dalam rumah Anda. Ada banyak jenis tanaman pot yang bisa Anda rawat, mulai dari yang berjenis de

Lanjutkan membacaFebruari 26, 2017

5 Jurus Bikin Apartemen Tipe Studio Jadi Super Instagramable

RumahCom – Belum banyak orang yang bersedia untuk tinggal atau pindah hunian ke unit apartemen. Pasalnya, unit apartemen biasanya ditawarkan dengan ukuran luas bangunan yang sangat terbatas.(Baca ju

Lanjutkan membacaAgustus 29, 2017

Masukan